Bau Tapi Bergizi? Ini 5 Manfaat Natto Bagi Kesehatan


  • Bau Tapi Bergizi? Ini 5 Manfaat Natto Bagi Kesehatan
    (Natto & Segudang Manfaatnya Bagi Kesehatan. Foto: Dok. motosuke_moku/iStock)

    Natto, makanan tradisional khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Memiliki tekstur lengket dan bau yang menyengat, ternyata membuat tidak semua orang Jepang menyukai natto lho. Bukan hanya populer di Jepang, kini natto bisa kamu temukan di berbagai restoran autentik Jepang yang berada di Indonesia. 

    Meski rasanya unik, ternyata natto merupakan makanan tradisional Jepang yang cukup bergizi. Natto mengandung serat, zat besi, magnesium, kalium, vitamin C, vitamin K, dan beragam nutrisi penting lainnya. Well, dengan beragam nutrisi tersebut, tak heran jika natto memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja? Yuk simak beberapa manfaat natto berikut ini.




    (Baca juga: Resep Cumi Asam Manis Yang Mudah Dibuat Di Rumah)


    1. Melancarkan Pencernaan

    Natto

    (Natto Bantu Mengatasi Sembelit. Foto: Dok. Tharakorn/iStock)

    Makanan hasil fermentasi ini menghasilkan bakteri yang disebut bacillus subtilis. Frontiers in Microbiology melakukan penelitian dan menemukan bahwa bakteri bacillus subtilis memiliki manfaat yang sama dengan probiotik terhadap usus manusia. Probiotik merupakan nutrisi yang bisa melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan.

    Terlebih lagi, beberapa ahli percaya bahwa mengonsumsi makanan fermentasi membantu mengatasi sembelit.


    2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

    Natto

    (Enzim Nattokinase Bantu Menjaga Kesehatan Jantung. Foto: Dok. Eoneren/iStock)

    Manfaat natto selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Biomarker Insight menemukan bahwa natto menghasilkan enzim nattokinase yang membantu mengencerkan darah dan mencegah pembentukan plak arteri.

    Nattokinase memiliki efek antihipertensi, anti-aterosklerotik, dan neuroprotektif yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain enzim nattokinase, vitamin K2 pada natto dapat mencegah penumpukan kalsium di arteri.


    3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

    Kaya akan probiotik, natto membantu perkembangan bakteri baik dalam usus. Sama seperti bakteri baik pada makanan lainnya bakteri baik pada natto dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat, sehingga sistem kekebalan tubuh kamu akan terjaga.

    Tak heran jika makanan tradisional ini termasuk menu diet sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan, supaya terhindar dari berbagai risiko penyakit.


    4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

    Natto

    (Natto Makanan Tradisional Jepang Bergizi. Foto: Dok. Yuuji/iStock)

    Manfaat natto selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan vitamin K2 dalam natto dipercaya dapat memperkuat kesehatan tulang. Bahkan sebuah studi berjudul Osteoporosis International menunjukkan bahwa pria lansia di Jepang mengonsumsi natto, memiliki kondisi kesehatan tulang yang lebih baik.


    5. Mengendalikan Tekanan Darah

    Natto

    (Natto Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Stroke. Foto: Dok. SARINYAPINNGAM/iStock)

    Efek antihipertensi dalam enzim nattokinase yang dihasilkan oleh natto, bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian asal Amerika Utara menunjukkan bahwa konsumsi enzim nattokinase berdampak pada penurunan tekanan darah pria maupun wanita.

    Dengan tekanan darah yang lebih stabil, maka risiko terkena penyakit stroke juga akan berkurang. Sehingga, tidak heran makanan tradisional Jepang ini disebut mampu menjaga kesehatan jantung.


    (Baca juga: 5 Resep Cemilan Enak Dan Mudah Dibuat Di Rumah)


    Sekarang sudah tahu apa saja manfaat natto bagi kesehatan kan? Yuk, langsung coba dan dapatkan manfaatnya!


    (Penulis: Audrey Josephine)

    Tags: natto



  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below