Bebas Kerutan, Ini 7 Cara Alami Merawat Wajah Agar Awet Muda


  • Bebas Kerutan, Ini 7 Cara Alami Merawat Wajah Agar Awet Muda
    Cara alami merawat wajah agar awet muda. (Foto: Dok. Lucas Marano/Pexels)

    Proses penuaan secara alami jadi salah satu proses dalam hidup yang tak bisa kamu hindari. Mulai dari garis-garis halus hingga kerutan di area dahi atau sekitar mata, perlahan tapi pasti proses penuaan akan terjadi. Namun, proses penuaan tak selalu mengenal usia dan tak sedikit orang mengalami tanda-tanda penuaan dini pada usia yang masih terbilang muda.


    Entah polusi di lingkungan atau polusi di dalam pikiranmu, banyak hal yang bisa menyebabkan kulit mengalami tanda-tanda penuaan dini. Namun, banyak juga cara alami merawat wajah agar awet muda dan Her World sudah merangkumnya untukmu. Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini.




    (Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Cara Eksfoliasi Wajah Dengan Benar)


    1. Lindungi kulit dari sinar matahari


    Dengan sinar matahari yang tak jarang terasa lebih terik, ditambah berkurangnya jumlah pohon untuk berteduh, perlindungan ekstra dari sinarnya pun semakin esensial. Mungkin menggunakan payung saat kamu berjalan di siang hari bisa jadi opsi, tapi menggunakan tabir surya atau suncreen dengan minimal SPF 30 sudah jadi kewajiban yang tak boleh dilewatkan. Baik di dalam maupun luar ruangan, kamu tetap harus mengaplikasikan sunscreen.


    cara alami merawat wajah agar awet muda

    (Lindungi diri dari paparan sinar matahari. Foto: Dok. John Diez/Pexels)


    2. Aplikasikan produk skincare setelah mandi


    Kulit wajah yang sehat dan awet muda juga berkaitan dengan kelembapannya sehingga produk-produk perawatan wajah seperti moisturizer akan selalu jadi kewajiban. Namun, selain jenis produk skincare, waktu kamu mengaplikasikan semua produknya akan memberi dampak pada seberapa tahannya kelembapan kulit wajahmu.


    Waktu paling tepat untuk mengaplikasikan produk perawatan wajahmu sehari-hari adalah tepat setelah mandi, kalau bisa tak ada jeda. Dengan melakukan kebiasaan itu setiap hari, kulit akan mengunci kelembapan secara alami, baik yang diproduksi dari dalam maupun melalui produk yang kamu pakai.


    3. Pijat seluruh bagian wajah


    Cara alami merawat wajah agar awet muda juga bisa dilakukan dengan mengurangi tekanan pada bagian-bagian tertentu. Entah menggunakan alat pijat seperti gua sha atau memaksimalkan kekuatan tanganmu, memijat seluruh bagian wajah bisa jadi salah satu cara mendapatkan tampilan wajah yang awet muda.


    (Baca Juga: Hindari Kanker Kulit, Ini Cara Memakai Sunscreen Yang Tepat)


    4. Jaga kondisi pencernaanmu


    Banyak kondisi dalam bagian-bagian tubuh yang berkaitan erat dengan kondisi pencernaan, termasuk kulit. Mulai dari kemerahan hingga bekas jerawat, masalah-masalah yang membuat kulit terlihat lebih kusam dan kurang sehat bisa jadi cerminan kondisi pencernaanmu.


    Dengan belajar menjaga kondisi pencernaanmu, entah mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah atau mengurangi makanan yang mengandung gula, kamu secara tak langsung berkontribusi untuk menyehatkan kulit sekaligus menampilkan wajah yang segar dan cerah.


    5. Minum air putih secukupnya


    Tak jarang kamu mendengar pentingnya mengonsumsi air putih yang cukup. Ini buka mitos, air putih memiliki kekuatan yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatannya. Kulit yang lembap dan cerah juga datang dari apa yang kamu konsumsi, termasuk minumanmu.


    Idealnya, kamu harus minum delapan gelas air putih setiap harinya, tapi untuk memudahkanmu menakar cukup membeli botol ukuran satu liter atau lebih yang kamu isi penuh. Sepanjang hari, minum dari botol itu hingga habis, jika ingin membangun kebiasaan lebih sehat, coba habiskan satu liter hingga makan siang, lalu mengisi kembali satu liter hingga makan malam. Mungkin kamu melengkapi hidrasi yang dibutuhkan tubuh, termasuk kulit.


    cara alami merawat wajah agar awet muda

    (Kualitas tidur yang baik memastikan kondisi kulit juga baik. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


    6. Tidur yang cukup


    Kondisi kulit juga bergantung pada kualitas tidurmu. Saat waktu atau kualitas tidurmu berkurang, jangan kaget ketika melihat kulitmu kusam atau bahkan terlihat lebih tua dari biasanya. Tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus, memiliki potensi lebih besar untuk muncul saat kualitas tidurmu terganggu. Jadi, pastikan cara dan waktu tidur sesuai untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu.


    7. Eksfoliasi dan gunakan masker wajah secara rutin


    Kamu tetap perlu melakukan pembersihan wajah secara mendalam dengan eksfoliasi. Entah menggunakan scrub wajah atau produk eksfoliasi ringan, kamu bisa lakukan itu setidaknya satu minggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan tekstur kulit, serta mencerahkannya.


    Untuk memaksimalkan self-care sederhanamu, masker wajah bisa digunakan secara rutin juga. Kamu memberikan nutrisi sekaligus perawatan tambahan dengan masker yang digunakan dan pastinya memberikan hidrasi yang kulitmu butuhkan.


    (Baca Juga: Wajah Glowing, Ini Makanan Yang Bisa Mencerahkan Kulit)


    Itulah beberapa cara alami merawat wajah agar awet muda yang perlu kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below