Fashion

Tips Membersihkan Sepatu Putih yang Menguning

By : Her World Indonesia - 2021-04-08 20:00:02 Tips Membersihkan Sepatu Putih yang Menguning

Pada beberapa sepatu terdapat sol berwarna putih yang dibuat menggunakan bahan tertentu dan seiring waktu dapat terjadi perubahan warna pada bagian tersebut. Perubahan warna itu bisa disebabkan karena terkena noda, terlalu lama tidak dibersihkan dan penggunaan sepatu yang sudah terhitung cukup lama. Berikut ini cara membersihkan sepatu putih yang menguning, yang tentu bisa menjadi jalan keluar bagi kamu yang merasa kesulitan dalam merawatnya.


(Baca Juga : Tips Membersihkan Sepatu Warna Putih)


1. Detergen

Bahan yang paling mudah ditemukan dan sering digunakan untuk membersihkan tak lain adalah sabun detergen. Bukan hanya untuk pakaian, detergen juga cukup sering diandalkan untuk membersihkan sepatu, khususnya sneakers yang terbuat dari kanvas. Untuk membersihkan sol sepatu putih yang menguning atau terkena noda, kamu bisa coba menggunakan sabun detergen dengan merendam sepatu terlebih dahulu. Kemudian diamkan beberapa saat lalu sikat sol perlahan hingga kembali bersih. Jangan lupa untuk segera membilasnya kemudian jemur sepatu di tempat teduh.


2. Sampo atau Sabun cuci piring

Pada dasarnya, sampo atau sabun pencuci piring memiliki fungsi untuk membersihkan noda yang membandel. Sabun pencuci piring bahkan bisa membersihkan kotoran dan minyak sekalipun. Karena itu, kedua bahan terebut juga bisa berkhasiat untuk membersihkan kotoran di sepatu putih kamu. Sama seperti penggunaan pasta gigi, ambil bahan tersebut secukupnya dan oleskan pada bagian yang kotor. Setelah itu, gosok perlahan dengan kain atau spons hingga bersih.


Berikut beberapa tips untuk atasi sepatu putih yang menguning. (Foto:Dok.Freepik)

3. Kulit Pisang

Selain pasta gigi, kamu juga dapat menggunakan kulit pisang sebagai alternatif memutihkan noda kuning pada sepatu putih. Jika disaat tertentu yang membuatmu harus segera membersihkannya, cukup kupas pisang dan gunakan kulitnya untuk menghilangkan noda atau warna yang menguning pada sepatumu. Meski cara ini tidak bisa membuat sepatu bersih secara instan, namun ini adalah salah satu cara atasi sepatu putih yang menguning disaat yang darurat.


(Baca Juga: Tren Sepatu 2021 Untuk OOTD)


4. Pemutih

Menggunakan pemutih pakaian merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu coba. Namun, yang harus diperhatikan, bahan ini bersifat korosif dan sebenarnya tidak terlalu baik jika sering menggunakannya. Dalam penggunaannya pun kamu harus lebih hati-hati. Dalam memanfaatkan pemutih, kamu tentu tak boleh memakai tangan kosong. Ambil sikat gigi untuk mengoleskan ke sepatu dan menggosokkannya secara perlahan, lalu bilas dengan air bersih.


(Penulis : Kandela Cikal)

Fashion