Hair & beauty

Hal Yang Patut Diketahui Tentang Kolagen Untuk Kulit

By : Hafizah Rana Dalilah - 2021-06-26 19:00:00 Hal Yang Patut Diketahui Tentang Kolagen Untuk Kulit

Sejak tahun 1980-an kolagen telah menjadi topik hangat di kalangan pecinta beauty care. Sejumlah brand kecantikan pun menawarkan deretan produknya dengan beragam keunggulan untuk kulit.

Namun sayangnya, molekul di dalamnya masih terlalu besar untuk menembus kulit. Sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama agar mencapai hasil yang maksimal.

Sejak saat itu, kolagen dikemas dengan cara berbeda. Diantaranya adalah menjadi bubuk, pil, minuman hingga makanan ringan yang bisa dikonsumsi secara instan. Lalu, bagaimana manfaat, dan lainnya? berikut Her World rangkum hal yang patut diketahui tentang kolagen untuk kulit.


(Baca Juga: 9 Makanan Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kolagen Kulit)


Apa itu kolagen?

Mengutip laman Herworld Singapura, kolagen adalah protein struktural yang membentuk hampir 80 persen kulit. Perannya juga sangat penting untuk mengencangkan kulit dan membuatnya lebih fresh. 

Namun, sejak menapaki usia 20 tahun dan seiring bertambahnya usia, setiap orang akan mulai kehilangan satu persen kolagen di dalam kulit. Hal ini dikarenakan kulit yang semakin sering terkena paparan sinar matahari, merokok dan polusi.


Cara mendapatkan kolagen?

Saat ini sudah banyak brand kecantikan menawarkan kolagen yang bisa dikonsumsi untuk sehari-hari. Namun ada baiknya untuk mencari kolagen yang bersumber dari laut. 

Alasannya karena jenis ini adalah yang paling cocok untuk kecantikan. Jenis ini juga kaya akan asam amino esensial untuk kulit dan akan meningkatkan hidrasi dan mengurangi kerutan.


Apa mengonsumsi kolagen efektif untuk kulit?

Sebuah penelitian di tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology menerukan bahwa peptida kolagen bisa membuat kulit lebih elatis dan terhidrasi dengan kepadatannya di dalam kulit. 

Hal lain yang ditemukan dalam penelitian ini juga mengonsumsinya secara rutin selama 12 minggu akan mendapatkan kulit yang lebih sehat dan awet muda karena berkurangnya garis halus dan kurutan.


(Baca Juga: Jaga Kesehatan Kulit Dengan Minuman Kolagen “BYT Colla”)


Bisakah hanya mengonsumsi banyak protein untuk memenuhi kebutuhan kolagen?


(Kolagen bisa didapatkan dari sumber protein.Foto:Dok.Kafeel/Pexels)


Salah satu hal yang patut diketahui tentang kolagen untuk kulit, kamu tentu bisa mendapatkan kolagen yang bersumber dari protein. Tapi, cara ini tidak akan mudah untuk dijalani. Karena peptida kolagen memiliki ukuran molekul yang sempurna untuk penyerapan dan kombinasi asam amino yang tepat untuk mendukung sintesis kolagen.


Bagaimana seorang vegetarian mengonsumsi kolagen?

Cobalah collagen boosters dengan nutrisi seperti vitamin C. Ada juga perawatan kulit yang merangsang kolagen seperti peptida dan retinal. Retina berfungsi mencegah pemecahan kolagen, menebalkan kulit dan merangsang produksi kolagen dan elastin.


(Baca Juga: Tingkatkan Kolagen Pada Kulit Dengan Konsumsi 8 Makanan Ini)


Bisakan mendapatkan kolagen dari sumber alami?


(Kolagen dari semangkuk smoothie.Foto:Dok.Taryn/Pexels)


Hal ini biasa disebut sebagai glowing greens. Kamu bisa mendapatkannya dari satu mangkuk smoothie. Cobalah resep berikut ini:


Bahan-bahan:


1 buah pisang

1/2 cangkir buah mangga beku

1 cangkir bayam bayi yang dikemas longgar

2 sdm mentega kacang

1/2 cangkir jus nanas 

1/2 cangkir air

1 sdm chia seed

1 porsi bubuk kolagen (sesuai selera)


Cara membuatnya:


1. Siapkan blender, dan masukkan semua bahan-bahan ke dalamnya. Lalu blend!

2. Amati tekstur sesuai yang kamu inginkan. Jika terlalu kental, tambahkan air ke dalamnya. 

3. Tuang ke mangkuk, lalu taburkan chia seed sesuai selera ke atasnya untuk menambah kelezatan. 


Selamat mencoba dan Itulah deretan hal yang patut diketahui tentang kolagen untuk kulit.

Hair & beauty