Obat Asma Alami, Ini 7 Khasiat Bunga Telang Bagi Kesehatan


  • Obat Asma Alami, Ini 7 Khasiat Bunga Telang Bagi Kesehatan
    (Khasiat Bunga Telang Bagi Kesehatan. Foto: Dok. Rifki Aldi Ramadhani/iStock)

    Clitoria ternatea atau bunga telang, bunga berwarna biru yang memiliki bentuk menyerupai kupu-kupu. Tak hanya dijadikan sebagai pewarna makanan alami, bunga telang juga sering diseduh sebagai teh. Ketika diseduh, teh bunga telang memiliki warna biru yang cantik.




    Selain memiliki bentuk dan warna yang menarik, bunga telang telah dijadikan pengobatan tradisional di Asia dan Timur Tengah selama ratusan tahun. Lantas, apa saja khasiat bunga telang bagi kesehatan? Yuk simak penjelasan berikut ini!


    (Baca juga: Kenali Khasiat Teh Calendula Untuk Kesehatan)


    1. Mengobati Asma Secara Alami

    Khasiat Bunga Telang

    (Bunga Telang Obat Asma Alami. Foto: Dok. AntonioGuillem/iStock)

    Khasiat bunga telang yang pertama adalah mengobati asma secara alami. Asma merupakan kondisi kesehatan yang menyebabkan pengidapnya memiliki saluran pernapasan yang sensitif. Penyakit ini disebabkan oleh debu, asap rokok, udara dingin, bulu binatang, aktivitas fisik, hingga infeksi virus.

    Beberapa kandungan dalam bunga telang mampu berperan sebagai obat alami asma, sebab tidak ada reaksi alergi ketika dikonsumsi. International Journal of Pharmaceutical Science and Research melakukan studi dan menjelaskan, kandungan antioksidan dan antiastmatik pada akar bunga telang terbukti memberikan perlindungan pada alergi penyebab asma.


    2. Mengobati Diabetes

    Khasiat Bunga Telang

    (Mengontrol Kadar Gula Darah. Foto: Dok. bymuratdeniz/iStock)

    Diabetes, seubah penyakit kronis yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Nah, bunga telang bisa menjadi mengobati diabetes secara alami. Faktanya, bunga telang mampu mengontrol kadar gula darah para pengidap diabetes.

    Terlebih lagi, Tropical Journal of Pharmaceutical Research menemukan bahwa ekstrak air daun dan bunga pada bunga telang, bisa mengurangi glukosa serum, hemglobin yang mengandung gula, hingga meningkatkan insulin dalam darah.


    3. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan


    Bunga telang memiliki kandungan antibakteri yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan. Tak hanya antibakteri, bunga telang juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu merilekskan otot saluran pencernaan.

    Masalah pencernaan yang umum terjadi adalah tumbuhnya cacing di perut. Sayangnya, masalah pencernaan satu ini seringkali disepelekan. Padahal jika tidak segera diobati, pertumbuhan cacing yang terlalu besar dan dalam jumlah banyak dapat menyumbat usus. Namun, tak perlu khawatir sebab efek antihelmintik yang dimiliki oleh bunga telang membantu mencegah pertumbuhan cacing dalam saluran pencernaan.

    (Baca juga: Aneka Manfaat Buah Manggis Bagi Ibu Hamil, Apa Saja?)


    4. Membantu Masalah Mentruasi Tidak Teratur Pada Wanita

    Khasiat Bunga Telang

    (Bunga Telang Bantu Melancarkan Menstruasi Tidak Teratur. Foto: Dok. Tetiana Lazunova/iStock)

    Khasiat bunga telang selanjutnya adalah membantu masalah menstruasi yang tidak teratur pada wanita. Dengan mengonsumsi bunga telang, kamu dapat mengatasi penyebab terjadinya mentruasi tidak teratur.

    Sebuah penelitian oleh Journal of Traditional and Complimentary Medicine menemukan, bunga berwarna biru ini tak hanya membantu masalah mentruasi tidak teratur, namun juga mencegah berbagai masalah reproduksi lainnya pada wanita.


    5. Menjaga Kesehatan Otak

    Khasiat Bunga Telang

    (Bunga Telang Meningkatkan Kadas Asetilkolin Pada Otak. Foto: Dok. mi-viri/iStock)

    Tingkat komunikasi otak mempengaruhi baik buruknya kesehatan otak. Dengan mengonsumsi bunga telang, kadar asetilkolin dalam otak akan meningkat. Asetilkolin adalah zat yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun, seiring bertambahnya usia, kadar asetilkolin akan menurun dan menyebabkan hilangnya memori serta masalah otak lainnya.

    Jika kamu mengonsumsi bunga telang dengan rutin, penurunan kadar asetilkolin tidak akan terjadi pada kamu. Melainkan, bunga telang akan bekerja untuk memperbaiki fungsi otak. Journal of Natural Remedies juga menunjukkan bahwa bunga telang dapat meningkatkan kemampuan berpikir manusia.


    6. Meningkatkan Kinerja Sistem Saraf

    Metabolisme tubuh dipengaruhi oleh kinerja sistem saraf. Nah, bunga telang ternyata mampu meningkatkan kinerja sistem saraf lho. Pharmacology Biotechnology and Behavior melakukan penelitian dan menemukan berbagai aktivitas pada bunga telang seperti, antidepresan, antistres, ansiolitik, nootropik, dan antikonvulsan. Artinya, bunga telang mampu membantu kinerja sistem saraf, khususnya saraf otak.


    7. Mengobati Demensia


    Demensia, penyakit yang menyebabkan penurunan kemampuan berpikir, kemampuan sosial, dan daya ingat. Di India, bunga telang merupakan salah satu pengobatan tradisional yang digunakan sebagai tonik otak untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan manusia.


    Bahkan beberapa penelitian pada hewan menunjukkan keberhasilan bunga telang untuk meningkatkan kemampuan menghafal pada tikus. Selain itu penelitian lain juga menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang mampu meningkatkan kadar asetilkolin dan dapat dijadikan obat pelindung otak.


    (Baca juga: Ini Ciri-ciri DBD & Cara Penanganannya, Jangan Sepelekan!)


    Inilah beberapa khasiat bunga telang bagi kesehatan. Apakah kamu ingin mencobanya?


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below