5 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Ditonton!


  • 5 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Ditonton!
    (Rekomendasi Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa. Foto: Dok. mixetto/iStock)

    Menyambut akhir pekan terasa tak komplet tanpa ditemani film-film menarik. Selain film dengan genre drama, komedi, science fiction, dan action, Her World ingin merekomendasikan film dokumenter terbaik sepanjang masa untuk kamu para pencinta film.

    Film dokumenter, film yang membentuk dan menafsirkan data-data faktual layaknya jurnalisme investigatif. Tak hanya sebagai hiburan, film dokumenter dapat dijadikan sarana edukasi karena mengandung isu penting yang telah melalui proses riset bersama dengan narasumber yang kompeten. Inilah beberapa film dokumenter terbaik sepanjang masa yang cocok untuk menemani akhir pekanmu.

    (Baca juga: Daftar Rekomendasi Film Action Tahun 2021, Patut Ditonton!)



    1. Bohemian Rhapsody (2018)

    Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

    (Bohemian Rhapsody. Foto: Dok. imdb)

    Siapa yang tidak kenal grup band fenomenal Queen? Dirilis pada tahun 2018, film ini mengisahkan 15 tahun perjalanan hidup Freddie Mercury bersama dengan Queen. Film berdurasi 2 jam 13 menit ini memulai kisah ketika Freddie secara spontan menawarkan diri untuk menjadi vokalis suatu band yang memang sedang tidak memiliki vokalis.

    Dinarasikan oleh Richard E Grant, film dokumenter Bohemian Rhapsody mencakup rekaman eksklusif Freddie Mercury yang menampilkan lagu di studio hingga penampilan Queen pertama kali di TV. Tak ketinggalan, film ini juga menampilkan wawancara dengan teman dan keluarga Freddie Mercury serta pendekatan sastra untuk mencoba memahami setiap lirik yang ada dalam karya Queen.

    2. O.J.: Made in America (2016)

    Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

    (O.J.: Made in America. Foto: Dok. imdb)

    Dirilis pada tahun 2016, O.J.: Made in America disutradarai oleh Ezra Elderman. Melalui kisah hidup O.J. Simpson, film dokumenter ini menampilkan dua elemen penggerak rakyat Amerika Serikat yaitu ras dan selebriti. Dimulai dari awal kariernya sebagai salah satu pemain american football hingga pengalamannya di pengadilan akibat tuduhan kasus pembunuhan. Pengadilan O.J. Simpson menjadi cerminan tingkat ketegangan ras di Amerika Serikat.

    (Baca juga: Bikin Baper, Ini 5 Rekomendasi Film Indonesia Romantis)

    3. The Cove (2009)

    Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

    (The Cove Film Dokumenter Aktivis Mamalia Laut. Foto: Dok. imdb)

    Film dokumenter terbaik sepanjang masa berikutnya adalah The Cove. Film dokumenter yang disutradarai oleh Louie Psihoyos ini mengisahkan satu tindakan paling kejam terhadap lumba–lumba di Jepang. The Cove terinspirasi dari pengalaman Richard O’Barry yang melihat secara langsung seekor lumba-lumba mati di pelukannya akibat tertekan berada dalam penangkaran. Sejak saat itu, O’Barry menjadi seorang aktivis terkemuka untuk penangkaran dan pelestarian hewan mamalia laut di alam liar.

    Dalam film The Cove, O’Barry dan Louie Psihoyos mengungkap kekejaman perburuan liar lumba-lumba untuk dijual hidup-hidup kepada akuarium dan taman laut, atau disembelih untuk diambil dagingnya. Teluk Taiji, tempat O’Barry dan Louie Psihoyos merekam film dokumenternya, dijaga sangat ketat dan keduanya seringkali diusir oleh pihak berwenang di Taiji. Selain itu, film dokumenter ini juga menyoroti konsumsi daging lumba-lumba yang berbahaya karena memiliki konsentrasi merkuri yang tinggi.

    4. Kurt Cobain: Montage of Heck (2015)

    Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

    (Kurt Cobain: Montage of Heck. Foto: Dok. imdb)

    Film dokumenter ini mengisahkan perjalanan di balik kehidupan Kurt Cobain, vokalis sekaligus gitaris dari Nirvana. Dimulai dari lika liku kehidupan Kurt Cobain, hubungan asmaranya dengan Courney Love, kesaksian dari personel Nirvana lainnya, perjuangan Kurt Cobain dengan narkoba, hingga kisah Kurt ketika menghembuskan napas terakhirnya di usia 27 tahun. Kurt Cobain: Montage of Heck juga menampilkan karya seni, musik, serta kolase suara ciptaannya.

    (Baca juga: Wajib Tonton! Ini Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaru)

    5. The Two Escobars (2010)

    Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

    (The Two Escobars. Foto: Dok. imdb)

    Tercermin dari judulnya, The Two Escobars merupakan film dokumenter yang mengisahkan aksi gelap Pablo Escobar dan Andres Escobar. Pablo Escobar, gembong narkoba terkuat dan terkaya di dunia, bersama dengan Andres Escobar, pesepak bola terkemuka di Kolombia, merupakan bukti konkret persimpangan di dunia olahraga, kriminal, dan politik. Disutradarai oleh Jeff dan Michael Zimbalist, The Two Escobars mengambil potret menarik dari Pablo, Andres, dan Kolombia sebagai negara yang berada dalam cengkeraman perang saudara yang sangat keras.

    Sepakbola bukan sekedar pertandingan, namun merupakan identitas nasional dari negara Kolombia. Sehingga, kegagalan dan kesuksesan tim sepakbola menentukan identitas Kolombia sebagai negara. Uang dari bisnis narkoba Pablo Escobar membiayai tim nasional Andres Escobar hingga menjadi juara di Amerika Selatan, dan berhasil masuk dalam Piala Dunia 1994 di Los Angeles. Pertandingan ini menjadi mimpi buruk bagi Andres. Pasalnya, dalam pertandingan Piala Dunia melawan Amerika Serikat, Andres mencetak gol bunuh diri. Tak hanya tersingkir dari pertandingan, gol bunuh diri juga merenggut nyawa pesepak bola ternama itu.

    Nah, itu dia beberapa rekomendasi film dokumenter terbaik sepanjang masa. Selamat menonton!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below