Ini Cara Membersihkan Karang Gigi


  • Ini Cara Membersihkan Karang Gigi
    Karang gigi harus dibersihkan karena bisa mengeras. (Foto: Dok. Mufid Majnun/Unsplash)

    Sebagai manusia, kita membutuhkan makanan dan akan makan setiap harinya. Makanan yang ada tentunya akan berpengaruh kepada salah satu bagian tubuh yang hidup, yaitu gigi yang fungsinya untuk mengunyah makanan agar dapat kita telan. Gigi hidup karena di dalamnya terdapat saraf, arteri dan vena, serta jaringan hidup yang lunak. Sebagai bagian tubuh, gigi juga harus kita rawat.


    Gigi yang tidak terawat bisa menyebabkan karang gigi. Karang gigi adalah kondisi adanya plak gigi yang tidak dihilangkan, plak terbentuk dari sisa-sisa makanan yang tetinggal. Plak tersebut mengeras hingga membentuk karang gigi. Untuk itu, karang gigi juga perlu dibersihkan. Simak cara membersihkan karang gigi di bawah ini.




    1. Rutin sikat gigi

    cara membersihkan karang gigi

    (Rutin menyikat gigi dua kali sehari. Foto: Dok. PNW Production/Pexels)


    Tanpa ada hubungannya dengan karang gigi, kita seharusnya tahu bahwa menyikat gigi adalah kegiatan yang harus selalu dilakukan setiap harinya atau rutin. Bukan hanya karang gigi, tidak sering menyikat gigi juga menyebabkan gigi berlubang, bau mulut, dan penyakit yang berhubungan dengan gusi. Untuk itu, peranan sikat gigi sangat penting disini.

    Seperti telah dipaparkan bahwa salah satu penyebab karang gigi adalah sisa-sisa makanan. Agar tidak tertinggal, meyikat gigi adalah salah satu cara untuk membersihkan karang gigi yang bisa terbentuk. Menyikat gigi dapat dilakukan dua kali dalam sehari setiap hari, pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Pastikan kita mengenai seluruh permukaan gigi agar bersih.


    2. Menggunakan benang gigi

    Benang gigi atau disebut dengan dental floss juga adalah langkah yang sebenarnya tidak boleh terlewati setiap harinya. Tapi, banyak orang tidak mengetahuinya. Perawatan dengan benang gigi ini dilakukan setelah menyikat gigi. Menggunakan benang gigi memastikan bahwa tidak ada sisa makanan yang tertinggal, yang nantinya membentuk plak, lalu karang gigi.

    Sisa makanan biasanya juga terselip di sela-sela gigi. Dengan menggunakan benang gigi, benda ini bisa membantu membersihkan sisa makanan atau kotoran di tempat yang tidak terjamah oleh bulu sikat gigi kita. Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan benang gigi ini ialah jangan sampai mengenai gusi, karena akan membuatnya luka hingga berdarah.


    (Baca Juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Gigi)


    3. Menggunakan obat kumur

    cara membersihkan karang gigi

    (Obat kumur agar gigi bersih optimal. Foto: Dok. Towfiqu Barbhuiya/Pexels)


    Salah satu produk kesehatan mulut yang bisa kita gunakan untuk membersihkan karang gigi adalah obat kumur. Obat kumur mudah ditemui karena dijual bebas di pasaran. Tapi sebaiknya, kita hindari obat kumur yang mengandung alkohol. Misalnya kita sedang menderita sariawan, penggunaan obat kumur bisa menyebabkan iritasi pada luka sariawan tersebut dan membatnya semakint nyeri.

    Dikatakan bahwa obat kumur yang merupakan cairan antiseptik, bisa “merontokkan” kotoran dan sisa makanan yang menempel. Selain itu, bau mulut juga bisa menjadi segar kembali dengan obat kumur karena sisa makanan pun biasanya membuat bau mulut. Obat kumur juga berguna untuk permukaan lidah dan gusi, serta mulut bagian belakang.


    4. Scaling

    Jika cara sebelumnya bisa dilakukan sendiri, proses yang satu ini bisa kita tempuh dengan pergi ke dokter gigi. Karang gigi bisa menjadi keras, dan untuk membersihkannya diperlukan alat yang mampu menghilangkan itu karena tidak bisa menggunakan sikat gigi. Jika kita mengikuti jadwal rutin pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali, kita bisa melakukan scaling gigi ini juga, jadi hanya dua kali dalam setahun.

    Scaling sendiri adalah proses yang umum dilakukan untuk membersihkan plak dan karang gigi oleh dokter. Meski begitu, ini tidak terhitung operasi ya. Scaling dilakukan dengan alat pengikis yang dapat menghilangkannya, alat ini juga mengeluarkan asap dingin untuk membersihkan. Nyeri dan darah bisa muncul ketika melakukan proses ini, tapi ketahuilah bahwa ini proses yang aman untuk membersihkan karang gigi kita.


    (Baca Juga: Penyebab Karang Gigi Paling Umum Terjadi)


    Itulah cara membersihkan karang gigi yang bisa kita lakukan. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menghindari penyebab karang gigi, salah satunya merokok. Perhatikan juga untuk menjaga kebersihan gigi dari karang tersebut, terutama setelah scaling gigi. Walaupun banyak godaan, jangan malas untuk melakukan perawatan rutin yang penting demi menjaga gigi yang sehat ya.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below