Life & health

Kulit Kenyal, Ini 6 Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari

By : Vanessa Masli - 2022-06-22 19:00:01 Kulit Kenyal, Ini 6 Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari

Ada banyak cara untuk bisa hidup lebih sehat, entah berusaha mencegah berat badan yang naik atau memastikan wajahmu bebas kerutan di akhir usia 20-an karena stres. Mulai dari memastikan kamu lebih sering berolahraga hingga mengatur pola makan, ada banyak cara yang justru berhasil membuatmu bingung untuk mengawali darimana.


Mungkin langkah hidup lebih sehat bisa kamu mulai di pagi hari, tepatnya apa yang dimakan dan minum setiap pagi. Bicara soal minuman, apakah kamu salah satu orang yang mengawali hari dengan secangkir kopi atau teh? Apakah kamu membangunkan diri dengan segelas air putih? Lalu, pernahkah kamu minum segelas air hangat di pagi hari?


(Baca Juga: Kenali Gejala Dan Tanda Kurang Minum Air Putih)


Jika kamu belum pernah minum segelas air hangat di pagi hari, mungkin ini bisa jadi cara yang cocok untuk dicoba. Setidaknya, kamu mengenali manfaat minum air hangat di pagi hari yang sudah Her World rangkum sebagai awal. Penasaran apa saja manfaatnya?


1. Membantu kurangi berat badan


Air hangat yang kamu minum memberi persiapan bagi semua sistem pencernaan untuk mempersiapkan diri sepanjang hari dan juga memastikan perutmu tak kembung. Dengan meminum air hangat, kamu juga membantu tingkatkan suhu tubuh yang kemudian berdampak pada semakin banyak kalori yang dibakar sepanjang hari.


Kamu bisa menambahkan air hangat dengan lemon untuk memecahkan lebih banyak lemak karena kandungan polifenol dalam lemon yang membantu kurangi radikal bebas dalam tubuh.



(Air hangat dengan lemon bisa bantu kurangi berat badan. Foto: Dok. Elliot Fais/Pexels)


2. Menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik


Minum air putih secara rutin memang membantu lancarkan sistem pencernaan. Namun, air hangat, apalagi yang diminum di pagi hari, menstimulasi sistem pencernaan untuk bekerja lebih efektif untuk mencerna dan membuang zat-zat sisa makanan. Saat kamu minum air hangat sebelum mengonsumsi makanan-makanan lain, kamu membantu tubuh keluarkan racun-racun yang mengganggu proses pencernaan.


3. Mencegah penuaan dini


Manfaat minum air hangat di pagi hari juga bisa kamu rasakan pada kondisi kulitmu. Kandungan racun atau radikal bebas dalam tubuh bisa jadi salah satu faktor yang berkontribusi pada munculnya tanda-tanda penuaan dini. Dengan air hangat yang membersihkan tubuh dari berbagai racun, kulitmu pun akan terlihat lebih kenyal dan bebas dari tanda penuaan dini.


(Baca Juga: Stop Minder, Ini 5 Cara Mengatasi Keringat Berlebihan)


4. Mengurangi rasa sakit saat haid


Tiga hari pertama menstruasi mungkin jadi momen yang menyebalkan karena rasa sakit di area perut bagian bawah, membuat waktu datang bulan terasa lebih berat. Cara alami untuk, setidaknya, mengurangi rasa sakit saat menstruasi adalah dengan meminum air hangat.


Air hangat yang kamu minum dapat merelaksasi otot perut dan akhirnya, mengurangi rasa sakit selama haid. Selain itu, efektivitas air hangat melancarkan peredaran darah juga membantu relaksasi otot-otot tubuh yang bisa menerima rasa sakit selama haid dengan lebih mudah.


5. Mengurangi stres


Apakah kamu salah satu orang yang melepaskan penat dengan menggunakan air hangat setiap kali kamu mandi? Jika iya, lakukan cara cepat untuk mengurangi stres dengan meminum segelas air hangat di sela-sela hari atau saat kamu bekerja tapi pikiranmu penuh dengan berbagai hal.


Dengan meminum air hangat, kamu akan merasa lebih kalem dan bisa mengisi diri dengan emosi yang lebih positif. Sistem sarafmu akan membuat kamu lebih merasa tenang dan tak cepat gugup.


(Segelas air hangat bisa kamu nikmati di pagi hari. Foto: Dok. Julia Zolotova/Pexels)


6. Meningkatkan kualitas tidur


Mulai dari sarapan berlanjut hingga sebelum tidur, meminum air hangat bisa jadi rutinitas yang kamu butuhkan untuk tingkatkan kualitas tidur. Apalagi dengan kesibukan dan ritme kerja yang semakin intens, tidur jadi hal berharga dan, di saat yang sama, terkadang sulit untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Dengan meminum air hangat secara rutin, tubuhmu akan jadi lebih rileks sehingga saat kamu langsung bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu, minum air hangat juga membantumu tak cepat lapar di malam hari sehingga pola makanmu tetap terjaga.


(Baca Juga: 8 Tips Menghilangkan Stress Yang Efektif, Wajib Dicoba!)


Inilah beberapa manfaat minum air hangat yang harus kamu coba. Mungkin ini solusi hidup sehat yang bisa kamu mulai? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Life & health