Segudang Manfaat Buah Delima Putih Bagi Kesehatan, Apa Saja?


  • Segudang Manfaat Buah Delima Putih Bagi Kesehatan, Apa Saja?
    (Segudang Manfaat Buah Delima Putih. Foto: Dok. SUN Education)

    Buah delima putih, buah dengan rasa manis dan kuat yang cukup sulit untuk ditemukan. Meski langka, buah delima putih sering dicari oleh juru masak oleh karena rasanya yang manis. Buah ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Kaya akan serat, buah ini dapat memenuhi kebutuhan 45% asupan serat per hari.


    Sama seperti buah delima merah, buah delima putih juga memiliki kulit yang keras dengan isi biji aril. Biji aril inilah bagian yang bisa dimakan dari buah delima putih, baik mentah maupun diolah menjadi jus delima. Penasaran apa saja manfaat buah delima putih? Yuk simak segudang manfaat buah delima putih bagi kesehatan berikut ini. 




    (Baca juga: Jaga Tubuh Dari Dalam, Ini Manfaat Buah Delima Untuk Wanita)


    1. Menjaga Kadar Gula Dalam Darah


    Buah dengan rasa manis ini memiliki kandungan fruktosa. Meskipun mengandung fruktosa, buah delima putih tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah.


    US National Library of Medicine National Institutes of Health melakukan penelitian terhadap pasien diabetes untuk memakan buah delima putih setiap hari selama dua minggu. Penelitian ini menunjukkan tidak adanya peningkatan kadar gula dalam darah secara signifikan pada pasien diabetes, setelah memakan buah delima putih setiap hari.


    2. Baik Untuk Tekanan Darah

    Manfaat Buah Delima Putih

    (Buah Delima Putih Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Foto: Dok. 5432action/iStock)

    Manfaat buah delima putih selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Buah yang langka ini dapat mengurangi peradangan pembuluh darah pada pasien penyakit jantung. Buah delima putih juga memiliki kandungan aspirin alami yang dapat menjaga darah dari pembekuan darah. Buah ini mampu menjadi pengencer darah yang memungkinkan aliran darah lebih lancar ke seluruh tubuh.


    3. Mengurangi Risiko Kanker

    Manfaat Buah Delima Putih

    (Antioksidan Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas. Foto: Dok. vitanovski/iStock)


    Buah yang kaya akan antioksidan ini mampu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain menghambat pertumbuhan sel kanker, kandungan antioksidan pada buah delima putih mampu menetralisir racun dalam tubuh.

    Buah delima putih dipercaya mampu memicu apotosis. Apotosis merupakan proses ketika sel-sel menghancurkan diri sendiri. Mengonsumsi satu gelas jus delima setiap hari mampu memperlambat perkembangan sel kanker.


    4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


    MedlinePlus, sebuah penelitian asal Amerika Serikat, membuat penelitian dan menemukan hasil bahwa buah delima putih memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang mampu melawan virus serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Tahukah kamu bahwa mulut mengandung ratusan hingga jutaan bakteri? Yep, bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi gigi. Kandungan antibakteri dan antimikroba mampu menghempaskan bakteri dalam mulut.


    Buah delima putih juga memiliki senyawa antiinflamasi yang sangat bermanfaat bagi penderita gangguan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, vitamin C pada buah delima putih mampu meningkatkan produksi kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi.


    5. Memperbaiki Kondisi Kulit

    Manfaat Buah Delima Putih

    (Buah Delima Menjaga Kelembapan Kulit. Foto: Dok. svetikd/iStock)

    Manfaat buah delima putih satu ini pasti disukai oleh banyak wanita. Buah delima putih sangat bermanfaat untuk kulit kering. Pasalnya, nutrisi buah delima putih mampu menembus jauh ke dalam kulit untuk menjaga kelembapan dan hidrasi yang cukup ke kulit. Inilah yang menyebabkan buah delima putih bermanfaat untuk menenangkan kulit kering dan teriritasi.


    Buah delima putih juga memiliki kandungan asam puninic dan asam lemak omega 3 sehingga mampu terhidrasi dengan menyegel kelembapan. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, buah delima putih cocok untuk kamu. Jika kamu mengonsumsinya secara rutin, buah delima putih dapat mencegah pecahnya jerawat dan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.


    (Baca juga: Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Buah Delima Untuk Kulit)


    6. Mencegah Penuaan


    Kaya akan vitamin C, buah delima putih mampu mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C bisa membantu produksi kolagen pada kulit, yang berfungsi membuat kulit lebih sehat dan kuat. Jumlah kolagen yang cukup pada kulit mampu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, seperti kerutan dan garis-garis halus.


    (Baca juga: Ini 5 Manfaat Delima atau Pomegranate untuk Kecantikan Kulit)


    Itulah enam manfaat segudang manfaat buah delima putih bagi kesehatan. Jangan lupa coba, ya!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below