Cara Sehat Paling Simpel, Ini Manfaat Olahraga Jalan Kaki


  • Cara Sehat Paling Simpel, Ini Manfaat Olahraga Jalan Kaki
    Temukan manfaat olahraga jalan kaki. (Foto: Dok. Daniel Reche/Pexels)

    Kamu ingin hidup lebih sehat dengan berat bada yang lebih ideal, tapi olahraga belum bisa jadi kebiasaan? Jalan kaki, sebenarnya, bisa jadi salah satu cara paling simpel untuk memulai perjalananmu memulai hidup sehat. Dimulai dengan bangun pagi (atau setelah bekerja), ambil waktu kurang lebih 30 menit, berjalan mengelilingi komplek rumah atau berangkat ke jogging track terdekat dan mulai jalan kaki.




    Namun, siapa yang masih suka tergoda naik ojek online untuk mengunjungi mal dengan jarak tempuh 100 meter dari kantor? Kalau kamu salah satunya, tenang karena kamu tak sendiri sehingga olahraga jalan kaki yang sebenarnya mudah dan praktis terasa lebih berat. Mungkin untuk meringankan rasa malasmu dan mulai gerakkan semangatmu, beberapa manfaat olahraga jalan kaki ini perlu kamu simak. Penasaran?


    (Baca Juga: Ingin Kaki Ramping, Ini 4 Cara Mengecilkan Paha dan Betis)


    1. Membakar kalori


    Berat badan ideal jadi targetmu tahun ini, jalan kaki bisa bantu kamu capai target itu. Seberapa banyak kalori yang terbakar selama kamu berjalan kaki mengacu pada beberapa hal. Mulai kecepatanmu saat berjalan, jarak tempuh, jenis medan yang kamu jalani, hingga berat badanmu, keempat hal ini memengaruhi banyak kalori yang terbakar.

    Kalorimu akan terbakar lebih banyak ketika kamu berjalan di tanjakan dibandingkan jalanan komplek yang cenderung lebih datar.


    manfaat olahraga jalan kaki

    (Tak ada yang lebih menyenangkan selain berjalan dengan pasangan dan peliharaan. Foto: Dok. Helena Lopes/Pexels)


    2. Menurunkan level stres


    Mungkin menyediakan waktu di pagi hari atau sore hari untuk fokus pada diri sendiri sudah mulai kamu terapkan sebagai salah satu cara menurunkan level stres. Jalan kaki di pagi atau sore hari (mana saja yang kamu pilih) bisa jadi salah satu cara untuk menurunkan level stres.


    Kesehatan fisik dan mental memiliki hubungan yang erat satu sama lain sehingga aktivitas outdoor seperti jalan kaki bisa menurunkan level hormon kortisol atau dikenal dengan hormon stres yang biasanya jadi faktor seseorang alami depresi.


    3. Meningkatkan imunitas tubuh


    Manfaat olahraga jalan kaki dalam meningkatkan imunitas tubuh jadi salah satu alasan mengapa sebagian besar orang aktif jalan pagi saat masa pandemi. Selain mendapatkan vitamin D yang cukup untuk tubuh melawan virus COVID-19, olahraga jalan kaki sendiri dapat meningkatkan imunitas tubuh.


    Peningkatan imun tubuh ini juga mengurangi risiko penyakit demam maupun flu. Luangkan waktu 30 sampai 45 menit setiap hari untuk rasakan manfaat tubuhmu lebih kuat melawan virus dan bakteri yang berusaha menyerang. Jika kamu tinggal di tempat yang beriklim dingin, treadmill di rumah atau pusat kebugaran terdekat bisa jadi alternatif.


    (Baca Juga: Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Diet Paling Aman)


    4. Mengurangi brain fog


    Mungkin ada masanya ketika kamu sulit mengambil keputusan atau kehilangan konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan, serta merasa lelah secara mental. Kondisi ini biasa dikenal dengan brain fog atau kabut otak. Mental yang lelah ditambah kondisi fisik yang jauh dari kata prima bisa jadi beberapa faktor yang menyebabkan kamu berada dalam kondisi mental ini.


    Jalan kaki lagi-lagi bisa jadi angin yang menghembus semua kabut di dalam otakmu. Dalam kecepatan sedang, menggerakkan kakimu selama satu jam dan kebiasaan ini dilakukan dua kali seminggu bisa mengurangi brain fog dan kembalikan kemampuan untuk memecahkan masalah yang kamu hadapi.


    5. Menguatkan kondisi jantungmu sekaligus menjaga gula darah


    Olahraga jalan kaki memiliki peran terhadap kondisi jantungmu. Setidaknya lima hari, berjalan kaki selama 30 menit, kamu bisa mengurangi 19% risiko penyakit jantung koroner. Semakin lama atau jauh kamu berjalan setiap harinya, risikonya pun semakin berkurang.


    Selain kondisi jantung yang diperkuat, olahraga satu ini membantumu untuk jaga kadar gula darah. Kapanpun kamu bisa luangkan waktu 45 menit untuk berjalan kaki atau berjalan tiga kali sehari dengan durasi 15 menit, kamu sedang menjaga level gula darahmu dalam kondisi normal.


    manfaat olahraga jalan kaki

    (Beruntungnya kamu bisa jalan kaki ditemani pemandangan pantai. Foto: Dok. Ben Mack/Pexels)


    6. Meningkatkan kreativitas


    Kamu salah satu orang yang suka mendapatkan inspirasi ketika duduk di toilet? Mungkin kamu bisa coba mencari inspirasi dengan pemandangan berbeda, jalan kaki mengelilingi kompleks misalnya. Secara bertahap, kamu bisa berjalan sejauh 11 kilometer dan bisa rasakan manfaatnya terhadap kreativitasmu.


    Dengan membiasakan diri berolahraga jalan kaki setiap hari, kamu memberi ruang bagi diri untuk menemukan inspirasi lebih luas dan beragam sekaligus mengasah kreativitasmu. Tak hanya berolahraga, kamu juga bisa aplikasikan olahraga satu ini saat bekerja. Pendiri Apple, Steve Jobs adalah salah satu orang yang menyukai rapat bersama timnya dengan berjalan kaki dan inspirasi pun banyak datang selama rapat dilakukan.


    (Baca Juga: 6 Tahun Tanpa Gula, Ini Rahasia Awet Muda Wulan Guritno)


    Inilah beberapa manfaat olahraga jalan kaki yang mungkin bisa jadi motivasi kamu untuk memulainya.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below