Mencegah Penyakit Kanker, Konsumsi 5 Makanan Mengandung Zinc


  • Mencegah Penyakit Kanker, Konsumsi 5 Makanan Mengandung Zinc
    Apa saja makanan yang mengandung zinc? (Foto: Dok. Senivpetro/Freepik)

    Seng atau zinc adalah salah satu mineral yang penting untuk kesehatan. Menurut jurnal yang diterbitkan National Library of Medicine, seng diperlukan oleh tubuh agar lebih dari 300 enzim dapat berfungsi dengan baik dan terlibat dalam banyak proses penting di dalam tubuh, seperti menjaga sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh.


    Perlu diketahui, tubuh tidak dapat menyimpan seng, sehingga kamu perlu memenuhi kebutuhan zinc di dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zinc. Para pria dianjurkan untuk makan 11 mg seng per hari, sedangkan wanita membutuhkan 8 mg per hari. Bagi ibu hamil, dibutuhkan 11 mg per hari, dan ibu menyusui membutuhkan 12 mg per hari. Lantas, apa saja makanan yang mengandung zinc? Berikut ini adalah 5 makanan terbaik yang mengandung seng tinggi.




    1. Daging


    Dikutip dari Healthline, daging merupakan salah satu makanan yang mengandung seng tinggi. Faktanya, dalam 100 gram porsi daging sapi mentah mengandung setidaknya 4,8 mg seng. Jumlah daging ini juga menyediakan 176 kalori, 20 gram protein dan 10 gram lemak. Selain itu, daging juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti zat besi, vitamin B, dan kreatin.


    Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsi daging dalam jumlah yang banyak. Ini karena menurut jurnal yang berjudul Potential Health Hazards of Eating Red Meat menunjukan bahwa, makan daging merah dalam jumlah besar, terutama daging olahan, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan beberapa kanker. Oleh karena itu, tetap jaga asupan daging agar manfaatnya tetap bisa dirasakan oleh tubuh. 


    2. Kacang-Kacangan


    Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang pinus, kacang tanah, kacang mede, dan kacang almond dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan seng harian kamu. Kacang juga mengandung nutrisi sehat lainnya, termasuk lemak dan serat sehat, serta sejumlah vitamin dan mineral lainnya.


    Jika kamu mencari kacang yang mengandung banyak seng, kacang mede adalah pilihan yang baik, karena dalam 28 gram kacang mede diketahui dapat memenuhi sekitar 15% dari kebutuhan zinc harian.


    Berdasarkan jurnal yang diterbitkan National Library of Medicine, kacang juga merupakan camilan sehat yang dapat mengurangi risiko beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. 


    3. Telur


    Makanan yang mengandung zinc berikutnya yaitu telur. Telur mengandung seng dalam jumlah yang sedang, namun tetap dapat membantu dan memenuhi kebutuhan seng harian. Dalam 1 telur berukuran besar diketahui dapat memenuhi sekitar 5% dari kebutuhan zinc harian. Tak hanya seng, dalam satu telur berukuran besar juga mengandung 77 kalori, 6 gram protein, 5 gram lemak sehat dan sejumlah vitamin dan mineral lainnya, termasuk vitamin B dan selenium. Bahkan, telur utuh juga mengandung kolin tinggi, yaitu nutrisi yang juga dibutuhkan oleh tubuh. 


    4. Cokelat Hitam


    Dikutip dari Healthline, cokelat hitam mengandung seng dalam jumlah yang wajar. Faktanya, 100 gram cokelat hitam mengandung sekitar 3,3 mg seng. Namun, dalam 100 gram cokelat hitam juga mengandung setidaknya 600 kalori. Jadi, meskipun menyediakan nutrisi yang sehat, cokelat hitam juga termasuk makanan yang berkalori tinggi. Maka dari itu, meskipun kamu mendapatkan nutrisi dari sebatang cokelat, bukan berarti kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai sumber utama seng ya!


    5. Sayuran Tertentu


    Beberapa sayuran mengandung zinc dalam jumlah yang cukup baik, sehingga dapat berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan zinc harian. Kentang, kacang hijau dan kangkung merupakan pilihan sayuran mengandung zinc terbaik. Ini karena dalam 1 kentang berukuran besar mengandung sekitar 1 mg atau dapat memenuhi 9% dari kebutuhan zinc harian. Sementara, dalam 100 gram kacang hijau dan kangkung dapat memenuhi sekitar 3% dari kebutuhan zinc harian. Meskipun tidak mengandung banyak seng, mengonsumsi sayuran telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below