8 Tips Menghilangkan Stress Yang Efektif, Wajib Dicoba!


  • 8 Tips Menghilangkan Stress Yang Efektif, Wajib Dicoba!
    Ikuti tips menghilangkan stress agar pikiran lebih tenang dan bahagia. (Foto: Dok. interstid/iStock)

    Siapa yang tidak pernah mengalami stres? Setiap orang pasti pernah mengalami stres dalam suatu titik di hidupnya. Pada umumnya, stres bisa disebabkan karena memiliki pekerjaan atau tugas yang menumpuk, merasa overwhelmed dengan beban tanggung jawab yang dimiliki, mengalami masalah dengan keluarga, teman, kerabat, rekan kerja, atau diri sendiri, hingga memikirkan tagihan-tagihan dan tanggung jawab finansial yang harus terpenuhi dalam waktu mendatang. 


    Stres tidak hanya dialami oleh orang dewasa, usia muda pun bisa mengalami stres meskipun alasannya berbeda-beda. Merupakan sebuah hal normal bagi setiap orang untuk mengalami stres. Namun, ketika kita mengalaminya, jangan biarkan stres terus ada dalam diri sampai berlarut-larut. Kita bisa lakukan berbagai cara untuk mengatasi dan meredakan stres agar kita bisa merasa lebih baik. Penasaran apa saja?




    (Baca Juga: Cara Mengatasi 7 Keluhan Penyakit di Kantor)


    Mari kita simak tips menghilangkan stres yang ampuh dan efektif!


    1. Lakukan olahraga secara rutin


    Salah satu tips menghilangkan stres yang sudah terbukti oleh pakar ampuh adalah dengan berolahraga. Olahraga yang teratur dapat melepaskan hormon endorphin yang sangat ampuh membuat tubuh menjadi lebih bahagia dan segar. Hormon endorphin juga dapat meningkatkan suasana hati. Karena pandemi COVID-19 sudah berangsur membaik, kita sudah bisa berolahraga ke gym. Namun, jika masih menghindari mobilitas, olahraga juga bisa kita lakukan dari rumah, seperti jogging atau melakukan workout dari rumah. Jangan lupa untuk melakukan peregangan tubuh terlebih dahulu agar kita terhindar dari cedera. Melakukan olahraga yang rutin terbukti dapat mencegah timbulnya stres di tengah kepadatan aktivitas kita sehari-hari.


    2. Tidur yang cukup


    Untuk menghilangkan stres, kita harus memiliki kadar tidur yang cukup. Kekurangan tidur akan menyebabkan stres. Kita bisa lihat bahwa jika kita kurang tidur, tubuh akan terasa lebih lelah dan lesu. Kemudian, ketika kelelahan, kita juga akan lebih mudah untuk mengalami stres. Pastikan pola tidur kita cukup agar tubuh lebih segar dan bisa fokus melakukan pekerjaan kita sehari-hari. Kita bisa mandi atau berendam dalam air hangat sebelum tidur supaya tubuh kita menjadi lebih rileks dan tenang. 


    3. Hindari alkohol dan kafein sebelum tidur


    Stres dapat kita cegah dengan menghindari konsumsi alkohol dan kafein sebelum tidur. Mengonsumsi kedua hal tersebut akan membuat diri kita lebih segar sehingga akan menyebabkan otak kita sulit untuk beristirahat dan tidur meskipun fisik tubuh kita sudah lelah. Hal ini akan menyebabkan stres. Maka dari itu, konsumsi alkohol dan kafein harus dihindari agar kita bisa tidur dengan cukup. 


    4. Relaksasi dan tenangkan pikiran


    Sesibuk apapun pekerjaan kita, kita tetap harus meluangkan waktu untuk diri kita sendiri. Lakukan aktivitas yang membuat tubuh dan pikiran kita rileks agar melepas stres. Aktivitas yang bisa kita lakukan adalah yoga. Selain bermanfaat baik untuk kesehatan fisik tubuh, yoga juga berfungsi untuk membuat pikiran kita lebih tenang dan terorganisir sehingga dapat mencegah timbulnya stres. Kita juga bisa melakukan meditasi selama 10-15 menit setiap hari setelah bangun dan sebelum tidur. Hal ini dikarenakan meditasi dapat menurunkan kadar hormon kortisol, yaitu hormon stres, supaya tubuh bisa lebih tenang. 


    tips menghilangkan stress

    (Tenangkan pikiran dengan meditasi untuk menghindari stres. Foto: Dok. Patrick Chu/iStock)


    5. Menjaga pola makan yang sehat


    Ada pepatah yang berbunyi "You are what you eat" . Makanan yang kita konsumsi berpengaruh secara signifikan terhadap kesehatan dan mood kita. Salah satu cara untuk mengelola stres adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hal ini dikarenakan makanan bergizi akan memaksimalkan kinerja otak kita dan menjaga kesehatan mental kita sehingga tidak mudah mengalami stres. Nutrisi yang baik dalam makanan sehat akan memperlancar aliran darah dalam tubuh dan mencegah penambahan berat badan. 


    6. Batasi akses ke media sosial


    Terlalu banyak scrolling di media sosial menyebabkan kecemasan yang akan menimbulkan stres. Kita perlu membatasi akses ke media sosial agar tidak menjadi kecanduan dan merasakan fear of missing out atau takut akan ketinggalan hal-hal yang sedang terjadi di dunia. Mengakses informasi yang terlalu banyak dari media sosial juga bisa menimbulkan stres karena kita tidak memberikan otak waktu untuk beristirahat. Maka dari itu, hindari penggunaan media sosial yang terlalu banyak agar kita juga terhindar dari stres.


    7. Lakukan hobi di waktu senggang


    Seperti yang sudah dibahas di atas, kita perlu meluangkan waktu untuk diri kita sendiri meskipun kita sangat sibuk. Dalam waktu senggang tersebut, melakukan hobi kita juga ampuh untuk menghindari stres. Lakukan kegiatan yang kita suka untuk membangun perasaan yang positif dan menghasilkan hormon endorphin agar kita lebih bahagia. 


    8. Selalu bersyukur


    Hal ini memang sebuah klise, namun percayalah, bersyukur adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi stres. Saat kita memiliki masalah, kita cenderung untuk menjadi terlalu fokus pada masalah yang kita alami, sampai lupa bahwa kita masih diberikan kesempatan untuk bernafas, menjalani aktivitas, dan bangun di pagi hari. Hal-hal sekecil itu dalam keseharian kita patut kita syukuri meskipun sulit untuk bersyukur dalam kesulitan. Setiap pagi sebelum beraktivitas, tulislah dalam secarik kertas hal-hal yang kita harus syukuri pada hari itu. Rutinitas menulis ini akan mengorganisir pikiran dan cara pandang kita terhadap hidup agar lebih positif dan teratur. 


    (Baca Juga: Berikut 5 Warna Pakaian Yang Bantu Menghilangkan Stres)


    Itu dia tips menghilangkan stres yang mudah untuk dicoba. Tetap semangat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below