Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal, Wajib Tahu!


  • Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal, Wajib Tahu!
    (Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dan Gatal. Foto: Dok. Prostock-Studio/iStock)

    Mengalami masalah ketombe tentu membuat kamu merasa tidak percaya diri. Selain mengganggu penampilan, tak jarang ketombe membuat rambutmu terasa gatal dan bau.




    Ketombe disebabkan oleh sebuah jamur yaitu malassezia. Malassezia sebenarnya tumbuh di kulit banyak orang. Namun, ketika terjadi pertumbuhan berlebih atau ketidakseimbangan pertumbuhan jamur, rambut kamu akan berketombe. Pasalnya, malassezia memicu tubuh untuk melepaskan sel-sel kulit mati dengan lebih cepat.


    Penasaran bagaimana cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal? Simak penjelasan berikut ini, ya.


    (Baca Juga: Intip 5 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Basah Untuk Dicoba)


    1. Rajin keramas

    Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal

    (Rajin Keramas Bantu Hempaskan Ketombe Pada Rambut. Foto: Dok. Ivanko_Brnjakovic/iStock)

    Pasti kamu sudah tidak asing dengan produk dry shampoo? Dry shampoo adalah produk yang mampu membuat kulit kepala terasa segar, seperti setelah keramas. Sebagian besar wanita menggunakan dry shampoo untuk menggantikan sampo sungguhan.


    Terlebih lagi, banyak rumor beredar bahwa tidak keramas dan membiarkan minyak alami di atas kepala justru bagus untuk rambut. Nyatanya, hal ini malah memicu masalah ketombemu. Minyak dan sel kulit mati akan meningkat ketika kamu malas keramas. Untuk itu kamu perlu keramas beberapa kali seminggu agar terhindar dari ketombe.


    2. Eksfoliasi kulit kepala

    Sama halnya dengan eksfoliasi kulit, eksofloiasi kulit kepala juga bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab ketombe. Kamu bisa mencari produk yang mengandung salicylic acid untuk eksfoliasi kulit kepala.


    Eksfoliasi kulit kepala perlu dilakukan setidaknya dua kali seminggu, pada rambut basah setelah kamu keramas. Perhatikan juga penggunaan produk ekfsfoliasi, jangan tinggalkan terlalu lama pada rambutmu.


    3. Mengatur pola makan

    Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal

    (Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh. Foto: Dok. RossHelen/iStock)

    Seorang dermatolog asal New York menjelaskan bahwa kurangnya nutrisi dalam tubuh dapat memicu munculnya ketombe membandel dan gatal. Oleh karena itu, cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal selanjutnya adalah mengurangi makanan dengan kandungan gula yang tinggi dan karbohidrat. 


    Makanan yang perlu kamu makan sebagai cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal adalah makanan dengan kandunga probiotik. Probiotik mampu melawan jamur penyebab ketombe. Makanan dengan kandungan probiotik yang tinggi antara lain, tempe, yoghurt, keju, dan acar.


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal, Pasti Ampuh!)


    Rekomendasi sampo untuk rambut ketombe

    Salah satu cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal adalah dengan menggunakan sampo khusus ketombe. Berikut beberapa rekomendasi sampo untuk rambut ketombe yang bisa kamu coba.


    1. Selsun 7 Herbal

    Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal


    (Selsun 7 Herbal. Foto: Dok. Selsun)

    Selsun merupakan salah satu merek sampo yang cukup terkenal untuk membasmi ketombe pada rambut. Dari sekian banyak produk sampo yang ditawarkan, salah satu produk yang harus kamu coba adalah Selsun 7 Herbal. Kandungan selenium sulfide dan zinc pyrithione dalam sampo ini mampu menjaga kesehatan kulit kapal.


    Terlebih lagi, Selsum 7 Herbal juga megandung ekstrak gandum dan ekstrak ginseng yang dapat memperkuat rambut dan mengurangi kerontokan. Dijual dengan harga terjangkau, Selsun 7 Herbal dapat kamu temukan di berbagai toko kosmetik dan e-commerce dengan harga Rp 34.200.


    2. TRESemme Scalp Care Shampoo

    Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal

    (TRESemme Scalp Care Shampoo. Foto: Dok. TRESemme)

    Tak pernah gagal dalam membuat produk haircare, TRESemme Scalp Care Shampoo merupakan salah satu sampo yang ampuh melawan jamur penyebab ketombe di kulit kepala. TRESemme juga membantu rasa gatal di kulit kepala akibat ketombe. 


    Kandungan tea tree oil dalam TRESemme Scalp Care Shampoo memberikan sensasi sejuk pada kulit kepala. Selain itu, produk ini juga menguatkan akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok. Kamu bisa membeli produk ini di semua supermarket dan e-commerce, dengan harga Rp 47.500.


    3. Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff Shampoo

    Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal

    (Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff Shampoo. Foto: Dok. Sunsilk)

    Untuk kamu para pengguna hijab, pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah ketombe. Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff ini mampu mengatasi masalah kamu ini, lho


    Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff diperkaya dengan zinc pyrithione, ekstrak buah tin, ekstrak jeruk nipis, dan mentol. Beberapa kandungan itu efektif menghempaskan ketombe dan membuat kulit kepala tetap segar saat menggunakan hijab. Produk ini bisa kamu temukan di berbagai toko kosmetik, supermarket, dan e-commerce, dengan harga terjangkau yaitu, Rp 22.500.


    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Sampo Untuk Atasi Rambut Lepek)


    Itulah cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal, serta beberapa rekomendasi sampo yang bisa kamu coba untuk bantu atasi masalah ketombemu. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below