Murah Dan Praktis, Cara Pakai Masker Rambut Sendiri Di Rumah


  • Murah Dan Praktis, Cara Pakai Masker Rambut Sendiri Di Rumah
    Murah dan Praktis, Cara Pakai Masker Sendiri di Rumah. (Foto: Dok. Drobotdean/Freepik)

    Tidak hanya merawat kulit wajah dan tubuh saja, kamu juga perlu melakukan perawatan rambut agar tetap terlihat sehat, lebat dan berkilau. Terlebih lagi, rambut adalah mahkota seorang wanita yang dapat mendukung penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri seseorang.




    (Baca Juga: Coba Perawatan Rambut Ini Agar Tidak Rontok Dan Kusam)


    Namun, pastinya kamu sering mengikuti tren rambut seperti pewarnaan, pelurusan dan pengeritingan rambut sehingga menjadi kering, rusak dan bercabang. Oleh karena itu, kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan rambut ke salon agar mendapatkan hasil yang bagus.


    Nah, apakah kamu tahu kalau mencuci rambut dengan shampoo dan conditioner saja tidak cukup membuat rambut jadi sehat? Kamu juga perlu menggunakan masker rambut atau sering disebut hair mask agar ternutrisi dan memperbaiki kerusakan rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Tetapi jangan digunakan secara berlebihan karena akan membuat rambut menjadi rapuh.


    Jangan khawatir, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ke salon karena kamu bisa melakukan masker rambut sendiri di rumah. Yuk, simak uraian berikut!


    1. Produk Masker Rambut Sesuai Kondisi Rambut

    cara pakai masker rambut

    (Memilih produk masker rambut yang tepat. Foto: Dok. Lookstudio/Freepik)


    Tentunya dalam pemilihan masker rambut, kamu harus menyesuaikan dengan jenis rambut dan manfaat yang diinginkan agar bekerja secara optimal. Jika melakukan masker rambut di rumah, kamu harus mengetahui keadaan dan jenis rambut sehingga nutrisi yang ada dapat mengatasi masalah rambutmu.

    Hal yang harus diingat adalah ketika membeli produk masker rambut, kamu mesti mencari informasi produk apa yang tepat dan bagus di internet atau penata rambut profesional. Sebab, dengan mendapatkan informasi akan produk yang bagus ini dapat membantumu mendapatkan rambut yang sehat sesuai keinginan.

    Setelah itu, baca petunjuk penggunaan dan pastikan kamu mengikuti setiap langkah-langkahnya agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan masker rambut. Kalau perlu pastikan bahwa kandungan bahan tersebut tidak membuat kulit kepalamu alergi. Karena ada beberapa orang yang sensitif dengan kandungan bahan yang ada dalam masker rambut.


    2. Bilas dengan Air Dingin dan Keringkan

    cara pakai masker rambut

    (Bilas rambut hingga bersih. Foto: Dok. Gpointstudio/Freepik)


    Hal pertama yang dilakukan sebelum mengaplikasikan masker rambut adalah mencuci rambut dengan bersih lalu bilas dengan air dingin dan keringkan.

    Pastikan mengeringkan rambut tidak menggunakan hair dryer dan kondisi rambut setengah basah serta lembab.


    (Baca Juga: Cara Pakai Masker Rambut)


    3. Mengaplikasikan Masker Rambut

    cara pakai masker rambut

    (Mengaplikasikan masker rambut secara merata. Foto: Dok. Valuavitaly/Freepik)


    Kamu bisa menggunakan tangan atau kuas khusus untuk mengaplikasikan masker rambut. Namun, terlebih dahulu kamu bisa membagi rambut menjadi beberapa bagian.

    Setelah dibagi, gunakan jepit atau ikat rambut untuk mempermudah saat mengaplikasikan masker rambut. Dimulai dari, oleskan akar rambut dan kulit kepala lalu berikan pijatan ringan agar akar rambut lebih sehat.

    Kemudian, kamu bisa menggulung rambut ke atas atau menyisir rapi tetapi jangan menggunakan sisir yang bergigi rapat. Hal itu akan membuat rambut rusak dan rontok.


    4. Diamkan selama 10-20 Menit dan Bilas

    cara pakai masker rambut

    (Diamkan beberapa menit hingga menyerap. Foto: Dok. Valuavitaly/Freepik)


    Setelah proses pengaplikasian masker rambut merata, diamkan selama 10-20 menit agar terserap dengan baik. Hal ini wajib dilakukan, dan jangan langsung membilasnya setelah pengaplikasian karena itu hanya akan percuma saja.

    Lalu, kamu bilas rambut hingga bersih dengan air dingin. Kamu juga bisa menggunakan handuk atau shower cap untuk memaksimalkan penyerapan masker tersebut.


    (Baca Juga: 12 Cara Menggunakan Hair Mask Yang Benar Agar Rambut Sehat)


    5. Gunakan Kondisioner

    cara pakai masker rambut

    (Gunakan kondisioner. Foto: Dok. Gpointstudio/Freepik)

    Tahap terakhir adalah gunakan kondisioner yang mana hal ini sangat penting untuk menjaga kelembaban pada rambut. Namun, pastikan dulu bahwa kondisioner yang kamu pakai benar-benar sesuai dengan kondisi rambutmu. Setelahnya, bilas dengan bersih lalu keringkan dan kamu bisa menata rambut sesuai keinginan kamu.

    Lakukan masker rambut sendiri di rumah secara rutin, kamu bisa mencobanya kurang lebih seminggu sekali agar rambut indahmu tetap terjaga dan sehat. Hindari penggunaan yang berlebihan dan ikuti instruksi yang tercantum di kemasan produk.


    Murah dan praktis bukan? Itu dia cara pakai masker rambut sendiri di rumah tanpa harus datang ke salon. Yuk, mulai sekarang kamu harus selalu menjaga dan merawat rambut dengan baik. Semoga membantu.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below