Kenali 5 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami


  • Kenali 5 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami
    (5 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami. Foto: Dok. Jun/iStock)

    Netflix and chill hingga lupa tidur atau bergadang untuk menyelesaikan pekerjaan, dapat memicu munculnya mata panda. Bukan hanya disebabkan oleh gaya hidup, mata panda juga disebabkan oleh faktor keturunan. Ketika kamu kurang tidur, kulit akan tampak lebih pucat, sehingga pembuluh darah yang lebih gelap di bawah kulit sekitar mata akan menjadi semakin terlihat.




    Tak hanya disebabkan oleh kurang tidur, mata panda juga dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari mampu meningkatkan kandungan melanin kulit, khususnya di tempat yang sensitif seperti di bawah mata. Sehingga, tidak heran kulit di area mata akan tampak lebih gelap daripada area sekitarnya.


    Meskipun dapat disamarkan dengan concealer, bukankah lebih baik untuk menghilangkan mata panda dari akar masalahnya? Inilah beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami, simak ya!

    (Baca juga: Ini 7 Cara Menghilangkan Mata Panda Dalam Semalam)

    1. Tidur Yang Cukup

    Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

    (Tidur 7-9 Jam Untuk Mencegah Mata Panda. Foto: Dok. puhhha/iStock)

    Menjadi penyebab paling umum dari mata panda, tidur sekaligus merupakan solusi menghilangkan mata panda termudah. Oleh karena itu, cara menghilangkan mata panda secara alami dapat dimulai dengan tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-9 jam setiap malam. Jangan biasakan tidur terlalu malam atau bahkan bergadang karena dapat menyebabkan kulit wajah tampak lebih pucat.


    2. Kompres Mata Dengan Air Dingin

    Lingkaran hitam di bawah mata terbentuk akibat pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata melebar. Sehingga, untuk menghilangkan mata panda kamu bisa mengompres mata dengan air dingin supaya pembuluh darah yang semula lebar dapat mengecil kembali.

    Kamu bisa mengompres dengan membungkus es batu menggunakan kain bersih atau merendam kain di dalam air dingin. Kemudian, tempelkan kain yang sudah dingin di kulit sekitar mata panda selama 15-20 menit.


    3. Penuhi Kebutuhan Air Dalam Tubuh

    Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

    (Penuhi Kebutuhan Air Dalam Tubuh. Foto: Dok. fizkes/iStock)

    60% berat tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, tidak heran apabila dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab mata panda. Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami.

    Para ahli menyarankan untuk meminum 13 gelas air per hari untuk pria, dan sekitar 9 gelas per hari untuk wanita. Untuk kamu yang tidak suka minum air putih, kamu tetap bisa mencukupi kebutuhan air harian kamu dengan minum infused water atau sparkling water.

    (Baca juga: Rekomendasi Eye Cream Lokal Untuk Hilangkan Mata Panda)

    4. Gunakan Teh Celup

    Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

    (Gunakan Teh Celup Untuk Hilangkan Mata Panda Secara Alami. Foto: Dok. medicalnewstoday.com)

    Bukan hanya untuk diminum di pagi hari, ternyata teh celup juga merupakan salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami lho. Kafein pada teh celup mengandung antioksidan yang kuat untuk meningkatkan aliran darah ke kulit. Selain itu, antioksidan juga membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperlambat penuaan.

    Teh hijau, salah satu jenis teh yang dipercaya oleh para ahli untuk meredakan pelebaran pembuluh darah di bawah mata. Untuk menggunakan teh celup, kamu perlu menyeduh dua kantong teh selama tiga hingga lima menit. Kemudian, biarkan kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit. Lalu, kompres mata dengan teh yang telah didinginkan selama 15 hingga 30 menit.


    5. Kompres Dengan Timun

    Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

    (Timun Mengandung Antioksidan dan Vitamin C. Foto: Dok. Goodboy Picture Company/iStock)

    Bukan merupakan sebuah mitos, timun memang terbukti dapat menengkan kulit dan menghilangkan pembengkakan di area mata. Timun mengandung air dan vitamin C yang mampu menutrisi dan melembapkan kulit. Efek dingin yang diberikan timun akan membuat kulit tampil lebih cerah dan terasa segar.

    Tak hanya hanya kandungan vitamin C, kandungan asam folat dalam timun mampu merangsang antioksidan, sehingga kulit dapat menghempaskan racun dari lingkungan yang menyebabkan mata tampak lelah atau bengkak.


    Untuk menggunakan timun, kamu cukup memotong dua irisan timun dengan ketebalan sekitar 1 cm. Kemudian, dengan posisi berbaring, letakkan kedua irisan timun pada setiap mata dan biarkan selama 15 menit. Jika sisi timun sudah terasa hangat, kamu bisa membalik timun dan menikmati kembali sensasi dinginnya.

    (Baca juga: 7 Cara Mudah Menghilangkan 'Mata Panda' yang Hitam)

    Nah, itu dia 5 cara menghilangkan mata panda secara alami yang dapat kamu lakukan di rumah. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below