6 Manfaat Baik Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat nan Indah


  • 6 Manfaat Baik Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat nan Indah
    6 Manfaat Baik Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat nan Indah (Foto: Dok. Freepik)

    Minyak zaitun memiliki segudang manfaat. Selain dapat digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga bisa membantu memelihara kesehatan rambut. Kaya akan kandungan vitamin dan mineral, minyak dari ekstrak buah zaitun ini bersifat melembapkan.

    Jika kamu menggunakannya dengan rutin dan sesuai aturan, minyak zaitun mampu mengurangi risiko rambut mengembang karena khasiatnya membantu kurangi air yang diserap oleh kulit kepala. Dapat digunakan jenis rambut apapun, minyak zaitun sangat direkomendasikan untuk kamu pemilik rambut kering. Agar kulit kepala tidak cepat mengalami kerusakan karena terkelupas, alangkah baiknya kamu memilih produk perawatan rambut yang berbahan dasar minyak zaitun.




    (Baca Juga : Ketahui 6 Manfaat dan Cara Menggunakan Minyak Zaitun)


    Di samping mampu jaga kelembapan kulit kepala, ada beberapa manfaat baik dari minyak zaitun untuk rambut sehat nan indah yang bisa kamu aplikasikan. Let’s take a look!


    1. Bantu mengurangi ketombe


    Ketombe yang hinggap di kulit kepala bisa bikin risih karena menimbulkan rasa gatal. Meski bukan obat yang dapat menghilangkan ketombe dalam semalam, setidaknya dengan menggunakan minyak zaitun di area kepala bisa membantu mengurangi munculnya serpihan-serpihan putih tersebut.

     Agar terbebas dari ketombe, kamu cukup menuangkan 5-10 tetes minyak zaitun ke atas telapak tangan lalu pijat kepala secara perlahan sampai minyak terasa sudah meresap. Diamkan selama satu malam, jangan lupa pakai shower cap biar tidak menodai sarung bantalmu. Keesokan paginya, bilas dengan bersih menggunakan sampo anti ketombe yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Lakukan ritual perawatan ini secara rutin sampai kamu merasa ketombe di kepalamu sudah berkurang.


    2. Mencegah kerontokan rambut


    Rambut tipis akibat rontok bisa bikin seseorang tidak percaya diri. Mengalami kebotakan diusia dini bisa kamu cegah dengan memanfaatkan minyak zaitun. Terdapat kandungan mineral dan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun dapat membantu menghambat produksi hormon dihidrotestosteron (DHT) yang menjadi salah satu penyebab rusaknya folikel rambut, sehingga mengakibatkan rambut jadi lemah dan mudah rontok. Selain itu, kandungan vitamin E yang bersifat mengunci keratin di dalam rambut, menjadikannya lebih kuat dan berkilau.


    manfaat minyak zaitun untuk rambut

    (Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut. Foto: Dok. Element5 Digital/Unsplash)


    3. Memperbaiki rambut bercabang


    Tanda jika rambutmu sudah tidak sehat adalah ketika mulai bercabang. Salah satu aktivitas yang dapat membuat rambut jadi kasar dan bercabang adalah seringnya melakukan proses mewarnai rambut. Mengandung antioksidan yang tinggi, kamu bisa perbaiki rambut bercabangmu dengan rutin mengoleskan minyak zaitun di area kepala. Nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun juga dapat memberikan volume pada batang rambut sehingga ampuh terhindari dari masalah rambut bercabang dan mudah rusak.


    (Baca Juga : Mengulik Manfaat Minyak Zaitun Untuk Perawatan Kulit)


    4. Mengatasi rambut yang sulit diatur


    Ketika ingin memaksimalkan penampilan, beragam pilihan gaya rambut bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Agar membuat rambut jadi lebih mudah diatur, kamu bisa melakukan perawatan untuk mahkotamu dengan rangkaian produk berbahan dasar minyak zaitun. Sebab, kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun dapat menyehatkan rambut sehingga membuatnya terasa lembut, halus, dan bebas kusut. Dijamin, kamu tidak lagi kesulitan untuk mencoba berbagai macam styling karena rambutmu sudah lebih mudah diatur. 


    manfaat minyak zaitun untuk rambut

    (Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut. Foto: Dok. Roberta Sorge/Unsplash)


    5. Memberi kilau alami 


    Mempunyai rambut sehat dan berkilau merupakan dambaan setiap wanita. Untuk mendapat kilau rambut yang alami, kamu bisa melakukan perawatan dengan mencampurkan minyak zaitun dalam sampo atau kondisioner sebagai pelembap ekstra. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan warna asli rambut serta membantu berikan nutrisi pada rambut kusam. Dengan adanya kandungan baik seperti asam oleat, asam palmitat, squalen, vitamin A, dan antioksidan, rambutmu akan semakin sehat karena minyak alami satu ini dapat menghaluskan kutikula dan mendorong pertumbuhan rambut baru

    6. Mengatasi kutu rambut


    Selain ketombe jadi penyebab kulit kepala menjadi gatal, kehadiran kutu rambut pun akan terasa menganggu karena menimbulkan sensasi gatal yang luar biasa. Konon efektif dalam membasmi penyebaran kutu, minyak zaitun yang kental dapat membuat parasit kecil tersebut kehabisan udara dan mati. Sebab, kekentalan dalam minyak zaitun memberikan efek menyakitkan pada kutu rambut.

    Untuk langkah penggunaan minyak zaitun guna menyelesaikan masalah rambut yang satu ini, pertama-tama kamu oleskan minyak zaitun secara merata ke seluruh area kepala dan diamkan selama 7 sampai 9 jam. Setelah itu, sisir rambutmu dengansisir khusus agar mudah menggugurkan kutu-kutu yang sudah mati. Jika terasa semua kutu sudah tidak ada lagi, cuci bersih rambutmu dengan air mengalir.


    (Baca Juga : Ketahui 5 Jenis Oil yang Memiliki Manfaat Untuk Rambut)


    Mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, minyak zaitun memang wajib kamu miliki di rumah. Walau hanya sekadar terapi pendukung, tapi kandungan dari minyak zaitun terbukti bermanfaat untuk merawat rambut agar selalu terlihat bersinar, kuat, dan tetap sehat.




    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below