Life & health

Waspada! Kenali Gejala Wabah Cacar Monyet & Pencegahannya

By : Her World Indonesia - 2022-06-28 18:00:01 Waspada! Kenali Gejala Wabah Cacar Monyet & Pencegahannya

Belum selesai dengan pandemi Covid-19, kini masyarakat global kembali dihebohkan dengan wabah monkeypox atau cacar monyet. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mencatat 1000 kasus cacar monyet yang terjadi secara global, pada awal Juni 2022. Sudahkah kamu tau apa itu penyakit cacar monyet?


(Baca juga: Apa Itu Cerebral Palsy? Kenali Gejala & Penyebabnya!)


Sama seperti namanya, virus monkeypox atau cacar monyet merupakan virus langka yang berasal dari monyet. Kasus yang menular dari monyet ke manusia ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1970.

Awalnya, virus ini menular ke manusia melalui cakaran atau gigitan hewan yang terinveksi virus monkeypox. Sedangkan, penularan antarmanusia terjadi melalui air liur yang masuk ke dalam mata, mulut, hidung, atau luka pada kulit. Tak hanya itu, benda yang terkontaminasi virus monkeypox juga dapat menjadi perantara penularan virus ini.


Gejala Cacar Monyet


(Beberapa Gejala Cacar Monyet Yang Perlu Diwaspadai. Foto: Dok. MarioGuti/iStock)

Pengidap cacar monyet akan menunjukkan gejala 5-21 hari setelah terinfeksi virus monkeypox. Beberapa gejala yang muncul, antara lain:

- Lemas

- Sakit Kepala

- Nyeri Otot

- Demam

- Menggigil

- Kelenjar getah bening membengkak. Biasanya akan muncul benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan


Setelah gejala-gejala di atas terjadi, akan muncul ruam di wajah, lengan, tungkai, dan bagian tubuh lainnya. Ruam berisi cairan kemudian akan berubah menjadi bintil berisi nanah. Beberapa hari kemudian, bintil berisi nanah akan pecah lalu mengering seperti kerak. Kerak akibat cacar monyet ini akan mengelupas denga sendirinya setelah tiga minggu.


Pencegahan Cacar Monyet


(Jaga Kebersihan Untuk Terhindar Dari Penularan Cacar Monyet. Foto: Dok. Maryna Andriichenko/iStock)

Selain menghindari kontak langsung dengan beberapa hewan seperti monyet dan tupai, serta para pengidap cacar monyet, ada bebearpa cara lain untuk mencegah terinfesi virus ini, yaitu:

- Selalu jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, khususnya sebelum menyentuh hidung atau mata, sebelum makan, sebelum membersihkan luka, dan sebelum memasak

- Hindari penggunaan barang yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi cacar monyet, terutama alat makan

- Hindari kontak dengan hewan liar

- Mengonsumsi makanan, terutama daging, yang telah dimasak hingga matang dengan sempurna


(Baca juga: 10 Gejala Stroke Ringan Yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini)


Inilah gejala cacar monyet dan pencegahan yang dapat kamu lakukan untuk terhindar dari wabah ini. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan, ya!


(Penulis: Audrey Josephine)

Life & health