Kata Ahli, Ini Cara Memakai Ulang Sunscreen Di Atas Makeup


  • Kata Ahli, Ini Cara Memakai Ulang Sunscreen Di Atas Makeup
    Kata Ahli, Ini Cara Memakai Ulang Sunscreen Di Atas Makeup. (Foto: Dok. Lookstudio/Freepik)

    Jika kamu terpapar sinar matahari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan, memakai sunscreen bisa melindungi kulit dari bahayanya. Melewatkan pemakaian sunscreen setiap harinya dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, sunburn, age spots, dan kulit kering. Bahkan, tidak memakai sunscreen dapat menyebabkan beberapa efek samping serius, seperti kanker kulit. 


    Biasanya, kamu akan memakai sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit sepanjang hari. Padahal kenyataannya, sunscreen dapat hilang setelah beberapa jam atau setelah melakukan aktivitas berkeringat dan basah. Oleh karena itu sangat penting untuk mengaplikasikan ulang sunscreen. 




    Lantas, bagaimana cara memakai ulang sunscreen di atas makeup? Ini kata ahli!


    1. Sebagai permulaan, gunakan sunscreen sebelum merias wajah


    Menurut Heidi Waldorf, ahli dermatologi kosmetik, sebelum memulai rutinitas merias wajah, persiapkan perlindungan kulit dengan menggunakan sunscreen minimal SPF 30 PA +++, yang bisa melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UVA dan UVB. Terdapat dua jenis sunscreen yang dapat kamu gunakan, chemical sunscreen dan physical sunscreen.


    Biasanya, chemical sunscreen memiliki tekstur yang lebih cair, tidak terasa berat, dan lebih mudah menyerap ke dalam kulit, sehingga lebih nyaman untuk digunakan sehari-hari. Sementara itu, physical Sunscreen biasanya memiliki tekstur yang sedikit lebih kental dan berat. Chemical sunscreen bekerja dengan menembus jaringan epidermis dan dermis, sedangkan physical Sunscreen bekerja dengan membentuk lapisan pada permukaan kulit yang akan menghalangi sinar UV, agar tidak menembus lapisan kulit. 


    Cari tahu : Kenali Berbagai Jenis Sunscreen Berdasarkan Jenis Kulit


    2. Untuk mengaplikasikan ulang sunscreen gunakan powder sunscreen 


    Salah satu cara terbaik untuk mengaplikasikan ulang sunscreen di atas riasan wajah adalah dengan menggunakan powder sunscreen. Dikutip dari Byrdie, menurut Doris Day, seorang ahli dermatologi menunjukan bahwa, mengaplikasikan powder sunscreen di atas riasan wajah dapat membantu memberikan perlindungan ulang dari bahaya sinar UV, tanpa merusak tampilan riasan wajah. 


    Mengaplikasikan kembali powder sunscreen terbilang cukup mudah dilakukan, yang kamu butuhkan hanyalah mengaplikasikannya ke seluruh wajah dengan menggunakan brush secara merata — biasanya sudah termasuk brush saat membeli produk powder sunscreen. 


    Powder sunscreen adalah alternatif pilihan yang bagus untuk reapply sunscreen dan ini mudah untuk dibawa kemana-mana — tidak memakan banyak ruang saat disimpan di dalam tas. 


    3. Untuk mengaplikasikan ulang sunscreen gunakan sunscreen spray


    Selain powder sunscreen, cara lain untuk mengaplikasikan ulang sunscreen adalah dengan menggunakan sunscreen spray. Marina Peredo, MD, dokter kulit bersertifikat, merekomendasikan menggunakan sunscreen spray ketika kamu membutuhkan perlindungan ulang dari bahaya sinar UV — tanpa merusak riasan wajah. 


    Cara menggunakannya cukup mudah, semprotkan ke seluruh wajah di atas riasan saat kamu membutuhkan perlindungan ulang sekaligus menyegarkan wajah. 


    4. Dapatkan SPF dari compact powder


    Compact powder yang mengandung SPF adalah cara berikutnya untuk mengaplikasikan ulang sunscreen tanpa merusak riasan wajah. Doris Day merekomendasikan untuk mencari dan menggunakan compact powder yang mengandung minimal SPF 30, dan tidak merekomendasikan SPF 15 atau lebih rendah. 


    Kamu dapat mengaplikasikan ulang compact powder ber-SPF dengan menggunakan dengan makeup sponge atau brush. 


    Sebelum mengaplikasikan ulang compact powder ber-SPF, seka keringat atau mungkin air yang berada di permukaan kulit. Hal ini dilakukan agar produk dapat memberikan perlindungan terbaiknya, serta untuk menghindari perpindahan bakteri — pada keringat — yang dapat membuat lapisan atas bedak padat lebih cepat mengeras dan mungkin mudah berjamur. 


    Seberapa sering harus mengaplikasikan ulang sunscreen sepanjang hari?


    Menurut American Academy of Dermatologists, supaya kulit kamu terlindungi secara maksimal sepanjang hari dari bahaya sinar UVA dan UVB, sunscreen idealnya harus dioleskan kembali setiap dua jam sekali atau setelah melakukan aktivitas berkeringat dan basah. Ini karena, sunscreen akan kehilangan efektivitasnya karena berkeringat atau basah. Nah, empat cara di atas yang disarankan oleh para ahli dermatologis dapat kamu lakukan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen tanpa merusak tampilan riasan wajah. 


    Selain itu, sangat penting juga untuk menggunakan sunscreen dengan jumlah yang tepat. Kamu bisa mengikuti ketentuan The Two Fingers atau Peraturan Dua Jari, yaitu menggunakan sunscreen sepanjang dua ruas jari atau sekitar seperempat sendok teh untuk melindungi wajah hingga leher. 


    Meskipun begitu, banyak dan sedikitnya penggunaan sunscreen bisa kamu sesuaikan berdasarkan ukuran wajah. Jadi gunakan sunscreen secara merata ya! 


    Memakai sunscreen — dan memakai ulang sunscreen — bukanlah step satu-satunya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Ingatlah untuk tetap membatasi waktu beraktivitas di bawah sinar matahari — bila memungkinkan. Jika tidak, kamu bisa menggunakan topi, gunakan baju lengan panjang, dan celana panjang saat harus berada di luar ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below