Ini 6 Manfaat Baik Masker Lemon Untuk Wajah, Bikin Glowing!


  • Ini 6 Manfaat Baik Masker Lemon Untuk Wajah, Bikin Glowing!
    Masker lemon bermanfaat untuk mengurangi flek hitam dan mencegah penuaan dini. (Foto: Dok. KoolShooters/Pexels)

    Lemon jadi salah satu dari sekian buah yang mengandung asam sitrat dan kaya akan vitamin C. Selama berabad-abad, lemon telah digunakan untuk membantu pengobatan tradisional dari dalam maupun luar. Karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan umat manusia, maka tidak heran jika lemon juga sering dimanfaatkan sebagai obat alami, yang diolah menjadi minuman sederhana guna dikonsumsi pada pagi hari setelah bangun tidur.

    Efektif dalam membantu menurunkan berat badan, buah lemon pun kerap jadi campuran bahan dasar masker wajah, lho. Biasanya, perasan sari lemon yang disatukan dengan madu atau putih telur untuk dijadikan masker wajah dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan melawan radikal bebas akibat jahatnya paparan sinar matahari.




    (Baca Juga : Menurut Penelitian, Ini Manfaat Lemon Untuk Kesehatan)


    Selain madu dan putih telur, masker wajah dari sari buah lemon dan bubuk kunyit juga populer untuk membuat kulit wajah semakin bercahaya. Dapat mengurangi peradangan pada kulit berjerawat sampai memudarkan flek hitam, simak manfaat masker lemon bagi wajah yang telah HerWorld Indonesia rangkum di bawah ini.


    1. Meningkatkan produksi kolagen


    Manfaat masker lemon untuk wajah

    (Rutin memakai masker lemon dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit wajah. Foto: Dok. EKATERINA BOLOVTSOVA/Pexels)

    Penggunaan masker lemon yang tinggi akan kandungan vitamin C dapat bermanfaat dengan baik dalam merangsang peningkatan produksi kolagen pada kulit. Hal tersebut dikarenakan vitamin C yang langsung menyentuh dan diserap kulit wajah hingga lapisan terdalam. Jika perawatan dari luar memakai masker lemon, maka untuk perawatan dari dalam kamu bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Rutinlah untuk mengonsumsi buah dan sayur seperti jeruk, paprika merah, kangkung, brokoli, dan stroberi, serta jangan lupa minum perasan sari lemon hangat di pagi hari.


    2. Mengurangi flek hitam


    Manfaat menggunakan masker lemon selanjutnya adalah mengurangi hiperpigmentasi di kulit. Pada dasarnya, vitamin C adalah antioksidan yang bersifat anti inflamasi dan penuaan yang sangat baik untuk memudarkan bintik hitam. Rutin menggunakan masker lemon pun akan berdampak pada kesehatan kulit wajah yang terasa lebih lembap dari sebelumnya karena kandungan zat dari campuran bahan alami lainnya.


    3. Memperbaiki kulit yang sering terpapar sinar matahari


    Akibat dari seringnya terpapar sinar matahari, maka kadar vitamin C dalam kulit akan menurun dan membuat wajah terlihat kusam serta dapat menimbulkan bintik-bintik hitam. Kurangnya vitamin C ini bisa diperbaiki dengan mengonsumsi suplemen dan juga masker wajah. Untuk merawat kulit yang sering terpapar sinar matahari, kamu bisa mencampurkan perasan sari buah lemon dan gel lidah buaya jadi satu. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air dingin untuk menetralkan kemerahan akibat sunburn.


    (Baca Juga : Manfaat Masker Lemon Untuk Wajah Dan Cara Membuatnya)


    4. Mengurangi produksi minyak di wajah


    Manfaat masker lemon untuk wajah
    (Mengurangi produksi minyak berlebih dapat dilakukan dengan rutin memakai masker lemon. Foto: Dok. Gabb Tapique/Pexels)


    Meningkatnya produksi minyak di wajah dapat menimbulkan jerawat. Genetika, perubahan hormon, atau bahkan stres terkadang menjadi pemicu meningkatkannya produksi sebum. Salah satu dari sekian manfaat baik dari rutin memakai masker lemon adalah dapat menurunkan kadar minyak berlebih di wajah. Biasanya, individu pemilik kulit berminyak dapat memanfaatkan masker campuran satu sendok perasan air lemon dan putih telur. Setelah kamu aplikasikan masker lemon di wajah, diamkan selama 10 menit lalu bilas perlahan menggunakan air hangat. Alangkah baiknya, sesudah kamu membilas dengan air hangat, tutup kembali pori-porimu menggunakan es batu yang dioleskan secara langsung di atas kulit wajahmu, ya.


    5. Mengurangi timbulnya jerawat


    Masker lemon yang sering kamu gunakan memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Manfaat dari rutin menggunakan masker lemon pun dapat membantu basmi bakteri agar jerawat meradang jarang muncul. Selain membantu mengurangi timbulnya jerawat, masker lemon juga ampuh menghilangkan komedo hitam. Tidak perlu repot, kamu tinggal menambahkan beberapa tetes madu ke dalam perasan buah lemon, lalu aplikasikan ke area wajah. Biarkan larutan selama 5 sampai 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.


    6. Mencegah kanker kulit


    Rutin mengaplikasikan masker lemon 2 kali dalam seminggu, dapat mencegah terjadinya kanker kulit. Hal ini disebabkan senyawa limonene yang terdapat dalam perasan sari lemon bersifat anti kanker. Agar perawatan lebih maksimal, selain dijadikan masker, kulit luar buah lemon dapat dicampur dengan teh hitam yang diseduh menggunakan air panas untuk dikonsumsi setiap malam sebelum tidur.


    (Baca Juga : Manfaat Masker Lemon Untuk Wajah Dan Cara Membuatnya)


    Selain keunggulannya masker lemon untuk wajah, tetapi kamu juga harus memperhatikan efek samping dari penggunaannya, yaitu dapat menyebabkan iritasi kulit. Sebab buah lemon mempunyai kandungan asam yang tinggi, maka harus lebih teliti dalam menakar perasan air lemon saat ingin membuat masker alami sendiri di rumah.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below