Kanker Atau Tumor Payudara? Ini Gejala & Pengobatannya


  • Kanker Atau Tumor Payudara? Ini Gejala & Pengobatannya
    (Kenali Gejala dan Cara Pengobatan Tumor Payudara. Foto: Dok. Vasyl Dolmatov/iStock)

    Sering disangka sebagai kanker, ternyata tumor payudara berbeda dengan kanker payudara. Kanker payudara terjadi akibat sel-sel pada jaringan payudara yang tumbuh dengan tidak terkontrol serta menyerang jaringan payudara yang sehat dan jaringan sekitarnya.

    (Baca juga: Kejutkan Penonton Live, Marshanda Idap Tumor Payudara)



    Perlu diketahui bahwa tidak semua tumor payudara dapat bertumbuh menjadi kanker. Tumor payudara non-kanker merupakan pertumbuhan abnormal, namun tidak menyebar hingga ke luar payudara. Meskipun demikian, setiap benjolan atau perubahan pada payudara perlu diperiksa oleh dokter untuk mengetahui apakah tumor itu jinak atau ganas.


    (Baca Juga: Mencegah Penyakit Kanker, Konsumsi 5 Makanan Mengandung Zinc)


    Gejala Tumor Payudara

    Tumor Payudara

    (Beberapa Gejala Tumor Payudara Yang Perlu Diwaspadai. Foto: Dok. Mohammed Haneefa Nizamudeen/iStock)

    Kenali beberapa gejala tumor payudara berikut ini:


    1. Memiliki Batasan Yang Jelas

    Untuk membedakan tumor payudara dan kanker payudara adalah dengan meraba apakah benjolan pada payudara memiliki batasan yang jelas atau tidak. Jika memiliki batasan yang jelas maka benjolan tersebut adalah tumor. Sedangkan apabilan bentuk benjolan terasa tidak jelas, maka kondisi ini dikategorikan sebagai tumor ganas yang dapat berkembang menjadi kanker.


    2. Terasa Kenyal dan Lunak

    Gejala tumor payudara selanjutnya dapat ditandai dengan munculnya benjolan yang lunak. Sementara, kanker payudara ditandai dengan benjolan yang cenderung keras dan padat.


    3. Mudah Digerakkan

    Apabila benjolan pada payudara mudah digerakkan, maka benjolan tersebut adalah tumor payudara. Namun, apabila benjolan menyatu dengan jaringan sekitar dan tidak bisa digerakkan, harus waspada karena bisa jadi itu adalah kanker payudara.


    Cara Pengobatan Tumor Payudara

    Tumor Payudara

    (Dua Cara Pengobatan Tumor Payudara. Foto: Dok. praetorianphoto/iStock)

    Meskipun dapat mengecil dan menghilang dengan sendirinya, ada beberapa cara pengobatan tumor payudara, khususnya apabila keberadaan tumor sudah mulai mengganggu. Beberapa cara pengobatan antara lain:


    1. Bedah Lumpektomi

    Apabila benjolan pada payudara mengganggu, dapat dilakukan bedah lumpektomi untuk mengangkat tumor dengan ukuran tidak terlalu besar. Prosedur ini juga akan mengangkat sebagian kecil jaringan sehat di sekitar tumor.


    2. Bedah Krioterapi

    Berbeda dengan lumpektomi, bedah krioterapi merupakan prosedur penetrasi jarum khusus ke area tumor payudara. Gas cair akan disemprotkan melalui jarum untuk membekukan dan kemudia menghancurkan jaringan tumor. Penderita tumor payudara tentu tetap peru melakukan kontrol rutin untuk memastikan tidak ada muncul tumor baru.


    (Baca Juga: Lindungi Bayimu, Kenali Gejala & Pencegahan Flu Singapura)


    Ini dia beberapa gejala dan cara pengobatan tumor payudara yang perlu kamu ketahui, agar lebih waspada dengan kondisi tubuh kamu. Jangan lupa untuk segera konsultasi dengan dokter apabila ada gejala yang mulai mengganggu. Selalu jaga kesehatan ya!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below