Bukan Mitos, Ini 5 Gerakan Yoga Untuk Meninggikan Badan


  • Bukan Mitos, Ini 5 Gerakan Yoga Untuk Meninggikan Badan
    (Wajib Dicoba Gerakan Yoga Untuk Meninggikan Badan. Foto: Dok. Future Artist/iStock)

    Bukan hanya berenang, basket, dan lompat tali, yoga juga merupakan salah satu olahraga yang dapat meninggikan badan. Yoga berfokus pada peregangan untuk meningkatkan felksibiltas tubuh. Dengan demikian, yoga dapat memperbaiki postur tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi lebih tinggi.




    Sering dipandang sebelah mata, teknik pernapasan pada yoga justru merupakan hal paling penting untuk membuat otot lebih rileks sehingga dapat ditarik semakin jauh. Yuk, lihat 5 gerakan yoga untuk meninggikan badan berikut ini!


    1. Bhujangasana

    gerakan yoga untuk meninggikan badan

    (Cobra Pose Bantu Meninggikan Badan. Foto: Dok. fizkes/iStock)

    Bhujangasana atau yang lebih dikenal dengan cobra pose merupakan salah satu gerakan yoga untuk meninggikan badan. Gerakan ini berfokus pada otot perut, punggung atas, dan punggung bawah. Cobra pose cocok untuk kamu yang kerja seharian di depan komputer. Gerakan yoga satu ini dapat membantu mengatasi masalah seperti bahu bungkuk.


    Cara melakukan:

    - Berbaring posisi tengkurap di atas matras. Kemudian beri jarak pada setiap kaki selebar pinggul.

    - Tekan telapak kaki ke lantai dengan kuat.

    - Tarik napas yang dalam lalu letakkan kedua lengan tangan di lantai.

    - Angkat dada dari lantai dengan tangan dan pastikan tulang pubis kamu tetap berada pada matras.

    - Kencangkan pertu dan tarik pundak ke belakang. Kemudian tekuk leher ke belakang.

    - Tahan gerakan ini selama 30 detik.


    (Baca Juga: Coba 7 Gerakan Yoga Untuk Pemula Yang Wajib Dipelajari)


    2. Hasta Padasana

    Gerakan Yoga Untuk Meninggikan Badan

    (Hasta Padasana. Foto: Dok. Jasmina007/iStock)

    Hasta padasana berasal dari bahasa sanskerta yaitu hasta (tangan), pada (kaki), dan asana (postur). Gerakan ini sangat direkomendasikan untuk meninggikan badan, sebab hasta padasana dapat memanjangkan tulang belakang dan meregangkan paha bagian belakang.


    Cara melakukan:

    - Tarik napas yang dalam, putar bahu ke belakang, angkat dada, lalu kencangkan perut.

    - Rentangkan tangan lurus ke atas

    - Hembuskan napas dan panjangkan tangan dan luruskan tangan ke telapak kaki, serta tempelkan kepala ke lutut.

    - Untuk kamu yang lebih fleksibel, kamu bisa menyentuh bagian belakang kaki.

    - Tahan gerakan ini selama 30 detik.


    3. Paschimottanasana

    Gerakan Yoga Untuk Meninggikan Badan

    (Regangkan Tulang Belakang dan Paha Dengan Paschimottanasana. Foto: Dok. Jasmina007/iStock)

    Gerakan yoga untuk meninggikan badan selanjutnya cukup mirip dengan hasta padasana. Paschimottanasana memberikan peregangan pada tulang belakang dan paha, sehingga sangat cocok untuk meninggikan badan.


    Cara melakukan:

    - Duduk di lantai dan luruskan kaki ke depan.

    - Tarik napas yang dalam dan angkat lengan ke atas kepala.

    - Kemudian buang napas sembari membungkukkan tubuh bagian atas ke depan.

    - Regangkan lengan sejauh yang kamu bisa. Untuk kamu yang lebih fleksibel, kamu bisa mencoba menyentuh jari-jari kaki.

    - Lalu tarik napas kembali dan angkat sedikit kepala. Panjangkan tulang belakang. Kemudian tempelkan kepala ke lutut kamu.

    - Tahan gerakan ini selama 30 detik, dan ulangi beberapa kali.


    (Baca Juga: Ketahui 3 Gerakan Yoga Yang Bisa Mengencangkan Payudara)


    4. Adho Mukha Svasana

    Gerakan Yoga Untuk Meninggikan Badan

    (Downward Dog Pose Gerakan Yoga Favorit. Foto: Dok. :fizkes/iStock)

    Adho Mukha Svasana atau yang lebih umum disebut downward dog pose merupakan gerakan yoga yang cukup terkenal. Gerakan ini membantu menurunkan berat badan, menguatkan otot lengan, perut, dan kaki. Tak hanya meregangkan tubuh bagian bawah, downward dog pose juga membantu meregangkan tubuh bagian atas. Sehingga, gerakan ini sempurna untuk kamu yang ingin meninggikan badan.


    Cara melakukan:

    - Letakkan kedua kaki dan tangan di lantai selebar bahu.

    - Kemudian luruskan lutut dan angkat bokong ke langit-langit untuk mendorong pinggul ke atas.

    - Regangkan tubuh seolah-olah kamu mendorong tulang belakang ke arah kaki, namun biarkan tumit tetap menyentuh lantai.

    - Tahan gerakan ini selama 40 detik.


    5. Trikonasana

    Gerakan Yoga Untuk Meninggikan Badan

    (Trikonasana Gerakan Yoga Untuk Meninggikan Badan. Foto: Dok. LumiNola/iStock)

    Gerakan yoga untuk meninggikan badan yang terakhir adalah trikonasana. Trikonasana bermanfaat untuk memanjangkan tulang belakang dan memperkuat paha serta dada. Gerakan ini juga meregangkan pinggul, selangkangan, paha belakang, betis, bahu, dada, dan tulang belakang.


    Cara melakukan:

    - Berdiri dengan kaki terbuka lebar. Kemudian angkat lengan kamu ke samping, sejajar dengan lantai.

    - Putar telapak kaki kiri ke dalam dan kaki kanan keluar hingga 90 derajat. Jangan lupa untuk menjaga agat tumit kanan dan kiri tetap sejajar. Kemudian, kencangkan paha dan putar kaha kanan ke arah luar, sehingga tempurung lutut kanan sejajar dengan pergelangan kaki kanan.

    - Tarik napas dan buang napas, kemudian tekut tubuh ke sisi kanan dan letakkan tangan kanan di atas telapak kaki kanan.

    - Pastikan untuk tidak membungkuk ke depan atau belakang. Regangkan tubuh semampumu. Selanjutnya angkat tangan kiri ke atas, namun pastikan kaki tetap berpijak di lantai dengan kuat.

    - Posisikan kepala agar menghadap ke langit.

    - Tahan gerakan ini selama 30 detik.


    (Baca Juga: Ketahui Manfaat Aerial Yoga, Ala Jennie & Jisoo BLACKPINK)


    Nah, itu dia beberapa gerakan yoga untuk meninggikan badan yang bisa kamu coba. Kamu bisa rutin melakukan beberapa gerakan yoga ini untuk hasil yang lebih maksimal. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below