Mudah! Ikuti 5 Cara Mengatasi Kulit Bertekstur Di Hidung


  • Mudah! Ikuti 5 Cara Mengatasi Kulit Bertekstur Di Hidung
    (5 Cara Mudah Mengatasi Kulit Bertekstur Di Hidung. Foto: Dok. Butsaya/iStock)

    Tahukah kamu bahwa kulit di hidung memiliki tekstur yang berbeda dengan kulit wajah lainnya? Kalau kamu perhatikan lebih lagi, hidungmu juga pasti lebih berkeringat dari area wajah lainnya. Inilah yang menyebabkan hidung lebih mudah berminyak dan rentan terhadap komedo. 

    Nah, untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, pasti kamu sudah enggak kaget lagi dengan kulit bertekstur yang kasar dan tidak rata di hidung. Bukan hanya disebabkan oleh komedo, kulit bertekstur juga disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, paparan sinar matahari, dan ukuran pori-pori yang tidak merata.

    Namun tenang saja, masalah kulit bertekstur di hidung bisa kamu perbaiki dengan mudah. Yuk ikuti beberapa cara mengatasinya berikut ini.




    (Baca juga: Cara Menghilangkan Blackhead Di Hidung Dengan Bahan Rumahan)


    1. Eksfoliasi

    Kulit Bertekstur Di Hidung

    (Jangan Lupa Eksfoliasi Kulit. Foto: Dok. stefanamer/iStock)

    Sama seperti kulit di area wajah lainnya, penumpukan sel-sel kulit mati juga bisa terjadi di hidung. Lalu solusinya apa? Yep, eksfoliasi. Dengan melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang menumpuk di lapisan terluar kulit akan terangkat. 

    Pastikan scrub yang kamu gunakan untuk eksfoliasi tidak terlalu keras untuk kulit kamu, ya. Selain itu, jangan melakukan eksfoliasi secara berlebihan, cukup satu atau dua kali saja seminggu. Eksfoliasi secara berlebihan akan menyebabkan pori-porimu terbuka sehingga kulitmu menjadi rentan berjerawat.


    2. Sauna Wajah


    Komedo hitam dan komedo putih, dua musuh terbesar kulit wajahmu. Ketika sel-sel kulit mati dan minyak berlebih menumpuk di kulitmu, komedo hitam dan komedo putih akan mulai bermunculan. Kulit bertekstur di hidung akan semakin parah dengan polusi dan kotoran yang masuk ke pori-pori. 

    Nah, cara mudah mengangkat komedo adalah dengan melakukan sauna wajah.  Sauna wajah berguna untuk membuka pori-porimu, supaya kamu dapat menghilangkan komedo dengan mudah. Cukup dengan mengisi baskom dengan air panas, lalu letakkan kepala di atas baskom dengan handuk menutupi seluruh kepalamu. Setelah itu, kamu dapat mengangkat komedo dengan mudah.


    3. Gunakan Facial Oil

    Kulit Bertekstur Di Hidung

    (Facial Oil Cocok Untuk Kulit Berminyak. Foto: Dok. Polina Lebed/iStock)

    Untuk kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, kamu pasti memiliki hidung yang berminyak juga. Ini terjadi karena pori-pori hidungmu lebih besar daripada pori-pori kulit di area wajah lainnya. Ketika pori-pori ini tersumbat, maka jerawat akan mulai tumbuh. Bukan hanya jerawat, kamu juga akan merasakan kulit bertekstur di hidung kamu.


    Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan facial oil. Menambahkan minyak ke kulit wajah yang sudah berminyak mungkin terdengar aneh. Namun, menambahkan facial oil dalam skincare-mu justru membantu mengontrol produksi minyak di wajahmu lho. Faktanya, penggunaan facial oil akan mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat.


    (Baca juga: Ini 7 Rekomendasi Serum Untuk Jerawat Dan Bekasnya)


    4. Gunakan Serum Vitamin C

    Kulit Bertekstur Di Hidung

    (Serum Vitamin C Bantu Atasi Kulit Bertekstur Di Hidung. Foto: Dok. 5./15 WEST/iStock)

    Serum vitamin C memang merupakan salah satu serum dengan manfaat yang berlimpah. Salah satunya adalah mengatasi kulit bertekstur di hidung. Vitamin C mengandung antioksidan yang tidak hanya membantu menghaluskan kulit bertekstur di hidung, namun juga mengatasi tanda-tanda penuaan. 

    Hanya dengan mengaplikasikan serum vitamin C setiap malam sebelum tidur, kamu akan bangun dengan kulit wajah yang lebih halus. 


    5. Jangan Lupa Gunakan Sunscreen


    Bukan hanya untuk mengatasi kulit bertekstur di hidung, menggunakan sunscreen dapat memberikan perlindungan kepada kulit wajah secara menyeluruh. Pasalnya, kulit wajah yang terlalu sering terpapar sinar matahari, tanpa perlindungan, akan menyebabkan pori-pori membesar dan kulit terasa kasar. 

    Untuk mengatasi kulit bertekstur di hidung, kamu wajib menggunakan sunscreen setiap hari sebelum beraktivitas di luar rumah. Selain itu, disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen setiap dua jam, untuk perlindungan lebih maksimal. 


    (Baca juga: Kata Ahli, Ini Cara Memakai Ulang Sunscreen Di Atas Makeup)


    Nah, inilah lima cara mengatasi kulit bertekstur di hidung yang bisa kamu lakukan di rumah. Sekarang enggak perlu minder lagi dengan kulit kasar di hidung, ya. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below