Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami, Pasti Ampuh!


  • Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami, Pasti Ampuh!
    (Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami. Foto: Dok. Chaay_Tee/iStock)

    Memasuki musim pancaroba, hidung tersumbat menjadi salah satu penyakit yang dialami banyak orang. Matahari yang terik pada siang hari, cepat berubah menjadi hujan badai pada sore hari. Perubahan cuaca ekstrem inilah yang menjadi penyebab utama berbagai penyakit, salah satunya hidung tersumbat.


    Menjalani aktivitas dengan hidung tersumbat tentu sangat tidak nyaman. Mau bernapas saja terasa sangat sulit bukan? Bahkan, beberapa orang mengalami gejala lain akibat hidung tersumbat seperti sakit kepala dan kehilangan indra penciuman. Lantas, apa sebenarnya penyebab hidung tersumbat? Dan bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat? Mari simak penjelasan di bawah ini.



    (Baca juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Untuk Kamu Yang Sering Flu)


    Penyebab Hidung Tersumbat

    Mengatasi Hidung Tersumbat

    (Beberapa Penyebab Hidung Tersumbat. Foto: Dok. Chaay_Tee/iStock)

    Sebelum mengetahui tips mengatasi hidung tersumbat, kamu perlu mengenal berbagai macam penyebab hidung tersumbat. Selain perubahan cuaca yang sangat ekstrem dan polusi udara, ada beberapa penyebab hidung tersumbat yang perlu kamu ketahui, yaitu:


    1. Rhinitis Alergi

    Hay fever atau yang lebih dikenal dengan rhinitis alergi merupakan peradangan pada rongga hidung yang disebabkan oleh alergi. Tak sedikit orang yang mengalami hidung tersumbat akibat rhinitis alergi. Dapat belangsung cukup lama, rhinitis alergi dapat menyebabkan hidung tersumbat selama dua sampai tiga minggu.


    2. Infeksi Virus


    Infeksi virus juga merupakan salah satu penyebab hidung tersumbat yang cukup umum. Mulai dari flu, influenza, Covid-19, hingga sinusitis akut, dapat menyebabkan pernapasan kamu tersendat. Bahkan, jika terpapar Covid-19, kamu akan mengalami hidung tersumbat selama dua sampai tiga minggu.


    Sedangkan untuk flu atau influenza, kamu akan mengalami hidung tersumbat selama beberapa hari saja. Sementara para pengidap sinusitis akut harus mengalami hidung tersumbat selama empat minggu.


    3. Benda Asing


    Nah, penyebab satu ini biasanya terjadi pada anak-anak. Rasa penasaran yang tinggi pada anak-anak seringkali menyebabkan mereka memasukkan benda asing ke dalam hidung. Inilah yang menyebabkan lubang hidung iritasi dan tersumbat.


    Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa mengeluarkan benda asing dengan pinset, mother’s kiss, atau meminta bantuan dokter.


    (Baca juga: Perhatikan 6 Cara Cepat Menyembuhkan Flu Dalam Semalam!)


    Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Alami

    Tak perlu panik ketika hidung tersumbat, kini kamu bisa melakukan berbagai perawatan dan pengobatan di rumah untuk mengatasinya. Yuk lihat tips mengatasi hidung tersumbat berikut ini!


    1. Mandi Air Panas Atau Hangat

    Mengatasi Hidung Tersumbat

    (Mandi Air Panas Dapat Melancarkan Pencernaan. Foto: Dok. nikkytok/iStock)

    Tips mengatasi hidung tersumbat yang paling mudah adalah mandi air panas atau hangat. Uap air panas atau hangat bisa bantu kamu mengencerkan lendir yang ada di rongga hidung

    Terlebih lagi, uap air panas yang keluar saat kamu mandi dapat mengurangi peradangan pada hidung kamu. Namun, ingatlah untuk tidak mandi dengan air yang terlalu panas, ya.


    2. Menghirup Uap Hangat


    Selain mandi air panas, kamu bisa mengencerkan lendir yang menumpuk di hidung dengan menghirup uap hangat dalam baskom. Kamu bisa melakukan sauna wajah ini selama 10 menit dan ulangi dua sampai tiga kali sehari supaya pernapasanmu lebih lega.


    Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan baskom berisi air panas. Kemudian posisikan kepala kamu ke atas permukaan air dan tutup kepala kamu dengan handuk supaya kamu bisa menghirup uap dengan baik. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan balsam, mentol, atau minyak eukaliptus ke dalam air panas.


    3. Minum Teh Herbal


    Selain dapat dinikmati untuk menemani pagi harimu, ternyata teh juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat lho. Teh herbal seperti teh peppermint mengandung mentol, yaitu dekongestan alami.


    Kandungan mentol dalam teh peppermint membantu kamu untuk bernapas dengna lebih lega. Selain mengatasi hidung tersumbat, meminum secangkir teh herbal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.


    4. Gunakan Pelembap Udara

    Mengatasi Hidung Tersumbat

    (Udara Lembap Meredakan Peradangan Hidung. Foto: Dok. AndreyPopov/iStock)

    Humidifier atau pelembap udara adalah alat yang sangat bermanfaat untuk kamu yang sering mengalami hidung tersumbat. Kamu bisa memasang humidifier di kamar atau ruangan lain agar udara menjadi lebih lembap.


    Untuk kamu yang sedang mengalami hidung tersumbat, kamu perlu berada di ruangan dengan udara yang lebih lembap. Pasalnya, udara yang lembap dapat menenangkan iritasi dan meredakan peradangan di hidungmu. Apabila iritasi mereda, dijamin hidungmu akan terasa lebih plong.


    5. Minum Air Putih

    Mengatasi Hidung Tersumbat

    (Manfaat Air Putih Untuk Hidung Tersumbat. Foto: Dok. Prostock-Studio/iStock)

    Air putih telah terbukti memiliki berbagai manfaat.  Minuman dengan sederet manfaat ini juga dapat mencairkan lendir di hidungmu. Jadi, tidak ada yang menutupi rongga hidung dan kamu bisa bernapas dengan lebih lega. Untuk kamu yang sedang mengalami hidung tersumbat, sangat disarankan untuk mengonsumsi air hangat. Hindari minum air dingin dulu, ya.


    (Baca juga: 7 Obat Rumahan Saat Anak Sakit Flu)


    Nah, kamu bisa melakukan lima tips mengatasi hidung tersumbat di atas yang tentunya ampuh membuat hidungmu lebih lega. Jika ada keluhan tambahan, segera periksakan dirimu ke dokter, ya. Stay safe!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below