Kinclong Seperti Baru, Ini 5 Cara Membersihkan Sepatu Suede


  • Kinclong Seperti Baru, Ini 5 Cara Membersihkan Sepatu Suede
    (5 Cara Membersihkan Sepatu Suede. Foto: Dok. Norasit Kaewsai/iStock)

    Berbagai jenis dan model sepatu kini telah dijual di pasaran. Selain sebagai alas kaki, sepatu seringkali dijadikan statement dalam suatu outfit. Pakaian kasual jika dipadukan dengan sepatu yang cocok dan keren, akan membuat penampilanmu lebih menarik. Oleh karena itu, tentu kamu ingin memiliki sepatu yang selalu tampak bersih seperti baru.




    Sayangnya, tidak semua sepatu mudah dibersihkan. Salah satunya adalah sepatu suede. Berbeda dengan jenis sepatu lainnya, sepatu suede memiliki bahan seperti kain beludru. Terbuat dari kulit sapi, domba, rusa, atau kambing, sepatu suede memiliki tekstur yang lebih lembut dan rapuh. Ingin tahu bagaimana cara membersihkan sepatu suede? Yuk ikuti beberapa tips berikut ini.


    (Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Noda Di Sepatu Putih Paling Ampuh)


    1. Biarkan kotoran mengering dengan sendirinya

    Cara Membersihkan Sepatu Suede

    (Biarkan Kotoran Mengering Sebelum Dibersihkan. Foto: Dok. different_nata/iStock)

    Ketika sepatu terkena noda, pasti refleks kamu adalah langsung membersihkan noda di sepatumu. Namun, cara ini tidak bisa kamu gunakan untuk membersihkan sepatu suede. Alih-alih langsung membersihkan noda, sebaiknya kamu membiarkan hingga noda tersebut kering dengan sendirinya.


    Bahan suede sangat sensitif terhadap air, sehingga apabila kamu langsung membasahinya, akan ada bercak yang tertingga di atas sepatu. Namun jika sepatu benar-benar dalam keadaan basah, kamu bisa menggunakan koran untuk menyerap kelembapannya. Nah, tetapi jika sepatu terkena noda cair berwarna seperti kopi, kamu perlu membersihkan sepatu dalam keadaan basah, menggunakan handuk atau kain yang mampu menyerap cairan tersebut.


    2. Bersihkan menggunakan sikat khusus

    Cara Membersihkan Sepatu Suede

    (Membersihkan Sepatu Suede Dengan Sikat Khusus. Foto: Dok. bondarillia/iStock)

    Cara membersihkan sepatu suede selanjutnya adalah menggunakan sikat khusus untuk membersihkan noda. Jika sepatu sudah benar-benar kering, kamu bisa menggunakan sikat khusus suede dan menyikatnya secara berulang-ulang dalam satu arah saja.


    Ingat untuk tidak menggunakan sikat logam karena dapat merusak permukaan sepatu. Biasanya sikat suede memiliki dua sisi yaitu, sisi untuk menghapus noda dan sisi untuk mengangkat bulu-bulu halus suede yang terjatuh supaya terlihat seperti baru.


    3. Hilangkan noda dengan pembersih suede

    Kiwi Suede dan Nubuck Cleaner, dua pembersih yang dirancang khusus khusus untuk menghapus noda atau kotoran membandel pada sepatu suede. Namun, pembersih ini sedikit tricky.


    Terdapat beberapa pembersih suede yang meninggalkan sedikit warna pada permukaan sepatu. Oleh karena itu, kamu perlu mengetes pembersih ini di area kecil sepatu suede kamu untuk melihat kelekatan warnanya. Setelah membersihkan sepatu suede dengan pembersih khusus, kamu bisa mengelapnya dengan kain bersih.


    (Baca Juga: Tips Membersihkan Sepatu Putih yang Menguning)


    4. Menggunakan penghapus untuk bersihkan noda membandel

    Cara Membersihkan Sepatu Suede

    (Menggosok Sepatu Suede Dengan Penghapus. Foto: Dok. Magnetic-Mcc/iStock)

    Cara membersihkan sepatu suede yang satu ini sering dipraktikkan oleh banyak pemilik sepatu suede. Ketika ada noda membandel yang tidak hilang setelah disikat, kamu bisa menggosok sepatu suede dengan penghapus pensil.


    Bukan hanya penghapus pensil, kamu juga bisa menggunakan penghapus khusus suede yang mampu membersihkan noda membandel. Gunakan penghapus untuk bersihkan noda dengan tekanan yang sedang. Namun, apabila noda masih tidak hilang, kamu bisa menggosoknya dengan lebih keras.


    5. Lap dengan spons atau lap bersih

    Cara Membersihkan Sepatu Suede

    (Lap Sepatu Suede Dengan Kain Atau Spons. Foto: Dok. HappyNati/iStock)

    Ini adalah cara membersihkan sepatu suede yang tidak dapat dilewatkan. Setelah kamu membersihkan noda membandel, kamu perlu mengelapnya dengan spons atau lap bersih.


    Untuk mengelapnya, kamu dapat membasahi spons atau lap dengan air bersih. Jangan lupa untuk memeras spons atau lap supaya tidak terlalu basah. Oleskan spons secara perlahan pada permukaan suede dan ingat untuk tidak menggosoknya.


    (Baca Juga: 5 Model Sepatu Wanita Untuk Jalan Jalan)


    Nah, itulah lima cara membersihkan sepatu suede yang mudah dilakukan supaya sepatumu selalu tampak bersih layaknya sepatu baru. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below