Hair & beauty

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Eksfoliasi Wajah Dengan Benar

By : Her World Indonesia - 2022-03-14 16:00:01 Jangan Sampai Salah, Ini Cara Eksfoliasi Wajah Dengan Benar

Eksfoliasi adalah suatu cara yang dilakukan oleh para wanita guna mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit. Perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah ataupun di klinik kecantikan. Dengan melakukan eksfoliasi, maka dapat mengoptimalkan kerja bahan aktif pada produk skincare yang kamu gunakan sehari-hari karena dapat meresap dengan baik ke dalam lapisan kulit. 


Namun, beberapa orang seringkali melakukan scrubbing hingga over-exfoliating karena saking inginnya memiliki kulit yang bersih. Jika hal ini kerap kamu lakukan, bukannya bersih yang ada malah kulit wajah kemerahan, kering, iritasi, bahkan terasa seperti terbakar. Maka dari itu, yuk simak dulu beberapa cara eksfoliasi wajah yang benar! 


1. Pilih jenis eksfoliasi wajah yang tepat 


(Pilih produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit. Foto: Dok.Aja Koska/iStock)

Cara eksfoliasi wajah yang pertama dan paling penting adalah memilih jenis dan produk untuk eksfoliasi sesuai dengan tipe wajah. Menurut para ahli, pengelupasan kulit wajah secara fisik maupun kimia aman dilakukan pada kulit normal. Sementara, eksfoliasi wajah untuk kulit berminyak sebaiknya dilakukan secara fisik karena metode penggosokan kulit dapat memberi hasil yang maksimal.

Namun, jika kamu memiliki kulit kering atau kulit sensitif, eksfoliasi kulit secara fisik tidak disarankan karena bisa membuat kulit semakin kering dan rentan iritasi. Maka dari itu, sangat penting untuk menemukan produk eksfoliasi wajah yang benar-benar cocok sesuai kulitmu agar nantinya tidak menimbulkan masalah kulit yang baru.


2. Mencuci muka terlebih dahulu 

Agar kamu mendapatkan hasil yang terbaik, disarankan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memulai proses eksfoliasi. Basuh wajah dengan menggunakan air hangat, kemudian pakai sabun muka dan ratakan  menggunakan ujung jari, lalu bilas wajah dengan air hangat.

Untuk mencegah iritasi, pilih sabun ringan yang tidak mengandung bahan-bahan keras seperti alkohol, parfum, atau pewarna. 


(Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Untuk Kulit Sensitif)


3. Usapkan eksfolian pada kulit dalam gerakan memutar menggunakan ujung jari


(Lakukan eksfoliasi dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari. Foto: Dok.AegeanBlue/iStock)

Setelah mencuci wajah hingga bersih, kamu bisa menyiapkan eksfolian sejak awal. Jika kamu ingin membuat sendiri eksfolian di rumah, atau sudah membeli produk eksfoliasi dari toko ini bisa disesuaikan dengan pilihanmu. Apa pun produk yang ada, usapkan eksfolian ke kulit yang sudah dibersihkan dan dibasahi secara merata. Gunakan ujung jari untuk menggosokkan eksfolian secara hati-hati dalam gerakan memutar ke seluruh wajah selama sekitar 30 detik.

Penggunaan ujung jari untuk meratakan eksfolian tanpa menyebabkan iritasi pada kulit menjadi metode teraman. Jika kamu ingin menggunakan spons, sikat, atau waslap, gosokkan eksfolian dalam gerakan pendek dan pijatan ringat. Jangan menggosokkan eksfolian secara kasar pada kulit! Jika terdapat sayatan yang masih terbuka, luka biasa, luka bekas sengatan matahari, atau herpes aktif disarankan untuk tidak melakukan eksfoliasi agar tidak memperburuk kondisi kulit. 


4. Gunakan pelembap setelahnya 


(Pakai pelembap setelah eksfoliasi agar kulit tidak kering. Foto: Dok.PeopleImages/iStock)

Urutan eksfoliasi wajah berikutnya adalah mengoleskan pelembap. Hal ini karena eksfoliasi kulit dapat membuat kulitmu terasa kering. Pelembap juga bisa berguna untuk mengurangi iritasi, jerawat, atau pengelupasan setelah ekfoliasi. 

Pilihlah pelembap yang non comedogenic (tidak menyumbat pori) dan memiliki SPF (sun protection factor atau faktor perlindungan terhadap cahaya matahari) dengan tingkat minimal 30 untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan cahaya matahari. 


(Baca Juga: Eksfoliasi Wajah Alami Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah)


5. Lakukan eksfoliasi minimal seminggu sekali 

Secara ideal, eksfoliasi kulit dilakukan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu. Kamu juga perlu memperhatikan intensitasnya yang sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk kulit berminyak dan kulit berjerawat, eksfoliasi dilakukan satu sampai dua kali dalam seminggu masih diperbolehkan. Terutama bagi kamu dengan kulit berminyak dan berjerawat yang rentan disumbat oleh kotoran pada pori-pori.

Namun, berbeda dengan tipe kulit yang kering dan kulit yang telah mengalami penuaan (skin aging). Hal ini karena kondisi kulitnya yang tidak serentan kulit berminyak dan berjerawat, lakukan eksfoliasi seminggu sekali saja sudah cukup membersihkan. 


Nah, itu dia beberapa cara eksfoliasi wajah dengan benar. Kuncinya ada pada pilihan produk eksfolian yang cocok dengan kulitmu agar tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah. Selamat mencoba! 


(Penulis: Tiara Kandida E)

Hair & beauty