Pasti Mulus, Ikuti 9 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah


  • Pasti Mulus, Ikuti 9 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah
    Oatmeal sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah. (Foto: Dok. brizmaker/iStock)

    Memiliki wajah yang mulus memang menjadi impian semua pria dan wanita. Bagi yang sudah memiliki wajah mulus, berbagai cara dilakukan untuk mempertahankan kemulusan tersebut. Namun, bagi yang memiliki kulit wajah sensitif, salah satu tantangan yang sering dihadapi adalah bruntusan.


    Terdapat beberapa penyebab bruntusan bisa muncul di wajah, seperti pori-pori kulit wajah yang tersumbat, pengelupasan sel kulit secara berlebihan, jerawat, tidak mencuci muka dengan benar, serta alergi terhadap makanan, minuman, atau make up. Jika kamu mengalami bruntusan, jangan khawatir! Ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan di klinik kecantikan atau ke dokter. 




    (Baca Juga: Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Beruntusan)


    Yuk, mari intip cara alami untuk mengatasi bruntusan agar kulit wajahmu mulus kembali!


    1. Madu

    cara menghilangkan bruntusan di wajah

    (Madu. Foto: Dok. Materio/iStock)


    Tidak hanya jerawat dan kulit kusam, madu juga merupakan bahan alami yang digunakan untuk mengatasi bruntusan pada wajah. Setelah kamu mencuci muka sampai bersih, oleskan madu hingga merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih dan sabun cuci muka. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap saat mandi. 


    2. Teh Hijau

    cara menghilangkan bruntusan di wajah

    (Daun teh hijau. Foto: Dok. georgeclerk/iStock)


    Teh hijau dikenal sebagai pemberantas ampuh jerawat dan bruntusan pada wajah. Kandungan antioksidannya yang tinggi memberikan manfaat baik untuk merawat kesehatan kulit wajah. Teh hijau juga sudah dijadikan bahan dasar berbagai produk kecantikan.


    Selain itu, kandungan flavonoid dan tanin di dalamnya dipercaya dapat melawan peradangan dan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat. Kamu bisa meminum teh hijau secara rutin atau mengoleskan olahan teh hijau pada bagian wajah yang bruntusan secara rutin. 


    3. Tomat

    cara menghilangkan bruntusan di wajah

    (Tomat. Foto: Dok. Kuvona/iStock)


    Tomat memiliki manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Jika kamu memiliki wajah bruntusan, kamu bisa memanfaatkan tomat untuk mengatasinya. Pertama-tama, siapkan tomat dan blender sampai halus. Kemudian, gunakan tomat yang sudah halus sebagai masker. Tunggu sampai mengering dan bilas wajah dengan air bersih. 


    4. Lemon & Putih Telur

    cara menghilangkan bruntusan di wajah

    (Lemon. Foto: Dok. mariusFM77/iStock)


    Apakah kamu tahu bahwa lemon memiliki banyak khasiat baik untuk kecantikan? Jika kamu tidak memiliki kulit wajah yang sensitif, kamu wajib mencoba cara ini. Kamu bisa mencampurkan air lemon dengan putih telur dan oleskan ke wajah secara merata.


    Diamkan selama 20 menit dan tunggu sampai mengering. Setelah itu, bilas wajah sampai bersih dengan sabun cuci muka. Hindari penggunaan lemon untuk wajah jika kulit wajahmu sensitif karena kandungan asamnya yang cukup tinggi. 


    (Baca Juga: Coba Perhatikan! Ini 7 Tanda Kulit Butuh Eksfoliasi)


    5. Tea Tree Oil

    cara menghilangkan bruntusan di wajah

    (Tea tree. Foto: Dok. ronstik/iStock)


    Australasian Journal of Dermatology telah menunjukkan bahwa sedikit tetesan minyak tea tree ampuh untuk mengatasi jerawat dan bruntusan. Tea tree oil memang sudah banyak dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat produk kecantikan dan obat perawatan masalah kulit wajah. Sebelum menggunakan tea tree oil, pastikan dulu kamu tidak alergi dengan mengoleskannya pada tangan sebelum dipakaikan ke wajah. 


    6. Lidah Buaya

    cara menghilangkan bruntusan di wajah

    (Lidah buaya. Foto: Dok. MarsBars/iStock)


    Lidah buaya adalah tanaman sukulen yang sudah lama dijadikan bahan alami produk kecantikan. Tanaman ini juga ampuh menghilangkan bruntusan dalam semalam. Kandungan dari gel bening di dalam daun lidah buaya dapat meningkatkan efektivitas dari obat jerawat dan bruntusan. Selain itu, efek dinginnya akan meredakan gatal, radang, dan kemerahan di kulit. Kamu bisa mengoleskan lidah buaya ke daerah yang bruntusan dan bilas dengan air dingin setelah menunggu 10-15 menit. 


    7. Minyak Cengkeh

    cara menghilangkan bruntusan di wajah

    (Cengkeh. Foto: Dok. Drbouz/iStock)


    Pasti kamu pernah melihat sebotol minyak cengkeh di tempat salon dan spa. Minyak cengkeh memiliki kandungan bernama eugenol yang ampuh untuk mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit saat bruntusan. Campurkan minyak cengkeh dan sedikit air dan oleskan pada daerah yang bruntusan. Bilas wajah secara bersih setelah 10-15 menit. Lakukan cara ini satu kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 


    8. Oatmeal

    cara menghilangkan bruntusan di wajah

    (Oatmeal. Foto: Dok. carlosgaw/iStock)


    Kandungan oatmeal bermanfaat untuk memberikan efek antiinflamasi pada peradangan di wajah yang bruntusan. Jika kulit wajahmu sensitif, cara ini cocok untukmu. Cukup haluskan oatmeal dengan blender, kemudian campur dengan air hangat sampai menyatu. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan pijat perlahan selama 10-15 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. 


    9. Cuka Apel

    cara menghilangkan bruntusan di wajah

    (Cuka apel. Foto: Dok. YelenaYemchuk/iStock)


    Cuka apel cocok bagi kamu yang mengalami bruntusan parah. Kandungan asam asetat pada cuka apel dipercaya ampuh untuk melawan infeksi dan meredakan peradangan pada kulit. Cukup tempelkan kapas yang sudah dibasuh dengan cuka apel pada daerah yang bruntusan dan angkat kapas setelah 10-15 menit. Lakukan selama dua sampai tiga kali sehari secara rutin agar bruntusan cepat hilang.


    (Baca Juga: Bekas Jerawat Hilang, Ini 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah)


    Itu dia cara menghilangkan bruntusan di wajah, selamat mencoba!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below