Kenali 7 Manfaat Sereh Untuk Kesehatan Ini


  • Kenali 7 Manfaat Sereh Untuk Kesehatan Ini
    Manfaat Sereh Untuk Kesehatan. (Foto: Dok. Toa55/iStock)

    Indonesia merupakan negara yang terkenal akan rempah-rempahnya. Salah satu rempah-rempah yang sering diolah oleh masyarakat Indonesia adalah sereh. Tak hanya menjadi pelengkap masakan khas Indonesia, sereh juga sering diolah menjadi minuman herbal. Orang India awalnya mengolah sereh menjadi minuman herbal untuk memperbaiki kualitas tidur. Pasalnya, aroma harum sereh membuat lebih rileks sehingga mudah untuk tidur.




    Nah, tak hanya bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidur, berbagai kandungan dalam sereh juga bermanfaat untuk kesehatan. Sereh memiliki aneka nutrisi penting seperti, vitamin A, vitamin B9, vitamin C, mineral magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium. Jadi, apa saja manfaat sereh untuk kesehatan? Mari simak penjelasan berikut ini.


    (Baca Juga: Obat Asma Alami, Ini 7 Khasiat Bunga Telang Bagi Kesehatan)


    1. Mencegah Gigi Berlubang & Mengobati Infeksi Mulut

    Manfaat Sereh Untuk Kesehatan

    (Sereh Dapat Mencegah Gigi Berlubang Dan Infeksi Mulut. Foto: Dok. M_a_y_a/iStock)


    Manfaat sereh untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah gigi berlubang dan mengobati infeksi mulut. Hal ini dikarenakan sereh memiliki kandungan antimikroba yang bermanfaat untuk tubuh.


    Journal National Institues of Health juga membuktikan bahwa minyak esensial dalam serem mampu melawan mikroba. Kandungan antimikroba dalam sereh terbukti dapat melawan streptococcus mutans, atau bakteri yang merusak gigi berlubang.


    2. Menurunkan Kolesterol

    Sereh banyak digunakan di Afrika sebagai pengobatan untuk penyakit jantung. Pasalnya, daun dan akar serai bersifat anti-hiperlipidemia dan anti hiperkolesterolemia yang membantu menjaga kadar kolesterol.


    Terdapat sebuah penelitian yang berhasil menunjukkan perubahan signifikan pada orang yang meminum teh serai secara rutin. Hasilnya, kadar kolesterol jahat dalam tubuh menjadi turun.


    3. Mengobati Masalah Pencernaan

    Manfaat Sereh Untuk Kesehatan

    (Teh Herbal Terbuat Dari Sereh. Foto: Dok. pimonpim/iStock)


    Manfaat sereh untuk kesehatan selanjutnya adalah mengobati berbagai masalah pencernaan seperti, mual, sakit perut, dan tukak lambung. Untuk mengobati masalah pencernaan, biasanya sereh diolah menjadi teh herbal maupun suplemen. Caranya adalah mencampurkan daun sereh kering dengan minyak esensial sebagai aromaterapi.


    Selain itu, sereh juga telah terbukti ampuh mengobat tukak lambung. Sebuah penelitian di tahun 2012 menunjukkan bahwa minyak esensial dalam daun sereh kering mampu menjaga lapisan perut dari kerusakan aspirin dan etanol. Aspiri merupakan salah satu penyebab kambuhnya tukak lambung.


    4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

    Kaya akan antioksidan, sereh mampu memberikan perlindungan pada tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, ketika kamu mengonsumsi minuman yang mengadung sereh, kamu akan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, obesitas, dan diabetes tipe 2.


    (Baca Juga: Bau Tapi Bergizi? Ini 5 Manfaat Natto Bagi Kesehatan)


    5. Detoks Tubuh

    Manfaat Sereh Untuk Kesehatan

    (Detoks Racun Dari Tubuh Dengan Sereh. Foto: Dok. daniaphoto/iStock)


    Gaya hidup yang tidak sehat dan polusi dari lingkungan akan membuat tubuhmu penuh dengan racun. Akibatnya, kamu menjadi mudah lelah, muncul jerawat, otot terasa nyeri, bau mulut, hingga sembelit.


    Nah, salah satu cara untuk mendetoks tubuh adalah dengan mengonsumsi minuman sereh. Faktanya, sereh dapat membantu membersihkan tubuh dari zat-zat beracun yang dapat membahayakan tubuh. Terlebih lagi, mengonsumsi sereh bisa melancarkan fungsi organ tubuh seperti hati dan ginjal.


    6. Mengobati Penyakit Kulit & Infeksi Saluran Kencing

    Apakah kamu memiliki penyakit seperti kurap, luka, kudis, dan infeksi saluran kencing? Tenang saja, kamu bisa mengobati berbagai penyakit tersebut secara alami yaitu dengan mengonsumsi minuman sereh. Sereh memiliki andungan antiseptik dan antimikroba yang ampuh membasmi jamur pada tubuh.


    Terlebih lagi, ekstrak serai terbukti bermanfaat baik untuk menyembuhkan infeksi kulit. Jika kamu rutin mengoleskan ekstrak sereh pada kulit yang mengalami masalah, jamur patogen pada kulit akan hilang.


    7. Mengurangi Stres & Kecemasan

    Manfaat Sereh Untuk Kesehatan

    (Aroma Terapi Sereh Bantu Mengurangi Stres. Foto: Dok. torwai/iStock)


    Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, sereh juga bermanfaat untuk kesehatan mental lho. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aroma terapi yang terbuat dari sereh mampu mengurangi stres dan kecemasan. Selain aroma sebagai aroma terapi, kamu bisa mendapatkan manfaat satu ini dengan mencampurkan sereh pada tehmu. Dijamin, teh serai akan membuat kamu lebih rileks dan tidak cemas.


    (Baca Juga: Batuk Kering Obatnya Apa? Ini Jawabannya!)


    Itu dia tujuh manfaat sereh untuk kesehatan yang masih belum diketahui banyak orang. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below