Lezat & Bernutrisi, 5 Rekomendasi Cemilan Untuk Asam Lambung


  • Lezat & Bernutrisi, 5 Rekomendasi Cemilan Untuk Asam Lambung
    (Rekomendasi Cemilan Untuk Asam Lambung. Foto: Dok. a:fcafotodigital/iStock)

    Sering diduga sebagai serangan jantung, penyakit asam lambung memang memiliki gejala yang hampir mirip yaitu, nyeri dada. Ketika asam lambung naik, akan muncul sensasi terbakar di dada yang kemudian naik hingga ke kerongkongan. Tidak hanya menyerang orang dewasa, penyakit asam lambung juga dapat diderita anak-anak.


    Penyakit asam lambung naik terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah tidak tertutup, sehingga asam lambung akan kembali naik ke kerongkongan. Selain sensasi terbakar di dada, penyakit asam lambung memiliki beberapa gejala lainnya seperti, mual, muntah, sesak napas, dan mulut terasa asam.



    Cemilan Untuk Asam Lambung

    (Penderita Asam Lambung Wajib Atur Pola Makan. Foto: Dok. 12963734/iStock)

    Mengatur pola makan adalah salah satu pencegahan asam lambung yang paling penting. Pasalnya, produksi asam lambung akan meningkat ketika kamu terlambat makan dan pada akhirnya akan menyebabkan kamu mengalami berbagai gejala asam lambung. Untuk itu, penting sekali untuk menjaga pola makan. Biasanya disarankan untuk makan dengan jarak empat jam, karena itulah waktu yang dibutuhkan oleh lambung untuk mengolah makanan.


    Namun, menjaga pola makan saja tidak cukup. Penderita asam lambung juga perlu memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan berapa porsi makanan yang dimakan. Faktanya, makanan yang tidak sehat malah dapat memicu asam lambung naik. Selain itu, porsi makan yang terlalu besar atau terlalu sedikit juga akan menyebabkan dinding lambung lebih rentan terluka.


    Kali ini, Her World akan merekomendasikan 5 cemilan untuk asam lambung yang pastinya aman dan lezat. Penasaran apa saja? Yuk, intip rekomendasi cemilan untuk asam lambung berikut ini.

    1. Pisang

    Cemilan Untuk Asam Lambung

    (Pisang Cemilan Aman Untuk Asam Lambung. Foto: Dok. bhofack2/iStock)

    Buah yang manis ini memiliki kandungan asam yang dapat membantu menetralkan asam lambung dengan melapisi lapisan esofagus yang iritasi. Tidak hanya itu, pisang juga kaya akan pektin, suatu serat larut yang dapat membantu menjaga makanan mengalir dengan baik melalui saluran pencernaan. Inilah yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

    2. Oatmeal

    Oatmeal adalah salah satu cemilan untuk asam lambung yang juga tinggi serat. Kandungan serat pada oatmeal dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Inilah mengapa oatmeal merupakan pilihan cemilan untuk asam lambung yang tepat. Makanan dalam porsi besar dan berlebihan akan membuat dada terasa terbakar.


    Apalagi oatmeal mampu menyerap asam lambung dan mengurangi gejala asam lambung. Untuk menikmatinya, kamu bisa menambahkan pisang, apel, atau pir dalam oatmeal.

    3. Pepaya

    Cemilan Untuk Asam Lambung

    (Sederet Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan. Foto: Dok. ASMR/iStock)

    Buah yang tumbuh di daerah tropis ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Pepaya dikenal sebagai buah yang mampu melawan penyakit jantung, diabetes, kanker, kesehatan tulang, dan asma. Selain itu, pepaya juga aman dijadikan cemilan untuk asam lambung. Pepaya memiliki kandungan enzim yang disebut papain, yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi rasa terbakar di dada akibat asam lambung.

    4. Yoghurt

    Sama seperti susu, yoghurt bisa membantu meredakan rasa terbakar di dada. Perlu diketahui bahwa gejala asam lambung yang kamu rasakan, disebabkan oleh kerusakan lapisan kerongkongan (esofagus). Yoghurt dapat melapisi kerongkongan sehingga kamu tidak asam yang menyebabkan iritasi pada lapisan itu.


    Pilihlah yoghurt yang rendah lemak, sebab makanan yang memiliki kandungan tinggi lemak dapat menyebabkan asam lambung naik. Selain itu, susu yang tinggi lemak akan menetap di perut lebih lama dan berpotensi untuk menyebabkan asam lambung.



    5. Almond

    Cemilan Untuk Asam Lambung

    (Manfaat Almond Untuk Asam Lambung. Foto: Dok. fcafotodigital/iStock)

    Cemilan untuk asam lambung yang paling sederhana adalah kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan adalah almond. Almond memiliki kandungan alkali yang cukup tinggi, sehingga mampu menurunkan gejala asam lambung. Selain itu, almon juga mengandung serat yang cukup tinggi. Inilah yang menyebabkan almon aman dikonsumsi sebagai cemilan untuk asam lambung.




    Itu dia 5 rekomendasi cemilan untuk asam lambung yang aman dan bernutrisi. Kamu ingin coba yang mana?


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below