Gigi Kuning Karena Kopi, Begini Cara Menghilangkannya


  • Gigi Kuning Karena Kopi, Begini Cara Menghilangkannya
    Berbagai cara untuk menghilangkan bekas noda menguning akibat kopi agar penampilanmu tidak terganggu . (Foto: Dok. /Pexels)

    Tidak ada hari tanpa kopi? Pecinta kopi tentunya tidak lupa untuk minum kopi di setiap harinya. Secangkir kopi bisa membantumu lawan depresi sehingga tubuhmu menjadi rileks. Namun, kamu perlu tahu bahwa kopi bisa meninggalkan noda pada gigimu. Noda tersebut berasal dari asam tanat yang menyebabkan plak pada permukaan gigi hingga kecokelatan dan menguning.


    Dilansir dari Healthline, kopi juga mengandung bahan yang disebut tanin yaitu sejenis polifenol yang terurai dalam air. Tanin juga bisa ditemukan dalam minuman seperti anggur dan teh. Warna gigi yang menguning semakin membuat penampilanmu semakin terganggu. Inilah cara menghilangkan warna gigi kuning karena kopi.




    (Baca Juga: Mengenal Manfaat Masker Kopi Sesuai Kebutuhan Kulit)


    Sikat Gigi

    (Sangat penting untuk kamu menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan gigi menguning. Foto: Dok. Pexels)

    Tentunya kamu harus menyikat gigimu setiap hari dengan cara yang benar. Sangat penting untuk kamu menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan gigi menguning. Setidaknya, kamu lakukan dua kali sehari selama 2 menit setiap kali kamu menyikat gigimu. Kamu bisa menyikat gigimu dengan pasta gigi pemutih karena mengandung bahan abrasif ringan yang menggosok gigi untuk menghilangkan noda di permukaan gigi.


    Baking Soda

    Tak hanya untuk membuat kue saja, baking soda bisa kamu jadikan pasta gigi untuk menghilangkan noda yang menumpuk seperti plak dan bakteri. Inilah cara lain menghilangkan warna gigi kuning karena kopi. Kamu bisa mencampurkan satu sendok makan soda kue dengan dua sendok makan hidrogen peroksida untuk membuat pasta. Lalu, bilas mulut kamu secara menyeluruh dengan air setelah kamu menyikat gigimu dengan pasta tersebut.


    (Baca Juga: Mengenal 10 Manfaat Kopi Untuk Kecantikan)


    Minyak Kelapa

    Minyak kelapa bisa dikatakan dapat menghilangkan plak dan bakteri pada mulutmu dengan cara memutihkan gigi hingga bersih. Kamu bisa melakukannya dengan berkumur sebanyak satu hingga dua sendok teh minyak kelapa cair selama 10 hingga 30 menit.

    Namun, kamu perlu berhati-hati jangan sampai minyak kelapa menyentuh bagian belakang tenggorokan dan juga menelan karena minyak tersebut mengandung racun dan bakteri dari mulut kamu. Maka dari itu, kamu perlu membuatnya ke toilet atau keranjang sampah karena dapat menyumbat saluran air. Setelah kamu berkumur, bilas mulutmu dengan air dan sikat gigimu hingga bersih.


    Cuka Apel

    Kamu perlu mengetahui bahwa cuka apel juga dapat membantu menghilangkan gigi kuning karena kopi. Namun, kamu perlu menggunakannya dengan jumlah yang sedikit. Kamu bisa membuat obat kumur terbuat dari cuka apel dengan mencampurkan dua sendok teh cuka apel dengan 6 ons air. Lalu, kamu berkumur selama 30 detik dan kemudian bilas dengan air. Jangan lupa untuk tetap sikat gigi setelah berkumur.


    Menggunakan Charcoal

    Untuk menghilangkan gigi kuning karena kopi, kamu juga bisa menggunakan charcoal karena dipercaya dapat menghilangkan pigmen dan noda dari gigi. Charcoal memiliki sifat penyerap yang tinggi. Tak hanya menghilangkan noda, charcoal juga bisa menghilangkan bakteri dan racun pada mulutmu. Kamu bisa menemukan pasta gigi berbahan charcoal di supermarket terdekat.


    Nah, kamu bisa menghilangkan warna gigi kuning karena kopi dengan berbagai cara di atas. Kira-kira langkah mana yang akan kamu coba lebih dulu? Selamat mencoba!


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below