Rahasia Awet Muda, Kenali Manfaat Collagen Drink Bagi Tubuh


  • Rahasia Awet Muda, Kenali Manfaat Collagen Drink Bagi Tubuh
    (Manfaat Collagen Drink Bagi Tubuh. Foto: Dok. Irina Petrova/iStock)

    Collagen drink sedang marak dikonsumsi akhir-akhir ini, khususnya oleh kaum wanita. Tapi tahukah kamu apa sebenarnya kolagen itu? Kolagen adalah protein alami dalam tubuh yang dapat ditemukan di kulit, tulang, otot, dan ligamen. Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dalam tubuh berkurang. Berbagai cara dilakukan untuk mempertahankan jumlah kolagen seperti, mengonsumsi sumsum tulang sapi, ceker ayam, ataupun collagen drink.




    Kolagen sendiri mengandung asam amino dan peptida kolagen yang mudah diserap oleh usus. Peptida kolagen berfungsi untuk menambah jumlah kolagen dalam tubuh. Sehingga, dengan mengonsumsi collagen drink, berbagai manfaat akan kamu peroleh bagi tubuh. Penasaran apa saja manfaat collagen drink bagi tubuh? Yuk lihat penjelasannya berikut ini.


    (Baca Juga: Cara Meningkatkan Kolagen Alami, Bisa Bikin Awet Muda!)


    1. Mencegah Penuaan dan Menjaga Kesehatan Kulit

    Manfaat Collagen Drink

    (Collagen Drink Rahasia Awet Muda dan Kulit Yang Sehat. Foto: Dok. PeopleImages/iStock)

    Manfaat collagen drink yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Memang benar, collagen drink sering dikaitkan dengan kesehatan kulit. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi collagen drink dapat membantu mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini.


    Tak hanya mencegah penuaan, collagen drink juga mampu melembapkan kulit dan mencegah munculnya kulit keriput. Kandungan asam amino pada collagen drink dapat membantu produksi hyaluronic acid, yaitu kandungan penting dalam tubuh untuk meningkatkan kadar air di kulit.


    2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

    Collagen drink sangat penting untuk kesehatan pembuluh darah. Kadar kolagen yang kurang dalam tubuh dapat menyebabkan pembulu darah menjadi kaku, lemah, dan kaku. Tak heran jika kekurangan kolagen dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.


    Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi collagen drink dapat membuat arteri tidak kaku dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Sehingga, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.


    3. Meredakan Nyeri Sendi

    Manfaat Collagen Drink

    (Atasi Nyeri Sendir Dengan Collagen Drink. Foto: Dok. Rattankun Thongbun/iStock)

    Manfaat collagen drink selanjutnya adalah meredakan nyeri sendi. Bertambahnya umur disertai dengan menurunnya jumlah kolagen alami dalam tubuh, sehingga tubuh akan kehilangan cairan secara signifikan. Kadar cairan yang berkurang memperngaruhi kesehatan sendi dan dapat mengakibatkan nyeri sendi.


    Collagen drink membantu menjaga kesatuan tulang rawan yang berfungsi untuk melindugi sendi. Current Medical Research and Opinion mengungkapkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat memperbaiki gejala kerusakan sendi dan mengurangi nyeri sendi. Kolagen yang menumpuk di tulang rawan dapat merangsang jaringan tubuh untuk membuat kolagen.


    (Baca Juga: Kolagen Untuk Keremajaan Kulit, Perlukah Perhatian Lebih?)


    4. Meningkatkan Massa Otot dan Tulang

    Tak hanya melindungi sendi, collagen drink juga bermanfaat untuk meningkatkan massa otot. Sekitar 1-10% jaringan otot di tubuh kamu terbuat dari kolagen, artinya kolagen berperan penting untuk fungsi dan kekuatan otot. Mengonsumsi collagen drink dapat meningkatkan sintesis protein otot dan merangsang pertumbuhan otot setelah berolahraga.


    Sama halnya dengan tulang. Sebagian besar tulang manusia terdiri dari kolagen. Sehingga, ketika jumlah kolagen berkurang, kepadatan tulang juga berkurang dan dapat meningkatkan risiko patah tulang. Collagen drink berfungsi untuk menghambat kerusakan dan kekeroposan tulang.


    5. Menurunkan Berat Badan

    Manfaat Collagen Drink

    (Collagen Drink Bantu Menurunkan Berat Badan. Foto: Dok. atakan/iStock)

    Memiliki tubuh ideal menjadi dambaan hampir semua wanita. Untuk itu, mengonsumsi collagen drink adalah pilihan tepat untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Collagen drink mengandung protein yang mampu meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein dalam collagen drink juga berfungsi untuk meningkatkan metabolisme. Dengan rasa lapar yang tahan lebih lama, maka program kamu untuk menurunkan berat badan akan lebih mudah.


    6. Meningkatkan Kesehatan Rambut

    Manfaat Collagen Drink

    (Rambut Sehat Bebas Uban. Foto: Dok. supersizer/iStock)

    Kandungan asam amino pada collagen drink juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Rambut terbuat dari protein keratin yang disusun oleh asam amino dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi collagen drink dapat memicu pertumbuhan kolagen dalam tubuh.


    Tak hanya itu, collagen drink juga mengandung antioksidan yang mampu melawan kerusakan sel dan dapat membuat rambut dipenuhi uban. Bertambahnya usia ditandai dengan berkurangnya sel-sel yang menciptakan pigmen melanin. Sehingga, melanin yang memberikan warna pada rambut juga ikut menghilang.


    Radikal bebas dipicu oleh gaya hidup yang buruk, stres dan faktor lingkungan. Apabila kamu tidak memenuhi kebutuhan antioksidan, maka rambut kamu akan lebih cepat beruban. Konsumsi collagen drink akan membantu kamu terlindung dari radikal bebas.


    (Baca Juga: Hal Yang Patut Diketahui Tentang Kolagen Untuk Kulit)


    Tertarik dengan sederet manfaat collagen drink bagi tubuh? Yuk langsung coba dan rasakan manfaatnya!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below