Coba Perhatikan! Ini 7 Tanda Kulit Butuh Eksfoliasi


  • Coba Perhatikan! Ini 7 Tanda Kulit Butuh Eksfoliasi
    (Tanda kulit butuh eksfoliasi. Foto: Dok.AegeanBlue/iStock)

    Semua wanita pasti ingin mempunyai wajah yang mulus dan bercahaya. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan salah satu perawatan wajah yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran seperti debu, sisa makeup, dan sel-sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. 


    Namun, kebanyakan dari kamu mungkin sudah merasa puas ketika sudah melakukan double cleansing dan mencuci muka. Tapi kamu perlu perhatikan tanda-tanda yang muncul pada kulit wajah yang mengharuskan kamu melakukan eksfoliasi. Berikut ini ada beberapa tanda kulit butuh eksfoliasi. 




    1. Kulit Yang Terlihat Kusam 

    tanda kulit butuh eksfoliasi

    (Wajah yang kusam menjadi tanda kulit butuh eksfoliasi. Foto: Dok.VladimirFLoyd/iStock)

    Salah satu tanda bahwa kulitmu membutuhkan eksfoliasi yakni terlihat kusam. Hal ini terjadi karena kondisi kulit wajah yang tidak bersih dan juga menumpuknya sel kulit mati di permukaan wajah. Selain itu, paparan sinar matahari secara langsung juga bisa membuat tampilan kulit semakin kusam. 

    Jika kamu merasa bahwa kulitmu terlihat kusam padahal sudah rutin dibersihkan, maka kamu perlu eksfoliasi. Eksfoliasi membantu menyingkirkan kulit mati sehingga wajahmu bisa kembali cerah. 


    2. Muncul Bruntusan 

    Selain terlihat kusam, masalah kulit seperti bruntusan adalah tanda kulit wajah sudah butuh eksfoliasi. Sebab, bruntusan biasanya terjadi karena pori-pori wajah yang tersumbat oleh sel kulit mati. Maka dari itu, dengan eksfoliasi yang kamu lakukan dapat membantu membersihkan pori-pori dari sebum dan kulit mati sehingga wajahmu lebih bersih dan produksi minyak berlebih bisa terkontrol. Bagi kamu yang bruntusan, produk gentle dengan kandungan BHA bisa kamu coba agar membersihkan kulit wajah hingga ke dalam pori. 


    (Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Cara Eksfoliasi Sesuai Jenis Kulit)


    3. Pori-pori Terlihat Besar 

    tanda kulit butuh eksfoliasi

    (Pori-pori wajah yang besar juga menjadi tanda bahwa kulit butuh eksfoliasi. Foto: Dok.maemodnit/iStock)

    Jika kamu melihat bahwa pori-pori kulit wajahmu menjadi besar, maka ini merupakan ulah dari produksi minyak atau sebum yang tidak terkontrol. Pori-pori yang besar tersebut juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan juga memicu jerawat.

    Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu melakukan eksfoliasi untuk mengatasi masalah pori-pori besar. Dengan melakukan eksfoliasi, maka wajahmu akan bersih dari minyak dan kotoran hingga ke dalam kulit. Pori-pori yang bersih dan samar juga bisa menghindari kulit wajah agar tidak berminyak dan berjerawat.


    4. Muncul Garis Halus 

    Garis halus tidak hanya terjadi pada usia 40 tahun ke atas, jika kamu rutin memakai makeup padahal sel-sel kulitmu kering dan mati, riasan wajah tersebut tidak akan menyatu dengan permukaan kulit. Pemakaian makeup di atas kulit akan menimbulkan lapisan, dan garis-garis halus pun mulai terlihat.

    Maka dari itu, kamu bisa mengatasi hal ini dengan melakukan eksfoliasi agar garis-garis halus pada wajah akan menjadi tersamarkan dan tidak mudah muncul. Sehingga wajahmu juga bisa tampak lebih awet muda. 


    (Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Untuk Kulit Sensitif)


    5. Skincare Sulit Menyerap 

    Pemakaian skincare akan lebih maksimal jika langsung terserap ke dalam kulit sehingga bisa segera memberikan nutrisi bagi kulit. Namun jika skincare tersebut sulit menyerap ke dalam kulit, maka hal tersebut bisa disebabkan karena terhalang kotoran atau sel kulit mati yang menyumbat di kulit.

    Maka dari itu, segera lakukan eksfoliasi agar pori-pori kulit wajahmu lebih bersih, cerah dan kulit terasa halus. Pori-pori Skincare akan mudah menyerap pada kulit yang bersih sehingga manfaatnya bisa kamu dapatkan secara maksimal. 


    6. Warna Kulit Wajah Tidak Merata 

    tanda kulit butuh eksfoliasi

    (Menumpuknya sel kulit mati menjadi penyebab warna kulit jadi tidak merata. Foto: Dok.Ildar Abulkhanov/iStock)

    Ketika wajahmu memiliki warna kulit yang tidak merata dan terlihat kusam, tentu kondisi ini merupakan tanda kulitmu membutuhkan eksfoliasi. Dengan eksfoliasi, maka seluruh sel kulit mati bisa terangkat maksimal dan juga kulit wajahmu tampak lebih cerah. Tidak hanya itu saja, ekfoliasi ini juga merupakan langkah perawatan kulit untuk membantu proses regenerasi kulit wajah. Jika kamu melakukannya secara rutin, maka kulit wajah jadi tampak sehat dan bercahaya. 


    7. Area Di Sekitar Cuping Hidung dan Ujung Mulut Mulai Menghitam dan Bertekstur

    Mungkin jika kamu lihat sekilas, kondisi kulit wajahmu tidak terlihat kusam atau menggelap. Namun kalau diamati secara cermat, area lekukan cuping hidung dan kedua sudut bibirmu nampak menghitam, kasar dan flacky. Bahkan sering terlihat cakey atau sudah nempel saat mengaplikasikan foundation.

    Ini tandanya, wajah kamu sudah butuh eksfoliasi. Untuk itu, kamu perlu mengeksfoliasi kulit wajahmu, khususnya kedua bagian tersebut. Kamu bisa menggunakan exfoliating toner atau face scrub. Kamu bisa juga menggunakan clay mask yang memiliki fungsi eksfoliasi. 


    Itulah beberapa tanda kulit butuh eksfoliasi. Gunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan kondisi kulit wajahmu agar tidak menimbulkan masalah yang baru dan lakukan minimal seminggu sekali. Semoga bermanfaat, ya!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below