Perlu Tahu, Ini 7 Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita


  • Perlu Tahu, Ini 7 Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita
    (Manfaat daun sirih bagi wanita. Foto: Dok.Bowonpat Sakaew/iStock)

    Sudah sejak lama daun sirih memang dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Tidak heran jika tanaman ini seringkali digunakan sebagai obat tradisional. Jenis daun ini pun telah terbukti  tidak memiliki efek samping, berbeda dengan obat-obatan yang mengandung kimia. 


    Pada dasarnya, daun sirih merupakan tanaman yang obat yang bisa ditanam di rumah. Kandungan yang ada pada daun sirih diataranya, protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri. Tidak hanya mengatasi berbagai penyakit, berikut manfaat daun sirih bagi wanita. 




    1. Membersihkan Vagina 

    manfaat daun sirih bagi wanita

    (Daun sirih mampu membersihkan vagina karena terdapat kandungan polifenol dan kavikol. Foto:Teerasak1988/iStock)


    Bagi wanita, vagina merupakan organ penting yang perlu dijaga kebersihannya agar tidak menimbulkan rasa gatal, bau tidak sedap, dan keputihan. Sebagai solusinya, kamu bisa memanfaatkan daun sirih karena kandungan polifenol dan kavikol yang ada sehingga dapat mengurangi rasa gatal pada organ intim wanita. Selain itu, Kandungan minyak atsiri juga bisa menghilangkan aroma yang tidak sedap. Cara yang kamu lakukan adalah cukup rebus daun sirih, kemudian saring airnya, lalu basuhkan untuk mencuci area kewanitaan secara perlahan.


    2. Mengurangi Nyeri Haid 


    Pada saat haid tentu setiap wanita merasakan nyeri yang tak tertahankan. Hal ini terjadi karena jumlah darah yang keluar terlalu banyak. Oleh sebab itu, kamu bisa campurkan daun sirih dengan kunyit dan gambir, lalu rebus, dan minum airnya. Kandungan minyak atsiri, terpenoid, dan klavikula pada daun sirih ini dapat mengurangi rasa nyeri saat haid. 


    Tak hanya itu saja, siklus datang bulan yang tidak teratur juga bisa diminimalisir dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih. Kamu juga boleh menambahkan mahkota dewa serta umbi dewa ke dalam air rebusan sirih tadi. 


    (Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah)


    3.  Mengobati Payudara Bengkak 


    Daun sirih dapat mengobati mastitis atau kondisi peradangan pada payudara ibu yang sedang menyusui, biasanya ditandai dengan payudara bengkak. Senyawa allylprokatekol dan karvakrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Cara untuk melakukan hal ini yakni dengan bakar daun sirih sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat. 


    4. Mengobati Jerawat 

    manfaat daun sirih bagi wanita

    (Kandungan minyak esensial pada daun sirih mampu menghilangkan jerawat. Foto: Dok.Sitthiphong/iStock)


    Masalah ini pasti kerap dialami para wanita dan tentu sangat menurunkan kepercayaan dirinya. Namun, kamu tak perlu khawatir sebab daun sirih bisa digunakan sebagai obat mengatasi jerawat yang ada di wajah. Kandungan minyak esensial pada daun sirih dipercaya mampu menenangkan jerawat yang meradang. 


    Caranya, tumbuk daun sirih hingga halus dan menjadi pasta, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan beberapa saat lalu bilas wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. 


    5. Mengatasi Rambut Rontok 

    manfaat daun sirih bagi wanita

    (Rambut rontok bisa diatasi dengan daun sirih. Foto: Dok.sutlafk/iStock)


    Rambut merupakan mahkota bagi seorang wanita. Terlebih jika kamu termasuk wanita yang sering tampil di depan umum, tentunya tidak mau jika rambut yang terurai itu ternyata berjatuhan di bajumu. Hal tersebut tentu akan menurunkan kepercayaan dirimu. Sebagai solusinya, kamu bisa mencoba daun sirih karena mengandung antiseptik yang bagus untuk melawan bakteri dan semacamnya. 


    Caranya, tumbuk daun sirih yang telah disiapkan dan campurkan dengan air. Kemudian, aplikasikan dari akar hingga ujung rambut. Pijat rata, dan tunggu hingga beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. 


    (Baca Juga: Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih Merah)


    6. Menenangkan Ruam dan Alergi


    Sifat anti-inflamasi dan menenangkan membuat daun sirih menjadi tanaman yang baik untuk digunakan pada ruam dan alergi. Cobalah, rebus 10 lembar daun sirih, setelah air menjadi hangat suam-suam kuku, campurkan ke dalam air mandi atau langsung gunakan untuk berendam di dalamnya untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak. Kamu juga bisa mengoleskan ramuan daun sirih tersebut yang nantinya akan memberikan kelegaan. 


    7. Mengatasi Bau Mulut 


    Daun sirih juga bisa membantu menghilangkan bau mulut, lho. Hal ini karena daun sirih mempunyai kandungan senyawa eugenol, capitol serta minyak atsiri yang punya aroma segar dan wangi. Cukup mudah, kamu hanya perlu mengunyah daun sirih setelah makan atau merebus beberapa daun sirih dalam air dan menggunakan ramuan daun sirih ini untuk berkumur. Ini tidak hanya menyegarkan napas, tetapi juga dapat mencegah kerusakan gigi dan memperkuat gusi.


    Itu dia beberapa manfaat daun sirih bagi wanita yang bisa kamu dapatkan. Semoga bermanfaat!

    (Penulis: Tiara Kandida E)

      





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below