Alami & Simpel, Ini 6 Cara Untuk Melancarkan Haid Yang Telat


  • Alami & Simpel, Ini 6 Cara Untuk Melancarkan Haid Yang Telat
    Cara melancarkan haid yang telat secara alami. (Foto: Dok. Cotton Bro/Pexels)

    Ketika menstruasi datang setiap bulannya, terkadang kamu merasa sebal. Namun, kalau datangnya tak tepat waktu, berhasil bikin kamu gelisah. Kira-kira itulah yang bisa menggambarkan siklus haid, kawan sekaligus lawan bagi semua wanita. Meski sama-sama mengalami haid setiap bulan, tak sedikit wanita yang justru siklus haidnya telat.


    Buat kamu yang berhasil dibuat gelisah dengan siklus haid telat atau tak lancar, mungkin saatnya kamu mulai mencari solusinya. Setidaknya, beberapa cara untuk melancarkan haid yang telat ini bisa kamu lakukan secara alami dan mudah juga.




    (Baca Juga: Kenali Cara Menghitung Siklus Haid)


    1. Perbaiki pola dan kualitas tidur

    Kondisi kesehatan tubuh berkaitan erat dengan pola tidurmu setiap malam. Apakah kamu tim yang tidur dekat matahari terbit? Apakah kamu termasuk orang yang tidur kurang dari tujuh jam demi menonton serial favorit? Jika pola tidur yang baik belum jadi prioritas, jangan bingung ketika siklus haidmu masih suka telat.


    Coba biasakan diri untuk tidur minimal tujuh jam setiap malam, hindari mengonsumsi kafein di sore hari, dan pastikan kamu jauh dari gadget-mu sebelum tidur. Mungkin ini bisa jadi langkah awalmu untuk lancarkan siklus haid yang suka terlambat.


    cara melancarkan haid yang telat

    (Kualitas tidur yang baik bisa lancarkan haid. Foto: Dok. Zohre Nemati/Unsplash)


    2. Olahraga secara rutin

    Mungkin jalan pagi, mungkin lari di treadmill, apapun yang kamu suka silakan pilih tapi olahraga secara rutin itu esensial. Kamu pasti sering mendengar tentang manfaat lakukan olahraga rutin bagi kesehatan tubuh, itu adalah sebuah fakta. Menariknya adalah berolahraga bisa membantu lancarkan haid yang biasanya telat.


    Bahkan, ketika kamu menstruasi dan merasakan nyeri di area perut bawah, olahraga bisa bantu mengurangi rasa nyeri itu. Mungkin saatnya mulai mencari jenis olahraga untuk digemari?


    3. Coba lakukan yoga

    Cara melancarkan haid yang telat adalah mencoba olahraga satu ini. Yoga, rupanya, bisa berikan penanganan yang efektif untuk berbagai masalah berkaitan dengan siklus haid. Mulai dari mengurangi rasa stres atau khawatir berlebih karena haid hingga Dengan mengambil waktu 30 sampai 45 menit untuk berlatih yoga, minimal tiga kali dalam satu minggu.

    Kamu pun tak perlu repot-repot pergi ke studio yoga untuk melakukan olahraga satu ini. Cukup cari ruang yang cukup luas di rumah, gelar matras yogamu, dan pilih video latihan yoga untuk pemula di YouTube.


    (Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 7 Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita)


    4. Kelola stres yang kamu alami

    Haid yang telat juga bisa disebabkan oleh kondisi mentalmu. Apakah kamu sedang penat menjalani pekerjaanmu saat ini? Jika stres jadi perasaan yang menggambarkanmu saat ini, mungkin situasi mentalmu yang jadi penyebab siklus haidmu telat. Sebab, pikiran yang stres akan meningkatkan produksi hormon kortisol sehingga tubuh semakin stres.


    Mungkin ungkapkan kegelisahanmu dalam sebuah jurnal, lakukan latihan pernapasan, hingga mencoba meditasi, setidaknya untuk redakan stres yang kamu rasakan. Dengan cara ini, bisa meregulasi haid yang sering telat akibat stres itu.


    5. Konsumsi rempah-rempah herbal

    Jahe, kayu manis, dan kunyit adalah tiga dari ragam rempah yang bisa jadi sahabatmu untuk melancarkan haid yang telat. Mulai dari kunyit, entah dalam bentuk suplemen herbal atau jamu, kandungan curcumin-nya diketahui dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan mood sehingga PMS tak akan membuatmu bete.


    Khasiat dalam kunyit pun terbukti memiliki efek serupa dengan hormon estrogen, yang berfungsi untuk meregulasi siklus haid. Lalu, jahe, rempah herbal yang menyimpan banyak khasiat dan juga kehangatan. Jahe pun bisa membantu kurangi rasa nyeri akibat haid yang telat sehingga area perut harus kembali menyesuaikan dengan fase itu.


    Selain itu, kayu manis juga bisa menambahkan kekuatan ramuan herbalmu selama siklus haid terjadi. Mulai dari rasa nyeri di hari pertama hingga mual selama siklus haid, kayu manis bisa menjadi alternatif rempah, untuk melengkapi ramuan jahe maupun dikonsumsi langsung.


    cara melancarkan haid yang telat

    (Jahe, kayu manis, dan kunyit bisa jadi rempah pilihan untuk lancarkan siklus haid. Foto: Dok. Tamanna Rumee/Unsplash)


    6. Buah nanas bisa jadi solusi

    Meski belum ada riset lebih lanjut, banyak wanita yang menjadikan buah nanas sebagai obat alami untuk meregulasi siklus haid. Kandungan bromelain dalam buah nanas baik untuk mencegah peradangan dan mengurangi rasa nyeri, termasuk area rahim.


    Enzim yang dihasilkan buah nanas ini diklaim bisa melembutkan area uterus yang berkontraksi sehingga semakin membantu lancarkan siklus haid. Mungkin ini bisa jadi solusi atas masalah datang bulan yang jarang tepat waktu tapi sering datang saat kamu tak siap.


    (Baca Juga: Kulit Kenyal, Ini 6 Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari)


    Inilah beberapa cara untuk melancarkan haid yang telat, alami dan mudah dicoba. Semoga bermanfaat!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below