Life & health

Kenali Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

By : Her World Indonesia - 2022-05-09 19:00:01 Kenali Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Warna merah muda cantik dan rasa yang manis membuat buah naga menarik untuk disantap. Selain nikmat dan segar, ternyata buah naga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Buah yang berasal dari daerah Amerika Selatan ini mengandung karbohidrat, protein, air, kalsium, serat, lemak, zat besi, antioksidan, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan nutrisi dalam buah naga terbukti memiliki manfaat untuk ibu hamil dan juga janin dalam masa kehamilan. Yuk cari tahu 4 manfaat buah naga untuk ibu hamil berikut ini:

(Baca juga: Mengulik 7 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan)

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang berlimpah membuat buah naga bermanfaat untuk ibu hamil. Antioksidan dapat sel-sel tubuh ibu hamil dalam melawan radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu mengatur sintesis kolagen dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada buah naga dapat membantu tubuh ibu hamil dalam melawan infeksi dan melindungi sel darah putih.

2. Melancarkan Pencernaan

(Buah Naga Melancarkan Pencernaan Untuk Ibu Hamil. Foto: Dok. globalmoments/ iStock)


Selama kehamilan, banyak ibu mengalami gangguan pencernaan atau sembelit. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan kaya serat yang cukup untuk mencegah hal ini. Kandungan serat yang berlimpah pada buah naga dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit pada ibu hamil. Menyantap buah naga secara rutin akan membantu sistem pencernaan ibu hamil untuk bekerja secara normal. 


(Baca juga: 5 Manfaat Makan Buah Naga Setiap Hari)


3. Mencegah Anemia


Beberapa ibu hamil rentan mengalami anemia yang dipicu oleh kurangnya jumlah zat besi, khususnya pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Mengkonsumsi buah naga menjadi jawaban alami untuk permasalahan anemia pada ibu hamil. Kandungan zat besi pada buah naga membantu sel darah merah yang dapat meningkatkan jumlah hemoglobin untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

4. Sumber Energi untuk Tubuh


Kandungan lemak pada buah naga dapat menjadi sumber energi bagi ibu hamil untuk menjaga proses metabolisme. Selain kandungan lemak, kandungan karbohidrat dalam buah naga juga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Kandungan karbohidrat menjadi sumber energi yang dapat diproses oleh ibu hamil dan dapat ditransfer kepada janin.


Nah, buah naga bermanfaat sekali bukan untuk ibu hamil? Yuk moms, konsumsi buah naga untuk masa kehamilan yang lebih sehat!

Life & health