Aneka Manfaat Buah Manggis Bagi Ibu Hamil, Apa Saja?


  • Aneka Manfaat Buah Manggis Bagi Ibu Hamil, Apa Saja?
    (Aneka Manfaat Buah Manggis Bagi Ibu Hamil. Foto: Dok. phadungsak/iStock)

    Memiliki julukan ratu buah tropis, manggis merupakan buah dengan rasa manis asam yang mudah ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia. Selain rasanya yang menyegarkan, manggis juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin B3, vitamin C, serat, folat, magnesium, kalsium, dan antioksidan.




    Dengan segudang kandungan nutrisi, manggis adalah salah satu buah yang bermanfaat bagi ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil harus mencukupi asupan nutirisi harian bagi dirinya sendiri, serta sang buah hati. Untuk itu, manggis pilihan tepat untuk mencukupi asupan nutrisi ibu hamil. Yuk simak aneka manfaat buah manggis bagi ibu hamil berikut ini.


    (Baca juga: Segudang Manfaat Buah Delima Putih Bagi Kesehatan, Apa Saja?)


    1. Mencegah Cacat Lahir

    Manfaat Buah Manggis

    (Manggis Membantu Pertumbuhan Dan Perkembangan Organ Janin. Foto: Dok. hxyume/iStock)

    Asam folat, salah satu jenis vitamin B kompleks yang bermanfaat bagi sistem saraf, khususnya pertumbuhan dan perkembangan organ janin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat, sebelum maupun setelah kehamilan, membantu mencegah cacat lahir pada bayi.

    Dengan rutin menyantap buah manggis, kamu bisa memperoleh kandungan asam folat yang mampu mencegah spina bifida dan anencephaly. Namun, untuk mencegah cacat lahir secara maksimal, disarankan untuk mengonsumsi manggis sedini mungkin. Bahkan, manggis sebaiknya dikonsumsi sebelum terjadi pembuahan.


    2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

    Manfaat Buah Manggis

    (Manfaat Manggis Untuk Menjaga Imunitas Tubuh. Foto: Dok. PeopleImages/iStock)

    Tahukah kamu bahwa imunitas tubuh otomatis melemah saat masa kehamilan? Yep, itu adalah respons tubuh untuk melindungi janin supaya tidak diserang oleh sistem kekebalan tubuh, yang dianggap sebagai benda asing oleh tubuh. Oleh karena itu, tak heran jika ibu hamil lebih rentan terpapar berbagai penyakit.

    Nah, manggis adalah salah satu buah yang mampu meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil. Dengan kandungan vitamin C yang berlimpah, manggis bekerja untuk melindungi sel tubuh dari berbagai penyakit dan tentunya menjaga tubuh supaya tetap sehat.


    3. Menyehatkan Sistem Pencernaan


    Tak sedikit ibu hamil yang mengalami masalah pencernaan, khususnya pada trimester kedua dan ketiga. Masalah pencernaan adalah hal yang normal bagi ibu hamil, sebab ibu hamil mengalami perubahan kadar hormon. Terlebih lagi, pertumbuhan bayi juga mendorong perut ibunya. Sehingga tak heran masalah pencernaan kerap terjadi pada masa kehamilan.

    Kaya akan serat, buah manggis adalah buah yang tepat untuk mencukupi kebutuhan serat harian. Serat mampu mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan pada ibu hamil.


    (Baca juga: 6 Manfaat Baik Mengonsumsi Pisang Untuk Ibu Hamil)


    4. Mencegah Anemia

    Manfaat Buah Manggis

    (Buah Manggis Bantu Cegah Anemia. Foto: Dok. DjelicS/iStock)

    Selain masalah pencernaan, ibu hamil juga rentan mengalami anemia. Kebutuhan zat besi pada ibu hamil menjadi penyebab utama ibu hamil mengalami anemia. Apabila tubuh kekurangan zat besi, tubuh akan mengalami kesulitan memproduksi sel darah merah. Akibatnya, jaringan tubuh ibu dan janin akan kekurangan oksigen.

    Kandungan vitamin C pada manggis membantu penyerepan zat besi dalam tubuh, sehingga oksigen dapat disalurkan oleh sel darah merah ke jaringan tubuh ibu dan janin. Untuk mencegah anemia dan mengatasi kelelahan selama masa kehamilan, kamu bisa mengonsumsi buah manggis secara rutin.


    5. Mencegah Diabetes

    Manfaat Buah Manggis

    (Kadar Gula Seimbang Dengan Rutin Mengonsumsi Manggis. Foto: Dok. FilippoBacci/iStock)

    Diabetes gestasional, penyakit yang berisiko menyerang ibu hamil akibat tingginya kadar gula darah. Jika kadar gula darah tinggi, ibu hamil maupun bayi berisiko mengalami komplikasi, seperti preeklamsia dan kelahiran prematur. Kandungan xanthones dan serat dalam buah manggis membantu mengontrol gula darah, sehingga dapat mencegah ibu hamil mengalami diabetes gestasional.


    (Baca juga: Ketahui 6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan)


    Well, inilah aneka manfaat buah manggis bagi ibu hamil yang wajib kamu tahu. Sama seperti makanan lainnya, kamu perlu memperhatikan berapa banyak manggis yang kamu konsumsi. Segala sesuatu yang berlebihan, tidak baik bagi tubuh. Selain itu, kamu juga perlu menghindari konsumsi manggis kalengan, suplemen, maupun jus kemasan.


    Faktanya, produk olahan biasanya memiliki bahan tambahan yang mungkin berbahaya bagi ibu hamil. Cobalah memakan buah manggis segar, untuk memperoleh manfaat manggis seutuhnya. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below