3 Cara Menghilangkan Noda Di Sepatu Putih Paling Ampuh


  • 3 Cara Menghilangkan Noda Di Sepatu Putih Paling Ampuh
    Cara menghilangkan noda di sepatu putih. (Foto: Dok. Mister Mister/Pexels)

    Noda yang menempel di sepatu putih membuat mereka kehilangan pesonanya. Susah dihilangkan karena akan meninggalkan bekas, cara menghilangkan noda di sepatu putih dapat dilakukan dengan cara mencampurkan air hangat dan cuka putih.


    (Baca juga : Tips Membersihkan Sepatu Warna Putih)




    DIY menggunakan bahan-bahan alami ini merupakan salah satu cara menghilangkan noda di sepatu putih yang paling direkomendasikan oleh ahli pembuat sepatu, karena dapat membantu mengusir noda membandel dengan mudah. Tinggal oleskan larutan pada permukaan sepatu, lalu gosok perlahan menggunakan sikat gigi bekas.


    Selain DIY air hangat dan cuka putih, simak rekomendasi cara menghilangkan noda di sepatu putih yang wajib kamu coba sendiri di rumah.


    1. Bersihkan dengan campuran soda kue dan deterjen

    Soda kue benar-benar mempunyai segudang manfaat. Selain berperan penting untuk membuat sebuah cake jadi lebih empuk, soda kue juga bagus dalam menghilangkan noda di sepatu putih. Tapi sebelum menggunakan soda kue untuk menghilangkan noda di sepatu atau baju, cek dulu ketahan warna agar tidak luntur.

    Pada sepatu putih kamu jangan terlalu khawatir soda kue akan merusak pesonanya. Pasalnya, soda kue cukup aman digunakan pada benda yang berwarna tidak mudah luntur. Campurkan soda kue dan deterjen untuk membersihkan noda di sepatu putih, cara mudah sekali untuk diikuti.


    Cara menghilangkan noda di sepatu putih

    (Cara menghilangkan noda di sepatu putih menggunakan soda kue dan deterjen. Foto: Dok. Tima Miroshnichenko/Pexels)


    Campurkan dua sendok makan soda kue dan tiga sedok makan deterjen jadi satu. Jangan ditambahkan air dulu, karena kita harus menamburkan dua campuran ini ke atas noda di sepatu putih. Diamkan selama 2 jam, lalu gosok pelan-pelan menggunakan sikat gigi lembut yang sudah dibasuh air hangat.

    Setelah noda di sepatu putih terlihat memudar, siram sisa-sisa sabun deterjen dengan air hangat lalu angin-anginkan sampai kering.


    2. Gunakan pemutih untuk membersihkan noda yang sulit hilang

    Meski soda kue dianggap efektif untuk membersihkan noda di sepatu putih, tetapi hal tersebut diaplikasikan pada kotoran ringan yang mudah hilang. Lantas bagaimana dengan noda sulit hilang yang menempel di sepatu putih?

    Jika noda minuman wine tidak sengaja mengotori sepatu putihmu, kamu bisa menggunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan noda tersebut. Dalam penggunaannya, karena pemutih merupakan zat kimia berbahaya level rendah, maka kamu harus ekstra berhati-hati.


    Cara menghilangkan noda di sepatu putih

    (Cara menghilangkan noda di sepatu putih menggunakan pemutih pakaian biasa dan air hangat. Foto: Dok. Shopee)


    Pasalnya jika kulit terlalu lama terpapar pemutih akan menyebabkan kulit jadi kemerahan, timbul sensasi terbakar, hingga kesulitan bernapas. Maka dari itu, sebelum membersihkan noda di sepatu putih lapasi dulu tanganmu dengan sarung tangan serta lakukan pembersihan di ruangan yang berventilasi baik.

    Caranya mudah sekali untuk ditiru, kamu tinggal tuangkan satu sendok makan pemutih pakaian dengan satu gelas air hangat. Ingatlah, jangan menuangkan pemutih terlalu banyak karena akan merusak tekstur sepatu dan membuatnya berubah jadi warna kuning.

    Gunakan spons atau sikat gigi untuk menghilangkan noda di permukaan sepatu putih, gosok secara perlahan, lalu bersihkan sisa-sisa pemutih menggunakan kain mikrofiber yang sudah dibasahi air hangat.


    (Baca juga : Bisa Dilakukan Di Rumah: Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu)


    3. Pasta gigi juga dapat berfungsi menghilangkan noda di sepatu putih

    Bagaimana bisa, produk yang digunakan untuk membersihkan gigi dipakaikan untuk menghilangkan noda di sepatu putih? Jangan heran, jika pasta gigi memang memiliki segudang manfaat sama seperti soda kue.

    Di samping memelihara gigi agar tetap sehat, noda membandel di sepatu putihmu juga akan memudar pelan-pelan jika dibersihkan dengan pasta gigi. Tapi kamu harus teliti juga dalam memilih pasta gigi. Jangan sampai menggunakan pasta gigi berwarna karena akan merusak warna putih pada sepatu.


    Cara menghilangkan noda di sepatu putih

    (Cara menghilangkan noda di sepatu putih dengan pasta gigi. Foto. Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


    Untuk membersihkan sepatu putih dengan pasta gigi, gunakan pasta gigi putih non-gel dan sikat gigi bekas. Mirip dengan metode membersihkan sepatu putih dengan soda kue, oleskan seperti biasa pasta gigi ke sepatu kotormu, kemudian gosok menggunakan sikat gigi dengan gerakan melingkar di tempat noda tersebut menempel.

    Setelah itu diamkan selama sekitar sepuluh menit. Untuk membersihkan sisa-sisa pasta gigi, gunakan handuk basah saat membersihkannya. Jemur hingga kering dan sepatu putih pun siap dikenakan lagi.


    (Baca juga : Tips Merawat Sepatu Berbahan Suede)


    Itulah dia rekomendasi 3 cara menghilangkan noda di sepatu putih yang paling dianggap ampuh. Membuat sepatu putih kembali bersih seperti baru, kamu harus ekstra hati-hati jika mengenakan sepatu yang rentan terkena noda seperti ini.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below