Sering Diabaikan, Ini 7 Penyebab Karang Gigi


  • Sering Diabaikan, Ini 7 Penyebab Karang Gigi
    (Penyebab karang gigi. Foto: Dok.yoh4nn/iStock)

    Setiap orang pasti pernah mengalami adanya karang yang muncul di sekitar gigi. Pasalnya, karang gigi merupakan lapisan kotoran yang mengeras di gigi. Pada kondisi ini, beberapa orang justru mengabaikan dan tidak mencoba untuk mengatasi hal ini karena tidak menimbulkan rasa sakit, padahal karang gigi tersebut dapat menyebabkan penyakit gigi dan mulut yang serius. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu perlu mengetahui dulu penyebab karang gigi seperti berikut ini.  


    1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis 

    penyebab karang gigi

    (Makanan manis jadi penyebab munculnya karang gigi. Foto: Dok.fcafotodigital/iStock)

    Bagi kamu penggemar makanan manis, seperti kue, permen, dan donat pasti tidak terpikir kalau makanan tersebut menjadi penyebab munculnya karang gigi. Hal ini karena sisa dari makanan manis yang lengket mudah tertinggal di sela-sela gigi. Dengan begitu bakteri perusak gigi akan mudah muncul dan akan menghasilkan zat asam perusak enamel gigi yang berkembang menjadi karang gigi. Tak hanya itu, makanan manis juga dapat menyebabkan gigi menjadi bolong. 




    2. Sering Mengonsumsi Makanan Yang Berkabohidrat Tinggi 

    Makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, roti, kentang yang berlebihan juga bisa mempercepat penumpukan plak di sela-sela gigi dan gusi. Hal ini dikarenakan karbohidrat merupakan zat yang sangat disukai oleh mikroorganisme di mulut. Sehingga jika kamu tidak membersihkan sisa makanan yang mengandung karbohidrat dengan baik, maka akan menjadi tempat berkembangnya bakteri. 


    (Baca Juga: Ini Cara Membersihkan Karang Gigi)


    3. Sering Merokok

    penyebab karang gigi

    (Merokok dapat membentuk plak pada gigi. Foto: Dok.Altayb/iStock)

    Karang gigi akan mudah terbentuk pada perokok yang aktif dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, karang gigi adalah lapisan keras yang terbentuk akibat bakteri yang mengendap pada permukaan gigi.

    Dari hal inilah yang kemudian akan menyebabkan terbentuknya plak pada gigi. Merokok juga akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius, diantaranya kanker paru-paru, gangguan tenggorokan dan peradangan pada kulit. Maka dari itu, sebaiknya kurangi merokok atau bisa ganti rokok dengan permen. 


    4. Kurang Mengonsumsi Buah dan Sayuran 

    Seperti yang diketahui semua orang, kandungan vitamin pada buah dan sayuran memang sangat banyak sehingga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam hal ini, gigi membutuhkan mineral dan vitamin tersebut agar kesehatannya bisa terjaga.

    Selain itu, mengunyah buah dan sayuran juga akan membantu membersihkan gigi secara alami jika dikonsumsi secara teratur. Nah, kalau kamu kurang makan buah dan sayur, maka karang gigi akan lebih mudah muncul.


    5. Suka Minum Soda dan Alkohol

    Tak hanya perlu memerhatikan jenis makanan saja untuk mengurangi risiko munculnya karang gigi. Minuman soda dan alkohol juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami karang gigi. Hal ini dikarenakan sifat soda yang tajam dan membuat enamel gigi jadi melunak, sehingga mudah rusak jika terkena tekanan sikat gigi. Sebisa mungkin tidak minum soda dan alkohol terlalu sering, ganti dengan infused water atau air putih saja agar tetap sehat. 


    (Baca Juga: 10 Kebiasaan Yang Bisa Buat Gigi Kuning Dan Rusak)


    6. Jarang Menggosok Gigi 

    penyebab karang gigi

    (Menggosok gigi merupakan cara membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Foto: Dok.nensuria/iStock)

    Menjaga kebersihan gigi menjadi hal penting yang harus dilakukan setiap orang agar karang gigi tidak muncul dan kesehatan gigi tetap terjaga. Nah, apabila kamu jarang menggosok gigi maka semua sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi akan memicu munculnya bakteri. 

    Dari bakteri tersebutlah yang selanjutnya akan bersarang dan berkembang sehingga membuat gigi jadi berkarang dan rusak. Selain itu, jarang menggosok gigi juga akan membuat mulut mengeluarkan aroma bau yang tidak sedap sehingga menurunkan kepercayaan dirimu ketika berbicara di depan orang lain. 

    Maka dari itu, gosok gigimu secara rutin minimal 2 kali dalam sehari terutama setelah kamu mengonsumsi makanan yang manis dan lengket di gigi agar setiap kotoran yang ada bisa terangkat dan tidak menimbulkan berbagai masalah gigi. 


    7. Mulut Kering 

    penyebab karang gigi

    (Mulut yang kering terjadi karena kurangnya produksi air liur. Foto: Dok.4FR/iStock)

    Penyebab karang gigi yang berikutnya adalah mulut yang kering. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh efek samping obat-obatan, gangguan autoimun, atau gangguan tiroid. Hal tersebut akan menyebabkan produksi air liur jadi berkurang sehingga mulut terasa kering. Pasalnya, air liur mengandung mineral yang membantu membersihkan sisa makanan dan plak. Jika produksi air liur berkurang, maka plak akan menumpuk dan menimbulkan karang gigi.


    Penyebab karang gigi tersebut perlu diatasi agar tidak menimbulkan masalah gigi yang lainnya. Semoga bermanfaat! 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below