Memperlancar Persalinan, Ini 5 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil


  • Memperlancar Persalinan, Ini 5 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil
    (5 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil. Foto: Dok. bhofack2/iStock)

    Siapa yang tidak tahu kurma? Buah yang kerap dijadikan makanan utama saat berbuka puasa ini memiliki rasa yang manis dan legit. Tak hanya itu, kurma juga memiliki berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Beberapa kandungan bernutrisi dalam kurma adalah protein, karbohidrat, serat, kalsium, kalium, zat besi, zinc, vitamin A, vitamin B, vitamin K, dan antioksidan.

    Terdapat berbagai jenis kurma yang bisa kamu pilih seperti kurma sukari, kurma ajwa, dan kurma medjool. Setiap jenis kurma tersebut memiliki keistimewaannya sendiri, serta manfaat yang hampir sama.

    Tahukah kamu bahwa ternyata kurma memiliki manfaat untuk ibu hamil lho. Penasaran apa saja manfaat kurma untuk ibu hamil? Yuk cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini.



    (Baca juga: Jaga Tubuh Dari Dalam, Ini Manfaat Buah Delima Untuk Wanita)


    1. Sumber Energi


    Ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan energi yang sesuai dengan usia kehamilan, sebab seorang ibu akan membagi nutrisi dengan janin dalam kandungannya. Supaya tidak kekurangan energi, maka ibu hamil membutuhkan kalori tambahan. Pada trimester pertama, ibu hamil membutuhkan 180 kalori tambahan. Sedangkan untuk trimester kedua dan ketiga, ibu hamil membutuhkan 300 kalori tambahan per hari.

    Manfaat kurma untuk ibu hamil yang pertama adalah mencukupi kebutuhan energi harian ibu hamil. Pasalnya, 100 gram kurma mengandung 277 kalori. Oleh karena itu, kurma adalah buah yang cocok untuk mencukupi kalori tambahan bagi ibu hamil.


    2. Memiliki Kadar Gula Rendah

    Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

    (Kurma Memiliki Kadar Gula Yang Rendah. Foto: Dok. baibaz/iStock)

    Buah asal Timur Tengah ini memiliki kandungan fruktosa yang tinggi. Inilah yang menyebabkan kurma memiliki rasa yang sangat manis. Nutrition Journal melakukan menjelaskan bahwa meski kurma memiliki rasa yang manis, kurma memiliki kadar gula atau indeks glikemik yang rendah.


    Indeks glikemik merupakan acuan untuk mengendalikan kadar gula makanan yang tinggi. Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Nutrients memaparkan bahwa pada umumnya rentang indeks glikemik adalah 1-100. Sedangkan kurma memiliki indeks glikemik di rentang 43-55. Sehingga, kurma adalah pilihan makanan yang tepat untuk ibu hamil.


    3. Memperkuat Kontraksi

    Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

    (Hormon Oksitosin Bantu Memperancar Proses Persalinan. Foto: Dok. staticnak1983/iStock)

    Manfaat kurma untuk ibu hamil selanjutnya adalah memperkuat kontraksi. Ketika melakukan proses persalinan, ibu yang lebih lemah dalam melakukan kontraksi akan diberi tambahan oksitosin melalui suntikan. Hormon oksitosin digunakan untuk memperlancar proses persalinan.


    Nah, kurma memproduksi hormon oksitosin yang bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan. Sehingga, kontraksi rahim ibu hamil dapat lebih kuat. Bukan hanya itu, hormon oksitosin yang dihasilkan oleh kurma dapat mempercepat proses penghentian darah, pemulihan anatomi, dan fungsi rahim.

    (Baca juga: Kenali Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil)


    4. Memperkuat Ketuban


    Sebagai selaput cairan yang menyelimuti tubuh bayi dalam kandungan, ketuban akan pecah sebelum bayi lahir. Tetapi, tak jarang kantung ketuban pecah sebelum waktunya. Hal ini akan memicu berbagai komplikasi seperti, infeksi dan peradangan selaput ari-ari.


    Journal of Obstetrics and Gynaecology melakukan penelitian pada sekelompok ibu hamil. Hasil penelitian menyatakan bahwa selaput ketuban lebih kuat pada ibu hamil yang mengonsumsi kurma. Sehingga, ketuban tidak mudah pecah sebelum bayi lahir.


    5. Memperlancar Proses Persalinan

    Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

    (Mengonsumsi Kurma Secara Rutin Membantu Proses Persalinan. Foto: Dok. Martinns/iStock)

    Manfaat kurma untuk ibu hamil yang terakhir adalah memperlancar proses persalinan. Penelitian yang sama dari Journal of Obstetrics and Gynaecology menunjukkan bahwa 96% ibu hamil yang rutin mengonsumsi kurma, melewati proses persalinan normal yang lebih lancar tanpa membutuhkan induksi. Sedangkan, ibu hamil yang tidak rutin mengonsumsi kurma, memiliki tingkat kelahiran normal di angka 79%.

    (Baca juga: 6 Manfaat Baik Mengonsumsi Pisang Untuk Ibu Hamil)


    Manfaat kurma untuk ibu hamil dapat diperoleh secara maksimal apabila dikonsumsi sebanyak enam buah per hari selama empat minggu sebelum tanggal kelahiran. Namun, perlu diingat bahwa sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan biasanya memiliki dampak negatif untuk tubuh. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi kurma lebih dari enam buah per hari untuk terhindar dari masalah gula darah tinggi. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below