Hindari Kanker Kulit, Ini Cara Memakai Sunscreen Yang Tepat


  • Hindari Kanker Kulit, Ini Cara Memakai Sunscreen Yang Tepat
    (Cara Memakai Sunscreen Yang Tepat. Foto: Dok. Mykola Sosiukin/iStock)

    Kulit berfungsi untuk melindungi kamu dari radiasi ultraviolet yang berbahaya. Kerutan, bintik-bintik hitam, dan kanker kulit, ini semua merupakan akibat paparan ultraviolet pada kulit tanpa perlindungan. Memiliki fungsi yang sangat penting, pemakaian sunscreen kerap disepelekan. Masih banyak pertanyaan seputar pemakaian sunscreen yang belum diketahui banyak orang.
    Sunscreen telah terbukti mengurangi resiko melanoma dan kanker kulit. Namun, untuk dapat melindungi kulit secara efektif, kamu harus tahu cara memakai sunscreen yang tepat. Jadi, bagaimana cara memakai sunscreen yang tepat? Simak penjelasan berikut ini ya.

    1. Pilih Produk Sunscreen Dengan SPF 30

    Cara memakai sunscreen yang tepat harus dimulai dengan memilih produk sunscreen dengan kandungan Sun Protection Factor (SPF) minimal 30. SPF merupakan standar ukuran perlindungan yang diberikan oleh sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Jumlah SPF pada produk sunscreen akan menentukan risiko kerusakan kulit kamu.

    (Baca juga: 6 Rekomendasi Sunscreen Yang Bagus Untuk Kulit Kombinasi)



    American Cancer Society merekomendasikan penggunaan sunscreen dengan SPF minimal 30, sebab SPF 30 atau lebih mampu memberikan perlindungan maksimal untuk kulit. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menjelaskan bahwa kandungan SPF kurang dari 15 hanya melindungi kulit dari sinar matahari, tanpa memberikan perlindungan kulit dari kanker atau penuaan dini.

    2. Gunakan Sunscreen 15-30 Menit Sebelum Beraktivitas

    Cara Memakai Sunscreen

    (Gunakan Sunscreen Sebelum Beraktivitas Agar Terlindungi Dari Sinar Matahari. Foto: Dok. PeopleImages/iStock)

    15-30 menit sebelum beraktivitas, baik di dalam maupun di luar ruangan, ada baiknya kamu memakai sunscreen terlebih dahulu. Lain halnya dengan sunblock, sunscreen membutuhkan waktu untuk menyerap ke dalam kulit, sebelum memberikan perlindungan maksimal pada kulit. Jangka waktu terlalu pendek antara mengaplikasikan sunscreen dengan beraktivitas akan mengakibatkan kulit tidak menerima perlindungan dan bahkan kulit bisa terbakar.

    3. Gunakan Sunscreen Sesuai Kebutuhan

    Untuk kamu yang menggunakan sunscreen dalam jumlah sedikit, kamu salah besar. Cara memakai sunscreen yang tepat adalah dengan mengeluarkan produknya sepanjang 1 jari telunjuk dan 1 jari tengah. Lalu, oleskan sunscreen ke seluruh permukaan kulit dengan gerakan memutar searah jarum jam. Ingat untuk berhati-hati ketika mengoles sunscreen di area mata.

    Sedangkan, untuk mengaplikasikan sunscreen spray, kamu perlu meratakan residu sunscreen sampai meresap ke dalam kulit wajah.

    (Baca juga: Suka Salah Kaprah, Mitos Sunscreen Ini Tidak Perlu Dipercaya)

    4. Re-apply Sunscreen Sepanjang Hari

    Cara Memakai Sunscreen

    (Re-apply Sunscreen Untuk Perlindungan Lebih Maksimal. Foto: Dok. Tom Merton/iStock)

    Cara memakai sunscreen yang satu ini seringkali dilupakan. Sunscreen perlu dioleskan setiap 2 jam sekali. Penggunaan sunscreen satu kali belum memberikan perlindungan kulit secara maksimal dari paparan sinar matahari. Terlebih, sunscreen mudah luntur dengan cairan seperti keringat. Dengan demikian, kamu harus segera mengoleskan kembali sunscreen beberapa kali sehari.

    Cara ini juga harus diikuti untuk kamu yang menggunakan sunscreen water resistant. Meskipun water resistant, bukan berarti sunscreen kamu tidak luntur ketika terkena air. Sunscreen water resistant hanya dapat melindungi kulit kurang lebih 40-80 menit saat berkeringat.

    Ini dia beberapa cara memakai sunscreen yang tepat. Semoga bermanfaat!

    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below