Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Naik


  • Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Naik
    Saat asam lambung naik, bisa segera mengkonsumsi obat. (Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Sistem pencernaan adalah salah satu hal yang tubuh kita lakukan setiap harinya. Peranannya sangat penting dalam metabolisme tubuh sehingga kita harus memiliki sistem pencernaan yang baik. Namun, ada saatnya kita memiliki masalah dengan salah satu bagian tubuh yang bekerja untuk pencernaan tersebut. Lambung adalah salah satu bagian, bahkan bisa dibilang terpenting dari sistem pencernaan tersebut.


    Lambung berfungsi sebagai organ yang menampung makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya menampung makanan, fungsi lambung juga bisa memproduksi asam dan enzim. Tentunya, ini juga digunakan untuk mencerna makanan. Fungsi lainnya juga dapat menyingkirkan zat yang berbahaya dan menyerap zat baik untuk tubuh. Meski begitu, lambung dapat juga mempunyai maslah seperti asam lambung. Untuk itu, simak bahasan berikut ini saat berusaha untuk mengatasi asam lambung naik.




    Asam lambung terbilang sebagai salah satu gangguan sistem pencernaan yang paling banyak diderita. Penyebabnya pun bisa berasal dari sesuatu yang sangat minor, seperti makan yang sudah terlalu telat. Penyakit ini adalah keadaan di mana asam yang ada di perut atau empedu mengiritasi lapisan pipa makanan. Jika dibiarkan, penyakit ini pun bisa menjadi penyakit yang kronis. Kita pun harus segera mengatasi asam lambung tersebut dan segera mengisi perut dengan makanan.


    1. Meminum obat asam lambung

    mengatasi asam lambung naik

    (Mengatasi asam lambung naik dengan konsumsi obat. Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)


    Jika kita baru pertama kali mengalami asam lambung yang naik, umumnya kita bisa meminum obat asam lambung, dan makan setelahnya. Obat asam lambung yang dapat dikonsumsi adalah antasida. Antasida adalah jenis obat yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Setelah meminum antasida, tepat sejam setelahnya kita harus langsung makan. Dan pastikan tidak lagi makan di waktu yang telat untuk ke depannya, demi mencegah penyakit maag yang bisa menjadi kronis dan berkelanjutan.


    2. Tidak mengonsumsi camilan di antara waktu makan

    mengatasi asam lambung naik

    (Hindari konsumsi camilan yang berlebihan di antara waktu makan. Foto: Dok. Rodnae Productions/Pexels)


    Cara ini adalah salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam lambung yang sering naik. Proses pencernaan makanan adalah proses yang membutuhkan waktu. Jika kita makan terlalu banyak, lambung juga akan mencerna makanan yang lebih banyak tersebut. Jika ini dibiarkan menjadi kebiasaan, maka lambung akan mengalami kesulitan mencerna banyaknya makanan.

    Kita tentunya tahu seberapa banyak makanan yang bisa masuk ke dalam perut dan dapat kita makan setiap harinya. Sesuaikanlah porsi makanan tersebut dan jangan berlebihan.


    3. Meminum obat H2 Blocker atau PPI (Penghambat Pompa Proton)

    Obat lainnya yang bisa kita konsumsi selain antasida adalah H2 Blocker, ataupun PPI. Kedua obat ini bisa menjadi pertolongan yang mengatasi naiknya asam lambung kita, karena mereka bekerja dengan cara meredakan atau mengurangi produksi asam yang dihasilkan oleh lambung. Sedangkan antasida sendiri, fungsinya adalah untuk menetralkan asam lambung kita. Beberapa pun menyarankan untuk mengkonsumsinya sejam sebelum makan.


    (Baca Juga: Pertolongan Pertama Atasi Maag Saat Kambuh)


    4. Makan teratur

    Pola makan tentunya berpengaruh terhadap asam lambung ini. Makan telat di sebagian kasus adalah pemicu awal naiknya asam lambung dan menjadi penyebab setelahnya pula. Bisa dibilang ini adalah faktor utama. Penting bagi kita menerapkan pola makan yang teratur dan juga menjaganya. Jika sebelumnya kita tidak mempunyai pola makan, cobalah untuk membuatnya yang teratur dan terapkan pola makan tersebut.

    Lebih baik hindari juga untuk makan dua jam sebelum tidur. Karena saat tidur, sistem pencernaan akan bekerja dengan lambat.


    (Baca Juga: 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung)


    Dalam mengatasi asam lambung yang naik, perlu diperhatikan juga penyebab dan efek apa yang akan bisa ditimbulkan oleh itu. Asam lambung atau disebut juga acid reflux bisa menimbulkan rasa panas yang tidak nyaman. Rasa panas ini dapat terasa di bagian ulu hati, dada, bahkan sampai ke tenggorokan. Selain rasa panas, asam lambung juga dapat membuat kita bernapas dengan tidak nyaman, bahkan berat.


    Kita juga bisa menghindarkan beberapa makanan atau minuman yang dapat menyebabkan asam lambung. Makanan pedas, di antaranya, dikenal dapat memicu asam lambung bagi sebagian orang, dan minuman seperti kopi juga dapat memicu. Kafein dalam kopi dapat merangsang produksi asam lambung. Untuk itu, hindari beberapa makanan dan minuman tersebut.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below