Jadi Lebih Nyenyak, Ini 7 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur


  • Jadi Lebih Nyenyak, Ini 7 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur
    Manfaat membaca buku sebelum tidur bisa jadi solusi untukmu. (Foto: Dok. Dina Nasyrova/Pexels)

    Mungkin kamu kesulitan memejamkan mata atau membiarkannya terpenjam ditemani berbagai hal yang memenuhi pikiranmu, tidur jadi sebuah kebutuhan yang tak kalah mahalnya dengan kebutuhan-kebutuhan lain. Butuh waktu setidaknya tujuh jam setiap malam untuk mengisi tenaga yang sudah kamu habiskan sepanjang hari dan tak jarang pikiranmu membuat kualitas tidur jadi jauh dari kata baik.




    Tentu sudah banyak cara yang kamu lakukan untuk pastikan tidurmu nyenyak tiap malam. Mulai dari mematikan gadget 30 menit sebelum tidur hingga menyalakan diffuser dengan aroma minyak esensial yang bisa bikin tidur, mungkin beragam cara sudah kamu jalani. Namun, tahukah kamu kalau membaca buku bisa jadi solusi untuk tidur yang lebih nyenyak.


    (Baca Juga: Ketahui Pentingnya Kamu Miliki Kualitas Tidur Yang Baik)


    Coba intip deretan manfaat membaca buku sebelum tidur di bawah ini yang bisa jadi solusi yang kamu cari. Penasaran apa saja manfaatnya?


    1. Meredakan stres

    Apa yang biasa jadi penyebab seseorang kurang tidur? Stres, mungkin, masuk dalam salah satu penyebabnya. Kekhawatiran atau mungkin pekerjaan yang menjadi beban pikiran bisa jadi hal yang menghalangi kamu dan tidur nyenyakmu. Jika rasa stres itu membuatmu terjaga sepanjang malam, coba ambil buku dan membacanya.


    Rupanya, membaca buku dapat meredakan stres hingga 68 persen, bahkan lebih efektif dari minum teh atau mendengarkan musik. Namun, kamu juga harus memiliki buku yang berikan perasaan bahagia dan rileks, bukan kisah misteri yang bikin semakin stres.


    2. Memperbaiki kualitas tidur

    Ketika tubuh dan pikiran rileks, secara otomatis kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Mungkin semasa kecil, orang tuamu suka membacakan dongeng hingga kamu terlelap ini jadi salah satu contoh yang pernah dialami bahwa buku bisa jadi solusi untuk memperbaiki kualitas tidurmu yang sudah lama berantakan.


    Saat membaca, pikiranmu akan jadi lebih tenang atau setidaknya mengurangi berbagai pikiran yang bisa membuat tidurmu terganggu.


    manfaat membaca buku sebelum tidur

    (Tingkatkan kualitas tidurmu dengan membaca. Foto: Dok. Lux Graves/Unsplash)


    3. Mengurangi waktu dengan gadget

    Manfaat membaca buku sebelum tidur adalah jadi penolong buat kamu yang ingin mengurangi waktu dengan gadget-mu. Rasanya setelah menghabiskan waktu sepanjang hari di depan laptop atau tablet dengan berbagai pekerjaan, belum di sela-sela makan siang olahraga jempol dengan scrolling di Instagram, kamu tak perlu lagi menghabiskan malammu dengan perangkat yang sama.


    Semua perangkat elektronik yang kamu miliki, pancarkan cahaya blue light yang membuat hormon melatonin tak bekerja maksimal sehingga pikiran akan terus merasa segar ketika tubuh sudah siap terlelap. Jadi, setidaknya 30 menit sebelum tidur, matikan semua perangkat elektronik dan ambil novel fisik favoritmu untuk temani waktu sebelum kamu masuk alam mimpi.


    (Baca Juga: 4 Pilihan Buku Dian Sastrowardoyo Ini Bisa Jadi Bacaanmu)


    4. Meningkatkan imajinasi dan kreativitas

    Apalagi buat kamu yang suka membaca buku-buku fiksi, ada ruang imajinasi yang dimasuki setiap sebelum tidur. Lalu, setiap malamnya, imajinasi itu semakin luas dan perlahan mengasah kreativitasmu. Dengan membaca buku sebelum tidur secara rutin, kamu bisa lebih banyak menemukan berbagai cara kreatif dan berbeda dalam berbagai aspek hidupmu, termasuk dalam pekerjaan.


    Plus, kamu bisa menemukan inspirasi untuk jadi pribadi yang lebih produktif dalam menjalani hari. Semua berkat buku yang kamu baca setiap malam, secara rutin.


    5. Mengasah empati

    Saat membaca buku, kamu seolah-olah dibawa untuk mengalami apa yang juga dialami karakter dalam cerita tersebut. Rasa empati pun bisa timbul dari kebiasaan membaca, tepatnya ketika kamu membiasakan diri dengan buku di tangan dan menyelami kisah di dalamnya, kamu juga mengasah rasa empati dalam hatimu.


    manfaat membaca buku sebelum tidur

    (Kamu bisa lebih berempati dengan lawan bicaramu. Foto: Dok. Liza Summer/Pexels)


    6. Meningkatkan konsentrasi

    Banyak distraksi, mulai dari jadwal kegiatan yang penuh dari waktu ke waktu hingga handphone berisikan berbagai konten yang setiap detik selalu ter-update. Kamu dan sebagian orang mulai kehilangan untuk benar-benar melakukan sesuatu dengan konsentrasi maksimal.


    Untuk kembali konsentrasimu yang hilang, membaca buku sebelum tidur bisa jadi salah satu caranya. Dengan menerapkan kebiasaan ini, otakmu akan terlatih untuk memproses informasi lebih baik.


    7. Bangun lebih segar dan tenang

    Dengan membaca buku setiap malam, kamu akan mendapatkan tidur yang nyenyak. Kualitas tidur baik ini berdampak pada keesokan paginya, ketika kamu bangun dengan tubuh yang lebih segar dan kondisi mental yang lebih tenang. Kondisi ini bisa membantumu jalani hari dan semua tantangannya dengan lebih kalem dan tak mudah panik.


    (Baca Juga: Ketahui 8 Manfaat Beres-Beres Rumah Bagi Kesehatan Mentalmu)


    Inilah beberapa manfaat membaca buku sebelum tidur yang mungkin bisa jadi solusi buat kamu yang sulit tertidur dengan nyenyak.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below