Ketahui 8 Manfaat Beres-Beres Rumah Bagi Kesehatan Mentalmu


  • Ketahui 8 Manfaat Beres-Beres Rumah Bagi Kesehatan Mentalmu
    Manfaat beres-beres rumah bagi kesehatan mental. (Foto: Dok. Polina Zimmerman/Pexels)

    Ruang gerak yang cukup terbatas sejak masa awal pandemi, mungkin mengganggu kondisi mental sebagian besar darimu. Pekerjaan yang menumpuk tetapi kamu kehabisan akal untuk melepaskan penat dan stres di rumah, dengan ruang yang terbatas. Tak dapat dipungkiri, perlahan tapi pasti, kesehatan mentalmu pun ikut terganggu.


    Sebenarnya, ada sebuah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dua problem dalam hidupmu, ruangan berantakan dan kesehatan mental yang juga perlu dibenahi. Jika kamu sudah menebak bahwa beres-beres rumah atau decluttering adalah caranya, kamu tepat sekali. Selain merapikan ruangan di hunianmu, beres-beres rumah juga bermanfaat bagi kesehatan mentalmu.




    (Baca Juga: Ketahui 5 Cara Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari)


    Inilah beberapa manfaat beres-beres rumah yang baik untuk kesehatan mentalmu. Penasaran apa saja?


    1. Membuat ambil keputusan lebih baik dan cepat


    Ketika kamu menata ulang ruangan di rumah atau apartemenmu, kamu tentu melakukan beberapa perubahan terhadap posisi-posisi barang yang ada di dalam ruangan tersebut. Tanpa sadar, kamu melatih kemampuanmu untuk dalam mengambil keputusan dengan cepat. Kamu jadi lebih mudah untuk menyelesaikan masalah atau menemukan solusi untuk atasi tantangan yang kamu hadapi.


    2. Melepaskan stres


    Stres selama WFH? Namun, rumah juga (masih) menjadi tempat untuk melepaskan stres, berberes rumah bisa jadi solusinya. Stres bisa berdampak tidak hanya pada diri sendiri, tetapi juga hubunganmu dengan orang-orang rumah. Dengan berberes rumah atau decluttering, kamu juga mengembalikan hubungan yang sempat strained dengan orang rumah, baik pasangan maupun keluarga.


    manfaat beres-beres rumah bagi kesehatan mental

    (Mulai berberes rumah dari area terkecil. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


    3. Memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat


    Manfaat beres-beres rumah juga baik untuk kesehatan mental karena kamu memiliki kesempatan untuk membangun gaya hidup yang lebih sehat. Dengan ruangan atau hunian yang lebih rapi, kamu akan lebih mudah untuk memulai kebiasaan-kebiasaan sehat lainnya seperti menyiapkan makanan bernutrisi, berolahraga lebih rutin, hingga tidur lebih nyenyak.


    4. Mengurangi kecemasan


    Hidup di era digital dengan semakin banyak informasi yang diterima, baik maupun buruk, tanpa sadar membuatmu memupuk rasa cemas dalam diri akan berbagai hal yang terjadi di lingkungan sekitarmu. Mungkin saatnya kamu menjauh sejenak dari handphone atau laptopmu.


    Ketika kamu menjaga jarak, ruanganmu yang mungkin berantakan bisa jadi sasaran untuk lampiaskan kecemasanmu akan suatu hal. Kamu merasa memiliki kontrol atas hidupmu, meski dalam hal sesederhana membersihkan dapur, mencuci piring, atau hanya merapikan buku-buku di rak.


    (Baca Juga: Ini Manfaat Meditasi, Bisa Mengurangi Stres & Kecemasan!)


    5. Tidur lebih nyenyak


    Barang-barang yang berserakan di kamar tidur juga memengaruhi pola tidurmu. Pikiranmu akan terisi berbagai hal yang membuatmu tidak nyaman hanya karena kamar tidur yang tidak rapi. Jadi, untuk kualitas tidurmu yang lebih nyenyak, ruang tidur yang nyaman dan rapi sudah harus jadi prioritasmu.


    6. Meningkatkan konsentrasi


    Ketika hunianmu berantakan, kamu tanpa sadar juga menjadi tidak fokus dalam mengerjakan suatu hal. Lalu, ruangan yang tidak tertata rapi juga membatasi otak dalam memproses suatu informasi. Untuk itu, penting memastikan ruangan atau area kerjamu bersih dan tertata karena dapat meningkatkan konsentrasi.


    Dengan ruangan yang rapi dan tertata, kamu akan lebih produktif, lebih fokus, dan pastinya pekerjaanmu dapat terselesaikan dengan baik.


    manfaat beres-beres rumah bagi kesehatan mental

    (Beres-beres rumah bisa bangun lingkungan yang menyenangkan. Foto: Dok. Rodnae Productions/Pexels)


    7. Membangun lingkungan yang menyenangkan


    Jika kamu tinggal bersama orang lain, baik pasangan atau teman serumah, kekacauan atau hal-hal yang berserakan di ruangan akan memengaruhi semua yang tinggal di dalam rumah tersebut. Untuk itu, penting untuk mengatasi stres yang kalian alami dengan berberes rumah, khususnya ruangan komunal seperti ruang makan dan dapur.


    8. Mendapatkan inspirasi


    Saat kamu beres-beres rumah, tidak jarang dipertemukan dengan benda-benda yang menjadi bagian penting dalam hidupmu. Selain bernostalgia ke masa lampau, entah semasa kanak-kanak atau remaja, kamu bisa kembali tertarik untuk mengeksplorasi benda tersebut.


    Benda-benda tersebut bisa membuatmu kembali ke hobi lama atau memulai sesuatu baru dari apa yang kamu temukan. Berberes rumah tanpa sadar membuatmu lebih kreatif dan menjadi ruang untukmu berkarya.


    (Baca Juga: 7 Minyak Esensial Yang Membuatmu Tidur Nyenyak Di Malam Hari)


    Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membereskan hunian untuk kesehatan mentalmu. Mungkin kamu bisa mulai dari meja kerjamu, supaya stres akibat pekerjaan bisa kamu lepaskan.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below