Jangan Malu, Ini 5 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh


  • Jangan Malu, Ini 5 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh
    (Kenali Manfaat Menangis Bagi Kesehatan. Foto: Dok. Chepko/iStock)

    Siapa yang tidak pernah menangis? Terkadang menangis memang menjadi hal yang memalukan bagi sebagian orang. Padahal menangis adalah hal yang sangat wajar. Menangis merupakan respons alami manusia terhadap ragam emosi seperti kesedihan, kegembiraan, dan bahkan kekesalan. Tidak berpaku pada jenis kelamin, fenomena ini dapat terjadi pada wanita maupun pria.




    Pada dasarnya manusia memproduksi tiga jenis air mata yaitu, air mata basal, air mata refleks, dna air mata emosional. Ketiganya memiliki kandungan dan penyebab yang berbeda. Air mata basal berfungsi untuk menghidrasi mata dan mencegah bakteri jahat masuk ke dalam mata, sehingga mata terbebas dari infeksi. Air mata refleks merupakan air mata yang keluar ketika mata perlu membersihkan ketika ada bahan asing masuk ke mata seperti asap dan debu. Sedangkan air mata emosional merupakan air mata yang terbentuk ketika kamu merasakan emosi senang maupun sedih.


    Jadi, sudah penasaran dengan manfaat menangis bagi kesehatan? Yuk simak penjelasan berikut ini.


    (Baca Juga: Kata Ahli, Inilah Alasan Mengapa Kamu Sering Sekali Menangis)


    1. Melindungi Fungsi Mata

    Manfaat Menangis

    (Melindungi Fungsi Mata Dengan Menangis. Foto: Dok. Viktor_Kitaykin/iStock)

    Manfaat menangis bagi kesehatan yang pertama adalah menjaga dan melindungi fungsi mata. Sama seperti bagian tubbuh lainnya, mata juga membutuhkan air agar tetap terhidrasi dan dapat bekerja dengan baik. Menangis merupakan cara tubuh untuk menghidrasi mata. Dengan demikian, mata dapat bekerja dengan lebih tajam dalam melihat sebuah objek.


    Tak hanya menghidrasi, menangis juga mampu melindungi mata dari berbagai benda asing yang membahayakan mata seperti, kotoran atau debu. Apabila kotoran atau debu masuk ke dalam mata, maka mata akan mengalami iritasi dan memicu masalah mata lainnya. Selain itu, air mata juga bahan kimia antibakteri kua yang mampu melawan infeksi yaitu, lisozim.


    2. Membantu Membersihkan Hidung

    Tahukah kamu bahwa saluran air mata dan hidung memiliki saluran yang saling terhubung? Yep, saluran air mata memang terhubung ke bagian dalam hidung manusia. Alhasil, ketika kamu menangis, air mata bukan hanya membersihkan mata dari kotoran namun juga membersihkan saluran hidung dari zat-zat yang dapat menyebabkan iritasi. Ini juga menjadi alasan mengapa ketika kamu menangis, hidung akan berair dan mengeluarkan lendir.


    3. Menghilangkan Stres

    Manfaat Menangis

    (Menangis Membantu Menghilangkan Stres. Foto: Dok. globalmoments/iStock)

    Manfaat menangis bagi kesehatan selanjutnya adalah menghilangkan stres. Ketika kamu menangis akibat stres, air mata yang keluar mengandung sejumlah hormon stres dan bahan kimia lainnya. Para ahli percaya bahwa menangis dapat mengurangi jumlah bahan kimia tertentu dalam tubuh, yang dapat mengurangi stres.


    Dalam sebuah artikel berjudul The Miracle of Tears, sang penulis mengungkapkan bahwa menahan tetesan air mata dapat meningkatkan tingkat stres dan memperparah beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung, dan maag.


    (Baca Juga: Bukan Lemah, Ini Alasan Pria Boleh Sedih)


    4. Memperbaiki Mood

    Manfaat Menangis

    (Menangis Dapat Memperbaiki Mood. Foto: Dok. kumikomini/iStock)

    Apakah kamu pernah merasa lebih lega setelah menangis? Menangis dapat membantu memperbaiki mood kamu. Dua kandungan dalam air mata, oksitosin dan endorfin, dapat membantu memperbaiki mood. Inilah sebabnya ketika kamu selesai menangis, kamu akan merasa lebih baik.


    Tak hanya menghasilkan kedua hormon tersebut, menangis dapat mengaktifkan sistem parasimpatis, memperlambat pernapasan, dan detak jantung, sehingga kamu akan merasa lebih lega. Ketika emosi yang kuat muncul, menangis akan membantu mengembalikan kamu ke keaadaan normal.


    5. Membunuh Kuman

    Manfaat Menangis

    (Kandungan Antibakteri Pada Air Mata. Foto: Dok. mphillips007/iStock)

    Kuman dapat ditemukan dimana saja kursi, meja, toilet umum, dan sebagainya. Tetapi tenang saja, sebab tubuh memiliki agen antibakteri yang dapat bekerja untuk melawan semua kuman yang ada di tubuhmu. Air mata mengandung lisozim, cairan yang mampu membunuh 90-95% bakteri hanya dalam lima sampai 10 menit.


    (Baca Juga: 4 Alasan Wanita Lebih Mudah Menangis Dibandingkan Pria)


    Sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat menangis bagi kesehatan? Jadi jangan malu lagi ya untuk menangis. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below