Ampuh & Mudah, Kenali 5 Cara Menghilangkan Daki Di Rumah


  • Ampuh & Mudah, Kenali 5 Cara Menghilangkan Daki Di Rumah
    (Penyebab & Cara Menghilangkan Daki. Foto: Dok. Tero Vesalainen/iStock)

    Bersih atau tidaknya seseorang seringkali dinilai dengan ada atau tidaknya daki di tubuhmu. Daki merupakan kotoran atau sel-sel kulit mati yang biasanya menumpuk di kulit tubuh, khususnya leher, kaki, dan di bagian kulit lainnya. Jika dibiarkan, daki akan membuat kulit lebih hitam.




    Sebelum mengetahui cara menghilangkan daki, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan munculnya daki. Lantas, apa saja penyebab munculnya daki? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.


    (Baca Juga: Ini 4 Penyebab Bau Badan Yang Perlu Kamu Tahu)


    Penyebab Daki

    Cara Menghilangkan Daki

    (Beberapa Penyebab Daki. Foto: Dok. moonHo Joe/iStock)

    Munculnya daki disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk pada kulit dan bercampur dengan keringat. Jika tidak segera dibersihkan, penumpukan tersebut akan semakin sulit untuk dihilangkan.


    Sebenarnya daki juga merupakan lapisan kulit yang akan terlepas sedikit demi sedikit, selama satu bulan sekali. Namun, proses ini semakin melambat seiring bertambahnya usia. Selain itu, daki juga muncul di area tubuh yang lembap dan penuh liputan. Area tubuh yang lembap dan penuh lipatan menyebabkan lapisan kulit tersebut menjadi lunak. Tak heran jika orang yang mengalami obesitas pada umumnya memiliki daki.


    Tak hanya itu, munculnya daki juga disebabkan oleh dermatitis neglecta, yaitu peradangan kulit yang dipicu oleh tubuh yang kurang bersih. Itulah mengapa mandi adalah kegiatan yang wajib kamu lakukan secara rutin. Selain membersihkan kuman dan minyak, jika kamu mandi dengan benar maka kamu juga akan membersihkan tubuh dari sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di kulit. Apabila kamu tidak mandi dengan benar, maka dermatitis neglecta akan menyebabkan penumpukan daki yang sulit dihilangkan.


    (Baca Juga: Stop Minder, Ini 5 Cara Mengatasi Keringat Berlebihan)


    Cara Menghilangkan Daki

    Tak perlu khawatir lagi, kamu bisa mengangkat daki tanpa harus pergi ke pusat kecantikan. Penasaran apa saja? Yuk, intip lima cara menghilangkan daki yang bisa kamu lakukan di rumah.


    1. Mandi dengan benar

    Cara Menghilangkan Daki

    (Mandi Menggunakan Spons Lebih Bersih. Foto: Dok. fizkes/iStock)

    Cara menghilangkan daki tidak dapat dilakukan hanya dengan mandi asal-asalan. Kamu harus mandi dengan benar, agar bisa menghilangkan daki yang menumpuk di badanmu. Oleh karena itu, gunakanlah sabun yang tepat dan pastikan kamu membersihkan semua semua lipatan tubuh.


    Untuk memudahkan kamu membersihkan tubuh dengan benar, kamu bisa menggunakan sabun dengan kandungan basa dan anti bakteri. Selain itu, kamu bisa menggunakan spons atau batu apung. Dengan menggosok tubuh menggunakan spons dan batu apung, kamu bisa mengeksfoliasi tubuh dari kotoran dan sel-sel kulit mati.


    2. Eksfoliasi dengan kopi hitam

    Cara Menghilangkan Daki

    (Kopi Hitam Bantu Eksfoliasi Tubuh. Foto: Dok. DragonImages/iStock)

    Tahukah kamu bahwa mandi saja tidak cukup untuk menghilangkan daki? Kamu perlu melakukan eksfoliasi dengan berbagai lulur. Selain rasanya yang nikmat, kopi bisa menjadi salah satu cara menghilangkan daki, lho. Kopi sering dijadikan lulur alami atau scrub untuk membersihkan tubuh dari sel kulit mati dan daki yang membandel.


    Untuk mengeskfoliasi tubuh menggunakan kopi hitam, kamu cukup menyeduh kopi dengan air hangat, dan aduk hingga membentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta ke seluruh tubuh yang berdaki dan diamkan selama 20 menit. Lalu gosok kopi dengan pelan supaya daki dan sel-sel kulit mati terangkat hingga sempurna. Jangan lupa untuk bilas tubuh dengan air bersih setelah melakukan eksfoliasi.


    3. Lulur dengan oatmeal dan madu

    Cara Menghilangkan Daki

    (Scrub Alami Oatmeal Dan Madu. Foto: Dok. Julia_Sudnitskaya/iStock)

    Selain kopi hitam, kamu juga bisa menggunakan campuran oatmeal dan madu sebagai lulur untuk mengangkat daki dari tubuh. Caranya sangat mudah, kamu bisa mengaduk oatmeal dengan madu hingga membentuk pasta.


    Lalu, campuran oatmeal dan madu ke kulit dan gosoklah selama beberapa menit. Setelah menggosok, kamu bisa mendiamkan lulur ini hingga mengering, sekitar 5-10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat setelah menggunakan lulur oatmeal madu ini.


    4. Pijat dengan minyak esensial

    Cara Menghilangkan Daki

    (Daki Mudah Terangkat Menggunakan Minyak Esensial. Foto: Dok. Ridofranz/iStock)

    Minyak esensial, salah satu bahan alami yang telah terbukti ampuh untuk mengangkat daki. Minyak esensial berfungsi untuk melunakkan kulit sehingga daki lebih mudah terangkat.


    Teknik memijat dengan minyak esensial ini biasa ditawarkan oleh berbagai spa sebagai salah satu cara untuk menghilangkan daki. Saat memijat, kamu bisa mencampur berbagai jenis minyak esensial seperti, lemon oil, cinnamon oil, maupun lavender oil.


    5. Lulur menggunakan susu

    Tak disangka, susu juga menjadi salah satu cara menghilangkan daki yang efektif. Kaya akan nutrisi, susu memang bagus untuk perawatan kulit, salah satunya menghilangkan daki pada tubuh.


    Untuk mengangkat daki menggunakan susu, cukup dengan menyiapkan susu secukupnya dan oleskan di seluruh tubuh. Kemudian, diamkan hingga mengering, kurang lebih 20 menit. Setelah kering, gosoklah hingga daki benar-benar menghilang dan bilas dengan air bersih. Kamu bisa melakukan cara ini sekitar dua atau tiga kali seminggu.


    (Baca Juga: Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa Yang Ampuh)


    Inilah cara menghilangkan daki termudah yang bisa kamu coba di rumah. Dengan rutin melakukan berbagai cara di atas, dijamin kamu akan bebas dari daki. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below