7 Rekomendasi Sampo Untuk Atasi Rambut Lepek


  • 7 Rekomendasi Sampo Untuk Atasi Rambut Lepek
    Trik pilih sampo untuk atasi rambut lepek? Cari yang warnanya bening dan bertekstur gel. Simak rekomendasi berikut. (Foto: Dok. cookie_studio/Freepik)

    Rambutmu gampang lempek? Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari faktor cuaca yang lembap, aktivitas, sampai pemilihan produk. Kalau helai satuan rambutmu tipis, ini juga bisa membuatnya lebih cepat menyerap minyak dan kelihatan lepek. Perawatan untuk atasi rambut lepek bisa dimulai dari pemilihan sampo.


    Saran her world, kalau kamu ingin rambut lebih bervolume, terasa ringan, dan bebas lepek, pilih sampo yang teksturnya gel dan berwarna bening. Karena biasanya sampo yang berwarna putih dan creamy, mengandung banyak agen pelembap sehingga bisa membuat rambutmu terasa lebih berat juga cepat lepek. Jenis sampo yang ini lebih cocok untuk rambut yang kering mengembang. Penasaran sampo bening apa saja yang ampuh untuk atasi rambut lepek? Simak 7 rekomendasi berikut.




    (Baca Juga: Ini 10 Penyebab Rambut Lepek, Nomer 3 Pemicu Tersering!)


    1. Rated Green Real Mary Exfoliating Scalp Shampoo


    (Kamu bisa mendapatkan produk ini di Sociolla. Foto: Dok. Sociolla)

    Walaupun judulnya “exfoliating”, tapi sampo dari label asal Korea ini bisa digunakan setiap hari kok. Mungkin dinamakan exfoliating karena ia memang efektif membersihkan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan residu produk penataan yang menumpuk sekaligus menyingkirkan kulit mati yang secara lembut. Bahan utamanya adalah rosemary organik, jadi wanginya pun segar, sekilas seperti rerumputan yang terkena air hujan. Ia juga diformulasi tanpa silikon.


    2. Love Beauty and Planet Tea Tree Oil & Vetiver Shampoo


    Love Beauty and Planet merupakan brand dari Unilever yang vegan dan ramah lingkungan. Kemasannya terbuat dari plastik daur ulang, yang bisa didaur ulang kembali. Formulanya juga cukup clean walaupun masih mengandung SLS. Nah, varian yang satu ini memang dirancang khusus untuk membuat rambut lebih bervolume. Salah satu kandungan utamanya adala tea tree oil yang memang sudah dikenal ampuh untuk meminimalisir produksi minyak. Keharuman vetivernya juga bikin tambah segar. 


    3. Klorane Strengthening & Revitalizing Shampoo with Quinine and B Vitamins


    (Ia hadir dengan kondisionernya yang juga bertekstur ringan dan bisa dipakai sampai kulit kepala. Foto: Dok. Sociolla)

    Fungsi utama sampo ini memang untuk menguatkan rambut dan mengurangi kerontokan. Tapi tekstur cairnya yang bahkan lebih ringan dari sampo bening berformula gel, membuat rambut terasa super enteng juga setelah keramas. Dengan sampo ini, pemilik rambut lepek yang biasanya keramas setiap hari, masih bisa bertahan untuk keramas dua hari kemudian (honest review!). Kandungannya juga unik, yaitu kina yang biasa digunakan untuk mengobati malaria. Ternyata bahan alami ini juga efektif memperlancar sirkulasi darah jadi akar rambut juga semakin kuat. 


    4. Pantene Anti-Lepek Shampo


    (Selain varian Anti-Lepek ini, Pantene juga punya seri Aqua Pure yang bisa membuat rambut ringan bervolume)

    Mudah ditemui di mana-mana, dan klaimnya memang sesuai dengan fungsinya: anti-lepek. Sampo ini memiliki aroma khas Pantene yang lembut sekaligus terasa segar. Walaupun menjaga kulit kepala bebas minyak lebih lama, formula pro vitamin-nya juga melembutkan helai rambut. Setelah keramas, rambut terasa sangat bouncy


    5. Kérastase Specifique Bain Divalent Shampoo


    (Rangkaian Kerastase menjadi andalan berbagai salon profesional. Foto: Dok. Kerastase USA)

    Sampo premium yang satu ini memiliki kandungan lipacid yang mampu meregulasi produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Tidak hanya itu, sampo ini akan membuat rambut kamu lebih berkilau dan lebih sehat. Aromanya yang mewah dan menenangkan membuat kamu semakin tidak sabar untuk keramas. 


    6. The Body Shop Fuji Green Tea Refreshingly Purifying Shampoo


    (Kini koleksi perawatan rambut The Body Shop banyak yang seru! Foto: Dok. thebodyshop.com)

    Sampo yang diperkaya dengan ekstrak teh hijau dari Jepang dan Community Trade honey untuk membantu membersihkan helai rambut serta memberikan rasa menyegarkan pada kulit kepala. Aromanya sangat menyegarkan, cocok sekali untuk membangkitkan semangat kalau kamu keramas di pagi hari. Sampo ini juga efektif menyingkirkan penumpukan kotoran dan residu produk penata. Untuk hasil maksimal, kamu bisa mencoba hair scrub-nya dari rangkaian yang sama. So refreshing!


    (Baca juga: 5 Resep Masker Rambut Alami yang Mudah Dibuat di Rumah)


    7. L’Occitane Gentle & Balance Micellar Shampoo


    (Selama bulan Juli ini, L'Occitane punya banyak penawaran menarik di tokonya. Foto: Dok. L'Occitane Indonesia)

    Sampo ini dilengkapi teknologi micellar yang efektif untuk mengangkat kotoran, debu, dan minyak sampai tuntas. Ia juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan alami kulit kepala. Diperkaya minyak esensial lemon, jeruk, rosemary, kamomil, dan lavender, aromanya sangat memanjakan dan membuat rileks. Teksturnya cair dan ringan.