4 Alasan Wanita Lebih Mudah Menangis Dibandingkan Pria


  • 4 Alasan Wanita Lebih Mudah Menangis Dibandingkan Pria
    Secara biologis dan hormon, wanita lebih mudah menangis dibandingkan pria (Foto:Dok.Victoria/Pixabay)


    Saat mengalami kejadian yang menyedihkan, wanita dan pria akan mengalami perubahan emosi dan sulit dikendalikan. Bahkan tak jarang, hal ini membuat air mata mengalir begitu saja.

    Meskipun begitu, pria cenderung lebih sedikit menangis dibandingkan wanita saat menghadapi masa-masa yang mengharukan. Mengapa demikian? untuk mengetahuinya, berikut alasan wanita lebih mudah menangis dibandingkan pria dirangkum dari berbagai sumber.




    (Baca Juga: Tips Menahan Tangis Pada Hari Pernikahan)


    1. Perasaan yang lebih dominan

    Alasan paling umum yang membuat wanita mudah menangis adalah, wanita memiliki perasaan yang lebih dominan dibangingkan laki-laki. Hal ini pula dibuktikan oleh Vingerhoets seorang psikolog klinis di Tilburg University dan penulis buku Why Only Humans Weep: Unraveling the Mysteries of Tears lewat penelitiannya yang dikutip oleh The Cut.

    Karyanya menunjukkan bahwa wanita menangis 30 hingga 64 kali setahun, sedangkan pria hanya menangis 6 hingga 17 kali per tahun. Hasil ini juga ditinjau karena penyebabnya yang terjadi karena faktor perasaan. Sehingga air mata yang turun terjadi karena pengaruh emosional.


    2. Saluran air mata yang pendek

    Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi wanita mudah mengeluarkan air mata karena kondisi biologisnya yang berbeda dari pria. "Ada beberapa penelitian selama bertahun-tahun yang telah menunjukkan bahwa pria memiliki saluran air mata yang lebih besar di mata mereka, sehingga kecil kemungkinan air mata mengalir ke kelopak mata hingga ke pipi," kata Dr. Geoffrey. 

    Bahkan, di tahun 1960-an seorang dokter dari Universitas Michigan telah melaporkan mengenai perbedaan tengkorak pria dan wanita dengan mengukur panjang dan kedalaman saluran air mata masing-masing. Dari hasil laporannya menemukan bahwa wanita memiliki saluran air mata yang lebih pendek dan lebih dangkal dibandingkan pria.


    (Baca Juga: 5 Perasaan Yang Bisa Muncul Sebelum Hari Pernikahan Tiba)


    3. Hormon yang berbeda

    Selain itu, wanita juga memiliki hormon yang berbeda dari pria. Di mana hormon tertentu bisa mendorongnya untuk menangis lebih mudah dan lebih sering dibandingkan pria.

    Hal ini pula dijelaskan oleh Lauren Bylsma, seorang profesor psikiatri di University of Pittsburgh yang telah belajar tentang menangis dengan Vingerhoets. Ia menjelaskan bahwa perbedaan dalam tingkat prolaktin ini "dapat membantu menjelaskan perbedaan dalam menangis ini, serta perbedaan lain dalam ekspresi emosional dan kerentanan depresi antara pria dan wanita."

    Sementata itu penelitian oleh ahli biokimia William H. Frey yang menganalisis perbedaan antara air mata yang disebabkan oleh iritasi fisik dan emosi. Air mata emosional ditemukan mengandung prolaktin, hormon yang ditemukan 60% lebih tinggi pada wanita dewasa daripada pria dewasa.


    4. Standar sosial

    Masih melansir laman New York Post, alasan terakhir yang bisa menyebabkan wanita lebih mudah menangis adalah standar sosial yang terjadi kalangan masyarakat. Secara alami wanita yang menangis bisa dilihat sebagai hal yang feminin dibandingkan dengan maskulin.

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat tangisan yang berbeda antara jenis kelamin tampaknya lebih besar di negara-negara dengan kebebasan berekspresi yang lebih besar seperti AS atau dibandingkan dengan banyak negara berkembang. Selain itu adalah pendidikan budaya di mana saat pria menangis dipandang sebagai tanda kelemahan. Berbeda dengan wanita yang tidak bermasalah untuk menangis. 

    Dengan demikian, menangis di depan umum bisa menyebabkan laki-laki merasa kehilangan rasa hormat dalam kelompok sebayanya. Hal ini juga yang membuat mereka jarang menangis.


    Itulah sejumlah alasan wanita lebih mudah menangis dibandingkan pria. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below