7 Cara Menghilangkan Stress Pikiran, Penasaran Apa Saja?


  • 7 Cara Menghilangkan Stress Pikiran, Penasaran Apa Saja?
    Berbagai cara menghilangkan stress pikiran supaya kita lebih bahagia. (Foto: Dok. Wiphop Sathawirawong/iStock)

    Stres merupakan sebuah kondisi yang bisa dialami oleh semua orang, dari yang berusia dewasa hingga yang masih muda. Kondisi ini bisa dialami ketika kita mengalami masalah dengan lingkungan sekitar, keluarga, teman-teman, diri sendiri, atau memiliki beban kerja yang menumpuk sehingga kita mengalami stres pikiran.


    Terkadang, stres dapat berdampak positif bagi kita dalam situasi tertentu. Namun, stres juga bisa berdampak negatif. Jika dibiarkan berlarut-larut, stres akan memicu berbagai gangguan kesehatan mental bahkan fisik kita. Ketika kita merasakan stres, tubuh kita akan menghasilkan hormon kortisol dan adrenalin yang akan membuat jantung kita bekerja lebih cepat. Hal ini akan membuat kita menjadi cepat lelah. Selain itu, daya tahan tubuh kita akan menurun sehingga kit akan menjadi rentan terkena penyakit atau virus tertentu. Terlebih di kondisi pandemi virus COVID-19 yang sedang merajalela saat ini. 




    (Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Stress Pada Remaja)


    Lantas, bagaimana cara menghilangkan stres pikiran? Yuk, kita simak cara-cara berikut!


    1. Berendam tubuh di dalam air hangat


    cara menghilangkan stress pikiran

    (Berendam di air hangat. Foto: Dok. julief514/iStock)


    International Journal of Management Stress meluncurkan sebuah studi asal Swedia yang menyatakan bahwa mengambang di air akan memicu respons relaksasi tubuh. Respons ini akan membantu menaikkan tingkat hormon pemicu stres. Kita bisa merendamkan tubuh di dalam air hangat ditemani dengan wangi dari lilin aromaterapi dengan alunan musik yang semakin merelaksasikan tubuh. Kita juga bisa merendamkan kaki ke dalam ember berisi air hangat dan minyak rempah atau aromaterapi. Pilihlah aroma seperti lavender atau jasmine yang sudah terbukti ampuh dapat mengurangi tingkat stres.


    2. Meminum jus jeruk dingin


    cara menghilangkan stress pikiran

    (Jus jeruk. Foto: Dok. DianaHirsch/iStock)


    Selain lezat dan bergizi, ternyata jus jeruk juga salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang ampuh, loh! Minuman yang menyegarkan ini bisa membuat diri lebih tenang dan rileks. Jus jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga mampu secara fisiologis mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh, termasuk hormon kortisol. Selain itu, jus jeruk juga dapat memerangi kerusakan akibat stres oksidatif. 


    3. Melakukan pijat untuk melepas stres


    cara menghilangkan stress pikiran

    (Pijat untuk melepas stres. Foto: Dok. x-reflexnaja/iStock)


    Otot-otot tubuh akan menjadi pegal ketika kita mengalami stres. Nah, salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang lain adalah dengan melakukan pijat. Pijatan pada tubuh terbukti dapat menenangkan otot-otot yang kencang dan tegang. Hal ini akan mengurangi kadar stres dalam tubuh. Selain itu, kita juga bisa menambahkan minyak aromaterapi agar lebih rileks. Tidak hanya nyeri tubuh yang hilang, pikiran kita juga akan lebih rileks dan kadar stres berkurang. 


    4. Melakukan olahraga secara rutin


    cara menghilangkan stress pikiran

    (Rajin berolahraga. Foto: Dok. torwai/iStock)


    Melakukan olahraga memang terkenal sebagai cara mengilangkan stres pikiran yang terbaik Selain membuat fisik tubuh menjadi lebih sehat dan otot tubuh lebih terbentuk, berolahraga akan menurunkan kadar hormon kortisol dan memproduksi endorfin yang memperbaiki suasana hati dan membuat perasaan kita lebih bahagia. Lakukan olahraga secara rutin agar kesehatan mental kita terjaga. Beberapa olahraga yang kita bisa lakukan adalah yoga, pilates, berenang, jogging, dan sebagainya. 


    5. Menjaga pola makan yang sehat


    cara menghilangkan stress pikiran

    (Sayur-sayuran dan buah-buahan bergizi. Foto: Dok. vaaseenaa/iStock)


    Makanan yang kita konsumsi memberikan dampak yang signifikan pada suasana hati kita. Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi junk food akan memiliki suasana hati yang lebih rentan rapuh dibandingkan yang mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang bisa mengurangi stres adalah makanan yang tidak mengandung gula, lemak, dan kafein yang tinggi, seperti makanan cepat saji, minuman ringan, daging merah, hingga snack kemasan yang marak dijual di toko swalayan. Kita bisa mengonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging berprotein, hingga kacang-kacangan. 


    6. Melakukan meditasi


    cara menghilangkan stress pikiran

    (Meditasi. Foto: Dok. Chaay_Tee/iStock)


    Lakukan meditasi setiap hari setelah bangun tidur di pagi hari, maka suasana hatimu akan lebih baik. Melakukan meditasi akan menurunkan kadar hormon kortisol dan akan membuat dirimu lebih rileks. Kita bisa meluangkan waktu selama 10 hingga 15 menit sehari untuk meditasi. Lakukan selama 4-5 kali dalam seminggu. Lakukan meditasi sambil mendengarkan musik relaksasi dan menyebutkan kata-kata afirmasi untuk menghilangkan pikiran negatif. 


    7. Mencatat jurnal secara rutin


    cara menghilangkan stress pikiran

    (Menulis jurnal. Foto: Dok. Rawpixel/iStock)


    Menulis jurnal merupakan salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang ampuh. Kita bisa melakukan hal ini setiap pagi setelah bangun tidur sebelum beraktivitas. Ketika menulis jurnal, pikiran kita menjadi terorganisir dan mencegah kita untuk merasakan stres seharian. Dalam jurnal tersebut, kita tuliskan hal yang kita syukuri setiap harinya, hal tersebut bisa apa saja, seperti bernafas, bangun di pagi hari, bisa melihat, dan sebagainya. Kemudian, kita tuliskan hal apa saja yang harus dilakukan mulai dari yang paling penting sampai yang bisa dilakukan di urutan akhir. Selain itu, kita juga bisa menulis apa yang sedang kita pikirkan seperti sebuah diary untuk melepas emosi dan pikiran. Dengan demikian, kita akan bisa melanjutkan aktivitas kita dengan perasaan yang lebih tenang. 


    (Baca Juga: Ini Manfaat Meditasi, Bisa Mengurangi Stres & Kecemasan!)


    Itulah cara menghilangkan stres pikiran yang bisa kita coba dari rumah. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below