Hair & beauty

Cara Menghilangkan Blackhead Di Hidung Dengan Bahan Rumahan

By : Her World Indonesia - 2021-06-16 22:30:01

Komedo membandel sulit untuk dihilangkan? Tak hanya kulit berjerawat saja yang sering membuat orang hilang rasa percaya diri, tetapi komedo hitam juga kerap kali menjadi masalah pada kulit karena membuat kulit terlihat tidak bersih dan membuat pori-pori menjadi lebih besar. Maka, penting untuk mengetahui cara menghilangkan blackhead di hidung.

(Baca juga: 8 Manfaat Kandungan Alpha Arbutin Dalam Produk Skincare Kamu)

Biasanya komedo ini memiliki 2 jenis, yaitu komedo hitam dan putih. Komedo hitam terbentuk karena pada saat pori-pori terbuka dan sebum tersumbat lalu teroksidasi hingga warna dari komedo tersebut menjadi hitam, berbeda dengan komedo putih yang permukaannya tertutup oleh kulit sehingga warnanya tidak berubah menjadi hitam.


Keduanya memiliki penanganan yang berbeda, untuk komedo hitam maupun komedo putih, secara khusus komedo hitam ini lebih sulit dihilangkan dibandingkan komedo putih. Untuk mengatasi hal ini, Her World mengumpulkan dari berbagai sumber terkait cara yang ampuh untuk mengatasi komedo hitam membandel dengan bahan yang mudah untuk kamu dapatkan di rumah.


1. Putih Telur

(Putih telur. Foto: Dok.Klaus Nielsen/pexels)


Putih telur memang sangat ampuh untuk mengecilkan pori-pori dan kuat untuk menarik para komedo membandel pada kulit karena putih telur yang kaya akan protein dan sumber mikronutrien, sehingga kotoran tidak akan menumpuk pada kulit dan mencegah komedo.

Cara pakai: 

  1. Pisahkan putih telur dengan kuning telur
  2. Oleskan putih telur pada area komedo hitam yang ingin dihilangkan
  3. Timpa area yang diolesi putih telur dengan menggunakan tisu kering
  4. Ulangi step 2 dan 3 dua kali lagi hingga terdapat 3 lapis tisu di area yang sama.
  5. Tunggu hingga kering
  6. Cabut pelan-pelan lapisan tisu yang sudah kering
  7. Akhiri dengan mengkompres area yang dicabut tersebut dengan es batu agar pori-pori kembali menutup


2. Lemon/Jeruk Nipis dengan Madu

(Jeruk dan lemon. Foto: Dok.Anthony Shkraba/pexels)

Lemon yang kaya akan vitamin C dan juga asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit ini mampu membantu mengangkat komedo hitam. Begitu juga dengan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan anti oksidan yang bisa membantu membersihkan kulit dari jerawat, minyak berlebih, dan juga bantu angkat sel kulit mati sehingga Lemon ataupun jeruk nipis menjadi pilihan yang tepat untuk dikombinasikan dengan madu sehingga menjadi formula yang ampuh untuk hilangkan komedo hitam.

Cara pakai:

  1. Peras jeruk nipis/lemon
  2. Campurkan air perasan jeruk nipis ataupun lemon dengan madu
  3. Oleskan campuran kedua bahan tersebut pada area yang ingin dihilangkan komedo hitamnya
  4. Jika sudah teroles dengan benar ataupun merata tunggu hingga kering
  5. Saat sudah kering, bilas dengan bersih menggunakan air

(Baca juga: Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat)

3. Kopi Bubuk dan Gula

(Kopi. Foto:Dok.Igor Haritanovich/pexels)

Kafein yang terdapat pada bubuk kopi berguna untuk meremajakan kulit dan juga butiran bubuk kopi ini bagus untuk mengangkat komedo, begitu pula dengan butiran gula pasir yang ampuh untuk angkat sel kulit mati dan juga komedo. Glukosa pada gula juga memiliki fungsi untuk melembutkan dan menghaluskan kulit. Kombinasi kopi bubuk dan gula ini ampuh untuk angkat komedo hitam yang membandel.

Cara pakai:

  1. Campurkan 2 sendok makan bubuk kopi dan 1 sendok gula
  2. Tuangkan sedikit air hangat, jangan sampai kebanyakan untuk mendapatkan tekstur scrub
  3. Gosokkan secara lembut scrub pada area kulit yang terdapat komedo hitam selama 1-3 menit, gosok lebih lama pada bagian yang terdapat banyak komedo hitamnya
  4. Setelah itu langsung bilas dengan air


Ternyata, cara menghilangkan blackhead di hidung bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan di rumah, bukan? Kamu hanya perlu mengikuti cara-cara yang sudah diberikan di atas, melakukannya dengan rutin dan kemudian kamu harus menjaga kebersihan kulitmu untuk mencegah komedo hitam muncul kembali. Kamu pun akan mendapatkan manfaat yang sempurna dari perawatan alami di atas.

(Baca juga: 6 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Dengan Bahan Alami)

Bahan alami tentunya bisa memberikan dampak yang baik untuk kulit kamu, terutama karena 100% alami sehingga aman untuk digunakan oleh kulit. Yuk, coba lakukan jenis-jenis perawatan alami di atas, untuk dapatkan kulit bebas dari komedo hitam membandel. 


(Penulis: Ellys Natalia)


Hair & beauty