Senam Kegel Sederhana Untuk Merapatkan Miss V, Pasti Ampuh!


  • Senam Kegel Sederhana Untuk Merapatkan Miss V, Pasti Ampuh!
    (Senam Kegel Untuk Merapatkan Miss V. Foto: Dok. fizkes/iStock)

    Seiring bertambahnya usia, ukuran vagina wanita biasanya menjadi sedikit lebih longgar. Sama seperti kulit, vagina juga dapat melonggar secara alami seiring dengan penuaan. Memasuki fase perimenopause, elastisitas vagina biasanya mulai berubah. Hal ini disebabkan oleh jaringan tisu vagina yang menipis, kering, kurang asam, dan elastisitasnya berkurang.




    Tak hanya wanita yang sudah berumur, pelonggaran vagina juga terjadi pada wanita yang baru selesai bersalin. Terlebih lagi, untuk wanita yang lebih dari satu kali melakukan proses persalinan secara normal, biasanya otot vagina akan cenderung lebih lemah.


    Namun tak perlu khawatir, ada cara mudah merapatkan miss v yang bisa kamu lakukan dirumah yaitu, senam kegel. Senam kegel merupakan latihan atau gerakan mengencangkan otot panggul bawah. Sudah umum dilakukan, senam kegel dikembangkan oleh seorang spesialis kandungan asal Amerika Serikat pada 1940-an yaitu Arnold Kegel.


    Kegel mengembangkan senam ini untuk mengatasi gangguan kontrol kandung kemih pada wanita yang baru saja melahirkan. Dan benar saja, senam ini terbukti mampu mengatasi berbagai masalah di daerah panggul dan organ intim.


    (Baca Juga: Cara Alami Mencerahkan Kulit Gelap Di Area Miss V)


    Cara Melakukan Senam Kegel

    Senam Kegel Sederhana Untuk Merapatkan Miss V

    (Perbandingan Otot Dasar Panggul Normal dan Kendur. Foto: Dok. sayukichi/iStock)

    Penasaran bagaimana melakukan senam kegel sederhana untuk merapatkan miss v? Yuk, lihat beberapa cara senam kegel berikut ini.


    1. Temukan otot yang ingin dikencangkan

    Untuk menemukan otot panggul, coba buang air kecil lalu tahan setengah jalan. Rasakan otot-otot di vagina dan kandung kemih untuk dikencangkan. Jika kamu merasakan otot-otot tersebut mengencang, artinya kamu dapat memulai senam kegel ini dengan benar. Pastikan paha, bokong, dan perut tetap rileks.


    2. Pilih posisi yang tepat

    Mulailah dengan berbaring telentang hingga kamu merasakan kontraksi pada otot-otot dasar panggul. Regangkan otot dasar panggul selama tiga hingga lima detik. Kemudian kembali ke posisi normal selama tiga hingga lima detik. Kamu bisa mengulang siklus ini sebanyak 10 kali.


    3. Jaga agar otot-otot lain tetap rileks

    Ketika sedang melakukan senam kegel, jangan mengontraksikan otot perut, kaki, atau bokong, apalagi mengangkat panggul. Letakkan tangan di perut untuk mendeteksi tindakan perut yang tidak diinginkan.


    4. Perpanjang waktu secara bertahap

    Kalau sebelumnya kamu sudah melakukan peregangan selama tiga hingga lima detik, cobalah untuk meningkatkan durasi peregangan secara bertahap. Kamu bisa mencoba melakukan peregangan hingga 10 detik.


    5. Lakukan secara rutin

    Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa melakukan setidaknya 30 hingga 40 senam kegel sehari. Senam kegel lebih baik dilakukan secara bertahap dan tidak langsung sekaligus dalam waktu bersamaan.


    (Baca Juga: Cegah Miss V Kering? Nih, Kata Pakarnya)


    Tips Melakukan Senam Kegel

    Senam Kegel Sederhana Untuk Merapatkan Miss V

    (Tips Melakukan Senam Kegel Di Rumah. Foto: Dok. LaylaBird/iStock)

    Ada beberapa tips melakukan senam kegel yang wajib kamu ketahui. Kamu dapat melakukan senam kegel dalam posisi berbaring, duduk, maupun berdiri. Apabila otot panggul kamu lemah, kamu bisa mulai dalam posisi berbaring terlebih dahulu. Luangkan beberapa menit di pagi hari atau malam hari untuk melakukan senam kegel ini.


    Selain itu, jangan menahan napas saat melakukan senam kegel, melainkan hembuskanlah napas. Kamu juga perlu mengingat untuk tidak mengencangkan otot paha bagian dalam, punggung, bokong, maupun perut. Jika kamu mengencangkan otot-otot tersebut berarti kamu tidak melakukan senam kegel dengan tepat.


    Untuk mengetahui apakah senam kegel sederhana untuk merapatkan miss v telah berhasil atau tidak, kamu bisa melihat beberapa tanda.

    - Kamu tidak terlalu sering pergi ke kamar mandi

    - Pakaian dalam yang lebih kering

    - Tidur nyenyak sepanjang malam


    (Baca Juga: Sudah Terbukti! Ini Tips Cegah Miss V Alami Keputihan)


    Merapatkan miss v bukanlah hal yang instan, kamu perlu setidaknya 3-6 minggu untuk melihat hasil dari senam kegelmu. Jadi jangan berkecil hari apabila senam kegelmu tidak langsung membuahkan hasil. Tetaplah rutin melakukan senam kegel sederhana untuk merapatkan miss v. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below