Ada 6 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita Yang Perlu Kamu Tahu


  • Ada 6 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita Yang Perlu Kamu Tahu
    Manfaat bersepda untuk wanita. (Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Tahukah kamu? Kalau pada tanggal 3 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bersepeda Sedunia. Sejak 2018, peringatan ini jatuh pada hari ketiga bulan Juni untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang mobilitas yang lebih ramah lingkungan. Hal itu yang menjadi alasan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan hari yang istimewa bagi olahraga satu ini.


    Di Indonesia sendiri, tepatnya masyarakat ibukota, olahraga bersepeda menjadi tren. Dengan tujuan untuk membangun gaya hidup lebih sehat saat pandemi. Kini, cukup banyak masyarakat yang menjadikan sepeda, tak hanya teman sehatnya, tapi juga teman untuk bereksplorasi. Bagi kamu, para wanita, bersepeda memiliki peran tersendiri bagi kesehatanmu.




    (Baca Juga: Jumlah Pesepeda Naik, Ini Tips Aman Bersepeda Buat Pemula)


    Mulai dari fisik hingga psikologis, kenali beberapa manfaat bersepeda bagi wanita yang mungkin perlu kamu tahu. Penasaran apa saja?


    1. Menjaga kesehatan jantung


    Kondisi jantung dan sistem peredaran darah bisa dijaga dengan baik melalui bersepeda. Setidaknya kamu memerlukan 150 menit untuk melakukan kegiatan fisik berskala sedang dan latihan otot dua kali dalam satu minggu. Bersepeda bisa jadi salah satu opsi olahraga bagi para wanita yang ingin mulai aktif berolahraga.


    Dengan rutin mengayuh sepeda, kamu membantu tingkatkan kondisi kesehatan dan kebugaran tubuhmu secara menyeluruh. Selain kamu menjaga kesehatan jantung, risiko kanker dan diabetes juga bisa dihindari.


    manfaat bersepeda untuk wanita

    (Bersepeda baik untuk kesehatan. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


    2. Menjaga kesehatan kulit


    Kulit awet muda dan sehat mungkin jadi salah satu impian atau bahkan target bagi para wanita. Selain berbagai produk yang janjikan kesehatan kulit tetap terjaga, olahraga pun bisa menjadi cara sederhana untuk dapatkan kondisi kulit idealmu. Bersepeda, sebagai salah satu olahraga, sudah pasti bisa membantumu.


    Terlepas dari luka atau memar yang mungkin kamu dapatkan ketika bersepeda di berbagai medan, olahraga satu ini justru berperan dalam mengurangi kerutan-kerutan halus dan melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Sebab, latihan fisik seperti bersepeda membantu tubuh untuk produksi kolagen lebih banyak sehingga melancarkan peredaran darah di area kulit dan menjaga elastisitas kulit.


    3. Pelepas stres dan penjaga kesehatan mental


    Manfaat bersepeda untuk wanita ini mungkin bisa jadi jawaban para ibu yang sedang mencari kegiatan sebagai me-time. Saat kamu mengayuhkan kedua pedal sepeda dan mulai berkelana, entah keliling komplek rumah atau medan berbeda, ada ketenangan yang bisa jadi pelepas stresmu.


    Tak hanya seorang ibu, kamu para wanita muda bisa temukan rasa percaya diri dan perlahan memulihkan kondisi mentalmu dengan bersepeda. Mulai dari lebih tenang dalam mengawali hari, lebih positif untuk mulai beraktivitas sekaligus menjadi pelepas stres, sebelum kamu menghadapi tantangan baru di hari itu.


    (Baca Juga: Tetap Sehat, Ini Ide Olahraga Saat Puasa Yang Bisa Dicoba)


    4. Melatih kesabaran


    Ada proses yang “memaksa” kamu untuk menikmatinya, apalagi buat kamu yang belum terlalu bisa bersepeda. Tak jauh berbeda seperti anak kecil yang baru belajar naik sepeda, kamu pun akan melalui proses serupa tapi bisa memaknainya dengan cara berbeda. Mulai dari melatih keseimbangan dan koordinasi antara pikiran serta tubuh hingga melatih kesabaran dalam menjalani prosesnya.


    Entah berlatih di depan rumah, taman atau area khusus berolahraga, kesabaran terhadap diri sendiri pun dilatih sehingga dalam kehidupan sehari-hari pun, kamu bisa punya hubungan yang lebih harmonis dengan diri sendiri melalui kesabaran yang dipupuk selama bersepeda.


    5. Menjaga hubungan dengan orang-orang tersayang


    Entah pasangan atau anak-anak, para wanita bisa menjaga hubungan dengan orang-orang tersayang melalui bersepeda. Hal yang menguntungkan dari olahraga bersepeda, kamu bisa melakukannya sendiri maupun bersama orang lain. Tanpa ada kompetisi, hanya menikmati momen bersama, kamu dan pasangan maupun keluarga bisa menjalin hubungan yang lebih dekat melalui olahraga ini.


    Kamu saling menjaga satu sama lain sehingga tak ada yang terjatuh sekaligus menyemangati satu sama lain untuk terus mengayuh sepeda sampai tujuan akhir. Ada kedekatan yang semakin terbentuk dan terus terjaga melalui olahraga satu ini.


    manfaat bersepeda untuk wanita

    (Bisa dekatkan kamu dengan orang tersayang. Foto: Dok. Elina Sazonova/Pexels)


    6. Bisa mengeksplorasi berbagai hal baru


    Jika kamu rindu berpetualang, mungkin sepedamu bisa jadi awal yang tepat. Tak perlu jauh-jauh keluar kota, bisa dimulai dengan mengeksplorasi tempat-tempat yang tak bisa dikunjungi saat kamu naik kendaraan umum atau mobil. Kamu bisa sampai di tempat tujuan lebih cepat dan tak membuang terlalu banyak waktu (walau masih tergantung pada tempat tinggalmu).


    Mulai dari kafe nyaman di gang sempit hingga restoran dengan lahan parkir hampir tak ada, kamu bisa mengeksplorasinya lebih dalam dengan bersepeda. Kamu lebih sehat sekaligus pengalamanmu lebih kaya melalui ragam cerita yang ditemukan selama bersepeda.


    (Baca Juga: Cara Sehat Paling Simpel, Ini Manfaat Olahraga Jalan Kaki)


    Inilah manfaat bersepeda bagi wanita yang mungkin jadi solusimu untuk mulai hidup sehat. Tertarik untuk mencoba?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below